Bikin Ngiler! Inilah 5 Kuliner Hainan yang Maknyus Abis

FOTO: Visit Sanya.
Meski dibandingkan kota-kota lain, Hainan termasuk kota terkecil, tetapi kemampuannya men-service para pelancong sungguh paripurna!

China memilikli banyak kota menarik untuk dikunjungi. Sebut saja seperti Beijing, Shanghai, Guilin, atau Xi’an. Tak ketinggalan, ada pula kota Hainan yang menawarkan pesona alam dan budaya menakjubkan.

Meski dibandingkan kota-kota lain, Hainan termasuk kota terkecil, tetapi kemampuannya men-service para pelancong sungguh paripurna! Melengkapi beberapa fasilitas wisata yang lengkap, Hainan berupaya menggugah penasaran para turis lewat kulinernya.

BACA: Qilou Ancient Street, Surga Wisata Sejarah Klasik di Hainan, China

Wah, apa saja ya kuliner Hainan? Inilah kuliner-kuliner maknyus dari Hainan yang bikin Sahabat Silir ngiler.

5 Kuliner Hainan yang terbaik

1
Ayam Wenchang

Seperti namanya, menu ini menggunakan bahan dasar ayam yang berasal dari Kota Wechang di Pulau Hainan. Warga Weichang biasanya akan menyajikan ayam ini saat mengaadakan acara besar seperti pesta atau hajatan.

Cita rasanya pun begitu khas berkat pengolahannya yang unik, yaitu ayam direbus dengan air saja lalu dipotong dan baru diberikan bumbu. Cara memasak tersebut dikenal dengan metode bernama Baizhan atau (Baiqie).

Adapun bumbu yang digunakan dalam pengolahan Ayam Wechan adalah jahe, kecap, garam, bawang putih tumbuk, dan juga perasan air jeruk nipis. Meski bumbunya begitu sederhana, tetapi rasanya  juara!!!!!!!!!!

2
Ayam Susu Kelapa

Masih dengan menu ayam. Hainan juga coba memikat lidah para turis dengan menu bernama ayam susu kelapa. Sesuai namanya, ayam ini dioalah dengan menggunakan bumbu air kelapa dan santannya.

Cira rasa gurih begitu melekat pada menu olahan ayam yang satu ini. Konon, dulunya ayam ini dimasak seorang koki terkenal dan dihidangkan untuk pejabat. Rasanya yang enak membuat sang koki mendapat pujian. Hingga kini masakan satu ini pun terkenal di Hainan. Sahabat Silir pun wajib mencicipi olahan ini ya saat di Hainan.

3
Kambing Dongshan / Dongshan Mutton

Sumber foto: TripAdvisor

Nah, jika Sahabat Silir termasuk ‘kambing holic’, wajib mencoba menu yang satu ini. Kambing Dongshan berasal dari Wanning, Hainan.

Tak perlu khawatir akan aroma menusuk dari daging kambing saat mencicip olahan ini. Pasalnya, Kambing Dongshan diproses secara khusus mulai direbus hingga dipanggang, sehingga aroma amis tidak ada.

Sebaliknya, makanan ini beraroma gurih berkat campuran santan yang digunakan merebus daging kambingnya. Dagingnya pun begitu empuk dan lembut. Umumnya, Kambing Dongshan disajikan bersama dengan sup kental hangat.

Hmmm.. uenak e pol!!!

4
Guangcun Sandworm

Satu lagi makanan di Hainan yang tak kalah enak adalah Guangcun Sandworn. Mendengar namanya, mungkina Sahabat Silir bakal mengernyitkan dahi, tetapi tunggu jangan ‘worry’ dulu! Cacing yang digunakan dalam makanan ini adalah cacing pasir yang tak lain merupakan moluska laut.

Cacing laut sangat kaya manfaat lho Sahabat Silir, misalnya untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga kesehatan paru-paru.

Demikianlah beberapa kuliner Hainan yang maknyus dan wajib dicoba. Sahabat Silir  ingin coba makanan mana saat ke Hainan nanti? (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru