Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang

Sebagai negeri samurai, negara Jepang terkenal akan bangunan-bangunan bersejarah yang sarat nilai. Salah satu di antaranya berupa kastil.

Sebagai negeri samurai, negara Jepang terkenal akan bangunan-bangunan bersejarah yang sarat nilai. Salah satu di antaranya berupa kastil. Bila berlibur ke Jepang, sempatkan untuk mengunjungi kastil-kastil terbaik yang berdiri megah.

10 Kastil Terbaik di Jepang

Berikut 10 kastil terbaik yang berada di Jepang.

1
Kastil Himeji

Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang 10

Kastil ini berlokasi di puncak bukit, tepatnya di Hyogo Prefecture. Di dalam kompleks kastil ini, terdapat 83 kastil. Kastil Himeji sendiri merupakan kastil dengan arsitektur tradisional yang paling murni.

Berbicara mengenai arsitektur, kastil ini mempunyai eksterior berwarna putih yang begitu memesona. Banyak orang menyebutnya menyerupai burung bangau terbang.

Kastil ini dibangun pada 1333 oleh Akamatsu Norimura yang merupakan seorang prajurit samurai. Awalnya, Kastil Himeji dibangun sebagai benteng pertahanan, dan telah mengalami beberapa kali renovasi hingga saat ini. Kastil Himeji masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kastil ini menjadi saksi bisu Perang Dunia II mengingat lokasi di dekatnya penuh dengan pengeboman. Uniknya, kastil ini mampu selamat tanpa meninggalkan cacat sedikit pun.

2
Kastil Matsumoto

Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang 11

Kastil Matsumoto mempunyai bagian luar yang berwarna hitam sehingga sering disebut Kastil Gagak. Kastil ini berada di Prefektur Nagano, dibangun di atas perbukitan dan dikelilingi oleh sungai.

Kastil ini mulai dibangun pada abad 16 dengan serangkaian parit, sistem tembok yang lumayan rumit, dan rumah-rumah gerbang. Kastil ini dibuat pada masa Sengoku, di mana saat itu terjadi pergolakan sosial yang cukup besar.

3
Kastil Nagoya

Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang 12

Kastil Nagoya berdiri di Prefektur Aichi yang termasuk di daerah perkotaan pada masa pembangunannya. Kastil yang berdiri saat ini dibangun mulai abad 17. Akan tetapi, kastil aslinya sudah jauh dibangun sebelum itu.

Kastil aslinya bernama Yanagi-no-maru. Kastil ini merupakan hadiah gubernur militer Imagawa Ujichika kepada putranya pada tahun 1520-an silam. Akan tetapi, tak lama setelah dibangun, kastil ini berhasil direbut oleh seorang panglima perang sehingga namanya berubah menjadi Kastil Nagoya.

Kastil ini menjadi saksi bisu Perang Dunia II, yakni digunakan sebagai markas militer. Kastil ini mengalami kerusakan yang sangat parah setelah mendapat serangan udara dari Amerika Serikat pada masanya.

4
Kastil Osaka

Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang 13

Kastil Osaka adalah salah satu landmark utama di negeri matahari terbit. Seperti kebanyakan kastil tradisional, Kastil Osaka dibangun dengan tembok batu buatan manusia. Kastil ini didirikan di sebuah situs kuil bekas istana kekaisaran. Kastil ini sendiri mempunyai delapan lantai dan dikelilingi oleh parit.

Pada tahun 1600-an, kastil ini mendapatkan serangan petir yang mengenai bubuk mesiu. Ledakan pun terjadi dan membakar kastil. Meski begitu, selama masanya berdiri, kastil ini disebut-sebut memiliki peran penting dalam menyatukan Jepang.

Sebagai tambahan, kastil ini pernah ditampilkan dalam film Godzilla Raids Again oleh Tomoyuki Tanaka pada tahun 1995.

5
Kastil Matsue

Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang 14

Kastil ini mulai dibangun pasca berakhirnya perang besar Jepang feodal dan selesai pada tahun 1611. Dari sekian banyak kastil di Jepang, Kastil Matsue menjadi salah satu kastil yang masih mengandung struktur kayu aslinya. Karena struktur dan warnanya, kastil ini sering disebut sebagai kastil plover, yang mana plover sendiri merupakan salah satu jenis burung.

Kastil Matsue menjadi salah satu kastil tertua di Jepang, dan satu-satunya yang tersisa di wilayah Sanin. Selama masa pemerintahannya, Naomasa Matsudaira dan keturunannya terus memerintah di kastil ini. Saat ini, hanya menara saja yang tersisa dari kastil tersebut.

6
Kastil Hirosaki

Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang 15

Kastil ini dibangun oleh klan Tsurugu pada awal 1600-an. Kastil yang berada di Prefektur Aomori ini sempat hancur oleh ledakan yang disebabkan oleh petir yang mengenai mesiu. Kastil ini baru direnovasi dua abad kemudian.

Saat ini, kastil ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi, sebab terdapat taman bunga sakura di sekitarnya. Ada sekitar 2600 pohon sakura di taman yang berada di sekitar kastil. Selain itu, kastil ini juga menjadi tuan rumah Festival Lentera Salju Kastil Hirosaki yang diadakan setiap tahun. Festival ini berhasil menarik hingga ratusan ribu pengunjung.

7
Kastil Hikone

Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang 16

Kastil Hikone berdiri di Prefektur Shiga dan dianggap sebagai bangunan bersejarah paling penting di wilayahnya. Kastil ini sendiri dibangun berdasarkan perintah dari putra penguasa daerah yang saat itu berkuasa, atau disebut sebagai daimyo.

Pada akhir 1800-an, tepatnya ketika periode Meiji berlangsung, banyak kastil yang diperintahkan untuk dibongkar. Untungnya, Kastil Hikone selamat dari permintaan Kaisar yang menginginkan pembongkaran pada banyak kastil.

Mengenai Kastil Hikone sendiri, banyak fitur yang dianggap sebagai aset budaya Jepang. Hal ini termasuk tiga menara berbeda yang masih tergabung dalam arsitektur kastil. Selain itu, kastil ini juga menjadi salah satu kastil yang masih memiliki struktur aslinya sebagaimana Kastil Matsue.

8
Kastil Shimabara

Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang 17

Kastil ini dapat ditemukan di Prefektur Nagasaki. Kastil Shimabara merupakan istana hirajiro yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Unzen dan Teluk Ariake. Hal yang paling terkenal dari kastil ini adalah paritnya. Parit kastil ini mempunyai kedalaman hingga 15 meter dan lebar hingga 50 meter di beberapa titik.

Pada masa para daimyo masih memerintah, Kastil Shimabara memupuk rezim yang menindas. Mereka menaikkan pajak bagi banyak orang secara signifikan.

Pada akhir 1800-an, sebagian dari kastil ini dialihfungsikan menjadi halaman sekolah. Sementara itu, sebagian yang lain menjadi tanah pertanian. Bagian puri saat ini menjadi museum yang memamerkan keragaman budaya lokal dan juga Pemberontakan Shimabara selama masa feodal.

9
Kastil Shuri

Shuri Okinawa

Kastil ini berada di Prefektur Okinawa dan merupakan sebuah istana untuk Kerajaan Ryukyu pada masanya. Tempat ini merupakan salah satu tempat perhentian penting dalam jaringan maritim Asia Timur Jepang pada masanya. Kembali ke 1429, kastil ini merupakan kastil yang terbesar di pulau berdirinya, sekalipun secara militer dan ekonomi bukan merupakan yang terkuat.

Kastil ini menjadi sejarah panjang untuk kegiatan ekonomi dan telah berpindah tangan selama berkali-kali. Dinasti Ming pernah mengirim banyak keluarga untuk tinggal di sini dengan tujuan bisnis. Selain itu, pada 1853, Matthew Perry sempat mengunjungi kastill. Bahkan, Amerika Serikat pernah menduduki kastil selama hampir tiga dasawarsa setelah Perang Dunia II.

10
Kastil Okayama

Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang 18

Kastil Okayama merupakan salah satu dari sekian banyak kastil yang berada di Prefektur Okayama. Kastil ini dibangun pada 1597 silam. Ada cerita yang melingkupi kastil ini, yakni pemiliknya ditangkap tiga tahun pasca pembangunan dan meninggal tanpa meninggalkan ahli waris.

Kastil ini memiliki esterior yang hitam sehingga dijuluki ‘kastil gagak’. Hal ini sangat kontras dengan putihnya Kastil Himeji di sebelahnya. Pada masa kejayaannya, atap rumah utama dari kastil ini terdiri dari ubin yang berlapis emas dan juga gargoyle ikan emas.

Selama Perang Dunia II berlangsung, menara utama kastil ini hancur dan baru dipulihkan pada 1960-an. Saat ini, interior kastil telah memiliki AC dan lift. Bagian dalam kastil ini menyimpan beberapa tampilan yang menjelaskan sejarah kastil. (M)

Mungkin kamu juga suka

5 Alasan Memilih Bangkok Sebagai Lokasi Liburan Mancanegara Terbaik

Sibuk Liburan - Kota Bangkok merupakan kota kerajaan di Asia Tenggara yang memiliki sejarah panjang, kekayaan budaya, dan gaya artsitektur yang eksotis. Dengan demikian,...

Liku-Liku Singapura Jadi Negara Bersih

Singapura menjadi negara terdekat dengan Indonesia yang menjadi tujuan wisata utama luar negeri para warganya. Tak mengherankan memang, jaraknya yang dekat -...

6 Tips Agar Anak Tak Bosan di Pesawat

Berlibur naik pesawat memang seru sekaligus menyenangkan. Menanti detik-detik pesawat naik, disuguhi makanan enak dan menunggu saat pesawat mendarat menjadi hal yang dinanti.

Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang

Sebagai negeri samurai, negara Jepang terkenal akan bangunan-bangunan bersejarah yang sarat nilai. Salah satu di antaranya berupa kastil. Bila berlibur ke Jepang,...

Kuil Wenwu, Primadona Wisata di Sun Moon Lake

Tak lengkap rasanya bertandang ke Taiwan tanpa mampir ke Sun Moon Lake. Ya, memang danau ini begitu terkenal. Keindahan alamnya memang membuat...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

WhatsApp Chat via WhatsApp