Bikin Ngiler! Inilah 5 Kuliner Hainan yang Maknyus Abis

FOTO: Visit Sanya.
Meski dibandingkan kota-kota lain, Hainan termasuk kota terkecil, tetapi kemampuannya men-service para pelancong sungguh paripurna!

China memilikli banyak kota menarik untuk dikunjungi. Sebut saja seperti Beijing, Shanghai, Guilin, atau Xi’an. Tak ketinggalan, ada pula kota Hainan yang menawarkan pesona alam dan budaya menakjubkan.

Meski dibandingkan kota-kota lain, Hainan termasuk kota terkecil, tetapi kemampuannya men-service para pelancong sungguh paripurna! Melengkapi beberapa fasilitas wisata yang lengkap, Hainan berupaya menggugah penasaran para turis lewat kulinernya.

BACA: Qilou Ancient Street, Surga Wisata Sejarah Klasik di Hainan, China

Wah, apa saja ya kuliner Hainan? Inilah kuliner-kuliner maknyus dari Hainan yang bikin Sahabat Silir ngiler.

5 Kuliner Hainan yang terbaik

1
Ayam Wenchang

Bikin Ngiler! Inilah 5 Kuliner Hainan yang Maknyus Abis 5

Seperti namanya, menu ini menggunakan bahan dasar ayam yang berasal dari Kota Wechang di Pulau Hainan. Warga Weichang biasanya akan menyajikan ayam ini saat mengaadakan acara besar seperti pesta atau hajatan.

Cita rasanya pun begitu khas berkat pengolahannya yang unik, yaitu ayam direbus dengan air saja lalu dipotong dan baru diberikan bumbu. Cara memasak tersebut dikenal dengan metode bernama Baizhan atau (Baiqie).

Adapun bumbu yang digunakan dalam pengolahan Ayam Wechan adalah jahe, kecap, garam, bawang putih tumbuk, dan juga perasan air jeruk nipis. Meski bumbunya begitu sederhana, tetapi rasanya  juara!!!!!!!!!!

2
Ayam Susu Kelapa

Bikin Ngiler! Inilah 5 Kuliner Hainan yang Maknyus Abis 6

Masih dengan menu ayam. Hainan juga coba memikat lidah para turis dengan menu bernama ayam susu kelapa. Sesuai namanya, ayam ini dioalah dengan menggunakan bumbu air kelapa dan santannya.

Cira rasa gurih begitu melekat pada menu olahan ayam yang satu ini. Konon, dulunya ayam ini dimasak seorang koki terkenal dan dihidangkan untuk pejabat. Rasanya yang enak membuat sang koki mendapat pujian. Hingga kini masakan satu ini pun terkenal di Hainan. Sahabat Silir pun wajib mencicipi olahan ini ya saat di Hainan.

3
Kambing Dongshan / Dongshan Mutton

Bikin Ngiler! Inilah 5 Kuliner Hainan yang Maknyus Abis 7
Sumber foto: TripAdvisor

Nah, jika Sahabat Silir termasuk ‘kambing holic’, wajib mencoba menu yang satu ini. Kambing Dongshan berasal dari Wanning, Hainan.

Tak perlu khawatir akan aroma menusuk dari daging kambing saat mencicip olahan ini. Pasalnya, Kambing Dongshan diproses secara khusus mulai direbus hingga dipanggang, sehingga aroma amis tidak ada.

Sebaliknya, makanan ini beraroma gurih berkat campuran santan yang digunakan merebus daging kambingnya. Dagingnya pun begitu empuk dan lembut. Umumnya, Kambing Dongshan disajikan bersama dengan sup kental hangat.

Hmmm.. uenak e pol!!!

4
Guangcun Sandworm

Bikin Ngiler! Inilah 5 Kuliner Hainan yang Maknyus Abis 8

Satu lagi makanan di Hainan yang tak kalah enak adalah Guangcun Sandworn. Mendengar namanya, mungkina Sahabat Silir bakal mengernyitkan dahi, tetapi tunggu jangan ‘worry’ dulu! Cacing yang digunakan dalam makanan ini adalah cacing pasir yang tak lain merupakan moluska laut.

Cacing laut sangat kaya manfaat lho Sahabat Silir, misalnya untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga kesehatan paru-paru.

Demikianlah beberapa kuliner Hainan yang maknyus dan wajib dicoba. Sahabat Silir  ingin coba makanan mana saat ke Hainan nanti? (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

5 Kota Menarik untuk Dikunjungi di Taiwan Selain Taipei

Taiwan menjadi alternatif wisata luar negeri di kawasa Asia Timur yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia. Padahal, negara yang pernah diduduki...

Menyambut Fajar di Pasar Terapung Lok Baintan, Kalimantan Selatan

Salah jika mengira pasar terapung hanya ada di Bangkok, Thailand. Tradisi menjajakan hasil bumi dari atas perahu ini ternyata juga ada di...

Lebih Dekat Mengenal Wisata Halal

Wisata halal menjadi ‘menu’ baru di industri pariwisata. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan wisata halal dan bagaimana pula jenis wisata ini kemudian bisa menjadi tren?...

Pria dan Wanita Tak Lagi Dipisahkan di Restoran Arab Saudi

Sebagai negara yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai syariat Islam, pemisahan gender merupakan hal yang lumrah ditemukan di Arab Saudi. Salah satunya adalah aturan pemisahan pria...

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mencoba Olahraga Ski di Korea Selatan

Bagi yang sudah pernah mencobanya, pasti setuju jika skiing disebut sebagai kegiatan paling menyenangkan. Aktivitas yang cocok dilakukan segala usia ini menawarkan pengalaman seru...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!
WhatsApp Chat via WhatsApp