Ini 5 Tanda Sahabat Silir Butuh Liburan

Dikatakan tidak penting, liburan memang bukan kebutuhan pokok sebagaimana sandang, pangan dan papan. Dikatakan penting, nyatanya orang tak selalu mengutamakan butuh liburan. Intensitas pekerjaan atau kesibukan lain yang tinggi kerap menjadi alasan tak ada waktu untuk berlibur.

Padahal, liburan sangat baik bagi kesehatan fisik dan psikis. Meski ‘mulut’ kadang mengatakan tak butuh liburan, sebenranya ada ‘alarm’ dalam diri kita yang menunjukan bahwa sebenarnya membutuhkan liburan. Apa itu?

BACA JUGA: 5 Cara Mendapatkan Tiket Murah Saat Musim Liburan

butuh liburan

Berikut ini adalah tanda-tanda Sahabat Silir butuh liburan.

1
Mudah Lupa dan Sulit Konsentrasi

Apabila ‘lupa’ tak menjadi sifat dasar sejak dulu, tetapi Sahabat Silir belakangan sering lupa, itu tandanya membutuhkan liburan. Lupa bisa disebabkan karena hilangnya konsentrasi. Tekanan pekerjaan dan hal lainnya bisa saja menjadi pemicu hal tersebut. Oleh karena itu, jika tanda-tanda tersebut telah Sahabat Silir rasakan, sebaiknya segera ambil cuti atau manage waktu agar bisa berlibur walau sejenak.

2
Emosi tak stabil tanda butuh liburan

Emosi tak stabil bukan saja pengaruh hormonal, melainkan juga lantaran tekanan pekerjaan. Apabila Sahabat Silir merasakan emosi mulai tidak stabil, daripada salah mengambil tindakan lebih baik pilihlah pergi berlibur sebentar. Charge jiwa Sahabat Silir dan biarkan tubuh merasa rileks kembali sebelum akhirnya siap kembali bertempur dengan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari.

3
Mudah Lelah

Mudah lelah bisa jadi memang tanda suatu penyakit medis. Namun, jika gejala ini tak disertai sakit secara fisik tak menutup kemungkinan jika Sahabat Silir sebenarnya lelah lantaran pikiran. Bukan obat di apotek atau dari dokter yang diperlukan, melainkan Sahabat Silir membutuhkan piknik.

4
Lupa Kapan Terakhir Kali Berlibur

Berlibur sebenarnya adalah aktivitas menyenangkan dalam memori setiap orang. Tak mengherankan jika kenangan berlibur akan selalu teringat walau sudah dilakukan lama. Namun, jika Sahabat Silir sudah sampai lupa kapan terakhir kali berlibur, ini adalah ‘warning’ tubuh membutuhkan liburan sesegera mungkin.

Tutuplah laptop, buku atau seabrek berkas pekerjaan lain dan mulailah mencari tempat berlibur yang mengasyikan. Tak harus pergi jauh ke luar pulau atau bahkan luar negeri. Piknik sendiri atau bersama pasangan atau juga teman dan keluarga bisa menjadi obat ampuh untuk mengembalikan ‘kesehatan jiwa’.

5
Mulai sulit atau jam tidur tak teratur

Manusia seharusnya membutuhkan waktu tidur 7 hingga 9 jam dalam sehari. Sayangnya, padatnya aktivitas acap kali membuat waktu tidur kerap terpangkas bahkan sangat kurang! Bersyukur jika waktu tidur masih bisa dilakukan sekitar 5-6 jam dalam sehari secara rutin.

Namun, jika belakangan Sahabat Silir sulit tidur bahkan ritme jam tidur sama sekali tak teratur, ini adalah peringatan agar segera berlibur. Luangkan waktu sebentar dan pergilah bersenang-senang agar tubuh rileks kembali dan bisa memiliki waktu tidur yang lebih berkualitas!

Demikian tanda-tanda Sahabat Silir butuh liburan. Apabila satu saja tanda tersebut sudah mulai Sahabat Silir rasakan, jangan tunda esok, segera putuskan berlibur agar tubuh kembali rileks. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru