Bikin Ngiler! Inilah 5 Kuliner Hainan yang Maknyus Abis

FOTO: Visit Sanya.
Meski dibandingkan kota-kota lain, Hainan termasuk kota terkecil, tetapi kemampuannya men-service para pelancong sungguh paripurna!

China memilikli banyak kota menarik untuk dikunjungi. Sebut saja seperti Beijing, Shanghai, Guilin, atau Xi’an. Tak ketinggalan, ada pula kota Hainan yang menawarkan pesona alam dan budaya menakjubkan.

Meski dibandingkan kota-kota lain, Hainan termasuk kota terkecil, tetapi kemampuannya men-service para pelancong sungguh paripurna! Melengkapi beberapa fasilitas wisata yang lengkap, Hainan berupaya menggugah penasaran para turis lewat kulinernya.

BACA: Qilou Ancient Street, Surga Wisata Sejarah Klasik di Hainan, China

Wah, apa saja ya kuliner Hainan? Inilah kuliner-kuliner maknyus dari Hainan yang bikin Sahabat Silir ngiler.

5 Kuliner Hainan yang terbaik

1
Ayam Wenchang

Bikin Ngiler! Inilah 5 Kuliner Hainan yang Maknyus Abis 5

Seperti namanya, menu ini menggunakan bahan dasar ayam yang berasal dari Kota Wechang di Pulau Hainan. Warga Weichang biasanya akan menyajikan ayam ini saat mengaadakan acara besar seperti pesta atau hajatan.

Cita rasanya pun begitu khas berkat pengolahannya yang unik, yaitu ayam direbus dengan air saja lalu dipotong dan baru diberikan bumbu. Cara memasak tersebut dikenal dengan metode bernama Baizhan atau (Baiqie).

Adapun bumbu yang digunakan dalam pengolahan Ayam Wechan adalah jahe, kecap, garam, bawang putih tumbuk, dan juga perasan air jeruk nipis. Meski bumbunya begitu sederhana, tetapi rasanya  juara!!!!!!!!!!

2
Ayam Susu Kelapa

Bikin Ngiler! Inilah 5 Kuliner Hainan yang Maknyus Abis 6

Masih dengan menu ayam. Hainan juga coba memikat lidah para turis dengan menu bernama ayam susu kelapa. Sesuai namanya, ayam ini dioalah dengan menggunakan bumbu air kelapa dan santannya.

Cira rasa gurih begitu melekat pada menu olahan ayam yang satu ini. Konon, dulunya ayam ini dimasak seorang koki terkenal dan dihidangkan untuk pejabat. Rasanya yang enak membuat sang koki mendapat pujian. Hingga kini masakan satu ini pun terkenal di Hainan. Sahabat Silir pun wajib mencicipi olahan ini ya saat di Hainan.

3
Kambing Dongshan / Dongshan Mutton

Bikin Ngiler! Inilah 5 Kuliner Hainan yang Maknyus Abis 7
Sumber foto: TripAdvisor

Nah, jika Sahabat Silir termasuk ‘kambing holic’, wajib mencoba menu yang satu ini. Kambing Dongshan berasal dari Wanning, Hainan.

Tak perlu khawatir akan aroma menusuk dari daging kambing saat mencicip olahan ini. Pasalnya, Kambing Dongshan diproses secara khusus mulai direbus hingga dipanggang, sehingga aroma amis tidak ada.

Sebaliknya, makanan ini beraroma gurih berkat campuran santan yang digunakan merebus daging kambingnya. Dagingnya pun begitu empuk dan lembut. Umumnya, Kambing Dongshan disajikan bersama dengan sup kental hangat.

Hmmm.. uenak e pol!!!

4
Guangcun Sandworm

Bikin Ngiler! Inilah 5 Kuliner Hainan yang Maknyus Abis 8

Satu lagi makanan di Hainan yang tak kalah enak adalah Guangcun Sandworn. Mendengar namanya, mungkina Sahabat Silir bakal mengernyitkan dahi, tetapi tunggu jangan ‘worry’ dulu! Cacing yang digunakan dalam makanan ini adalah cacing pasir yang tak lain merupakan moluska laut.

Cacing laut sangat kaya manfaat lho Sahabat Silir, misalnya untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga kesehatan paru-paru.

Demikianlah beberapa kuliner Hainan yang maknyus dan wajib dicoba. Sahabat Silir  ingin coba makanan mana saat ke Hainan nanti? (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berkunjung ke Kota Safranbolu di Turki

Saat hendak berwisata ke Turki, yang terbayang petama kali mungkin adalah eksotisnya kota Istanbul atau menariknya gugusan bebatuan di Cappadocia. Di balik itu, siapa...

Hindari Kebiasaan Makan Ini Saat Berkunjung ke 10 Negara Berikut

Sibuk Liburan - Etika makan merupakan salah satu tata cara yang begitu lekat pada masyarakat di wilayah atau negara tertentu. Setiap negara memiliki etika...

Pria dan Wanita Tak Lagi Dipisahkan di Restoran Arab Saudi

Sebagai negara yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai syariat Islam, pemisahan gender merupakan hal yang lumrah ditemukan di Arab Saudi. Salah satunya adalah aturan pemisahan pria...

5 Oleh-oleh Makanan Jepang Paling Populer Untuk Dibawa Pulang

Di kala melancong ke berbagai tempat, tak jarang Sahabat Silir pasti akan memikirkan oleh-oleh terbaik yang bisa dibawa untuk orang-orang terdekat. Tentu...

Tujuh Makanan Musim Dingin Jepang Ini Bantu Menghangatkan Tubuh

Sibuk Liburan - Musim dingin di Jepang adalah waktu yang tepat untuk menyantap kuliner yang mampu menghangatkan tubuh. Beberapa menu lezat dan...

Terbaru

Shilin Market, Pasar Malam Terbesar dan Terbaik di Taiwan

Apakah Sahabat Silir tengah merencanakan liburan ke Taiwan dalam waktu dekat?! Jika iya, ke mana saja destinasi yang ingin ditujun?

Gede! Inilah Deretan Bandara Terbesar di Indonesia

Indonesia dalam beberapa tahun belakang terus melakukan pembenahan infrastruktur. Salah satu yang menjadi fokus penggeberan di sektor tersebut adalah bandara.

Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan, 156 Kasus Telah Ditemukan

Virus Corona masih menjadi perbincangan panas, utamanya di kawasan Asia Timur. Hal ini mengingat virus tersebut bersangkar di Wuhan, China yang merupakan...

Cerita Batik Air yang Ditugaskan Menjemput WNI di Wuhan

Virus corona yang mulai merebak dari Wuhan, China telah menjadi topik panas dalam beberapa waktu belakangan. Munculnya virus yang bersumber dari hewan...

Jangan Tertukar! Inilah Perbedaan Tower Bridge London dan London Bridge

Inggris masih menjadi primadona wisata ke luar negeri banyak banyak wisatawan, termasuk wisatawan asal Indonesia. Banyaknya destinasi wisata yang menarik menjadi alasan...
Translate »
WhatsApp Chat via WhatsApp