Indonesia Resmi Batasi Kunjungan Masuk dan Keluar China

Indonesia resmi membatasi kunjungan masuk dan keluar China. Kebijakan ini dikeluarkan menyusul merebaknya virus corona yang notabene-nya berasal dari Negeri Tirai Bamb.

Indonesia resmi membatasi kunjungan masuk dan keluar China. Kebijakan ini dikeluarkan menyusul merebaknya virus corona yang notabene-nya berasal dari Negeri Tirai Bamb.

“Penerbangan langsung dari dank e mainland RRT (Republik Rakyat Tiongkok) ditunda sementara mulai haru Rabu, pukul 00.00 WIB,” demikian ungkap Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi setelah mengikuti rapat terbatas dengan kepala negara di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Minggu, (2/2/2020).

Indonesia Batasi Kunjungan Masuk dan Keluar China

Menlu juga menyampaikan bahwa presiden melarang pula kedatangan dan transit di Indonesia bagia mereka yang sudah berada di Negeri Panda selama 14 hari. ‘Semua pendatang yang tiba dari mainland China dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit Indonesia,” lanjut Menlu Retno.

Indonesia larang dari dan ke China

Tak sekedar pembatasan tersebut, pemerintah Indonesia juga melarang warga negaranya untuk melakukan kunjungan ke dataran China hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. Demikian pula sebaliknya.

Pemerintah pun meniadakan sementara fasilitas pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrivals bagi warga negara Tiongkok yang berdomisili di pulau utama. “ Kebijakan pemberian fasilitas bebas bisa kunjungan dan visa on arrivals untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di mainland China untuk sementara dihentikan,” lanjut Menlu memberi keterangan.

Sementara itu, pemerintah Indonesia juga terus melakukan upaya pemulangan para warga negara Indonesia (WNI) yang ada di China. Pada Minggu, (2/2/2020) siang sebanyak 238 WNI tiba di Pangkalan Udara Rajen Sajad, Pulau Natuna, Kepulauan Riau dari China.

Mereka dibawa pulang ke Tanah Air menggunakan 3 pesawat, yaitu Hercules C130, pesawat Boeing 737-400 san satu pesawat lagi milik TNI Angkatan Udara.

Sekitar 5 menit usai mendarat, pintu pesawat pertama yang membawa para WNI dari Wuhan dibuka, dan tampak sejumlah petugas berpakain putih keluar dari pesawat untuk mempersiapkan penurunan WNI dengan petugas yang ada di darat.

Selang 5 menit kemudian, satu per satu penumpang yang juga menggunakan pakaian putih keluar dari pesawat. Sembari membawa tas jinjing (rata-rata), mereka kemudian menuju hangar observasi yang berada tak jauh dari lokasi pendaratan.

Menteri Kesehatan, dokter Terawan Agus Putranto menegaskan jika jumlah WNI yang mendarat di Natuna sebanyak 238 orang. Menkes menyebut, sda 7 orang urung diterbangkan menuju Tanah Air karena berbagai sebab. Sebanyak 4 orang diantaranya karena mengundurkan diri, sedang 3 lainnya tak lolos pemeriksaan oleh Pemerintah China. 

Selain menyampaikan hal tersebut, Menkes yang sebelumnya juga memiliki latar belakang TNI itu juga memastikan sebelum para WNI telah melakukan serangkaian pemeriksaan sebelum diberangkatkan dari Wuhan ke Indonesia dan mereka telah dinyatakan sehat.

Di Indonesia sendiri, mereka juga harus menjalani satu per satu tahapan sebagaimana arahan dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO untuk memastikan WNI yang pulang dalam keadaan sehat. Demikian dikutip Sibukliburan.id dari Liputan6.com. (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Suka Belanja Mewah? Ini 5 Surga Belanja Produk Branded di Paris

Sibuk Liburan - Tak salah memang jika menyebut Paris sebagai kota mode. Ibu kota Perancis itu memang dikenal sebagai  ‘kawah candradimuka-nya’ para...

4 Tempat Wisata Menarik di Kunming

Sibuk Liburan - China menyimpan banyak potensi wisata, mulai dari yang bergenre alam hingga budaya.  Nah, jika Sahabat Silir ingin melihat keindahan...

Waduh, Pulau di Jepang Ini Terlarang Bagi Wanita!

Jepang terkenal dengan banyak pulaunya. Namun, ada satu pulau di Negeri Sakura tersebut yang unik, karena terlarang bagi wanita. Namanya adalah Pulai...

Hore! Kini Buat Paspor Lansia Tak Antre Lagi

Paspor Lansia - Paspor menjadi ‘senjata utama’ saat seseorang akan berkunjung ke luar negeri. Mengingat pentingnya dokumen satu ini, seseorang pun bahkan...

Duh! 7 Tempat Indah di Bumi Ini Terancam Hilang Karena Global Warming

Global warming atau pemanasan global telah menjadi masalah yang sangat serius. Tak dipungkiri pemanasan global telah berdampak buruk di beberapa kawasan di...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...
WhatsApp Chat via WhatsApp