Istanbul Turki, Indahnya Kota Dua Benua

Istanbul juga menjadi bagian dari dua benua, yakni Asia dan Eropa, percampuran budaya dari dua benua yang berbeda tersebut membuat Istanbul semakin memikat untuk dikunjungi.

Turki merupakan negara transkontinental karena sebagian wilayahnya masuk Benua Asia dan sebagian lainnya menjadi bagian dari Benua Eropa. Kota terbesar di negara ini adalah Istanbul meskipun ibukotanya berada di Ankara.

Jejak-jejak sejarah peradaban Islam menjadi bagian dari kota yang dulu dikenal dengan nama Konstantinopel ini, sehingga image tentang wisata di Istanbul Turki wisata religi. Pendapat tersebut tidak salah, meski pintu gerbang Turki ini sebenarnya juga memiliki daya tarik yang lain, termasuk pemandangan alamnya yang mengagumkan.

Sebagai kota Metropolitan terbesar di Turki yang dulu pada masa pemerintahan Ottoman menjadi pusat kerajaan Byzantine, sejumlah bangunan bersejarah dengan desain arsitektur yang unik dan menarik menjadi daya tarik tersendiri.  Apalagi Istanbul juga menjadi bagian dari dua benua, yakni Asia dan Eropa, percampuran budaya dari dua benua yang berbeda tersebut membuat Istanbul semakin memikat untuk dikunjungi.

Bagi Sahabat Silir yang merencanakan kunjungan ke Istanbul Turki, berikut beberapa objek wisata menarik yang dapat dikunjungi.

1
Basilica Cistern

Basilica Cistern adalah bangunan pada masa Bizantium yang menjadi saksi kejayaan Romawi pada sekitar abad ke-6. Menjadi tempat hiburan kini, dulunya bangunan ini adalah saluran air minum yang dulu dialirkan dari Thrace ke Istanbul lengkap dengan tangki besar untuk menyimpan air.

Di sekitar tempat tersebut terdapat 336 kolam dengan berbagai jenis ikan hiasnya. Salah satu dari kolam tesebut di bagian bawahnya terdapat patung kepala  Medusa.

2
Blue Mosque

Istanbul

Dinamakan “Masjid Biru” karena tempat beribadah yang dibangun pada tahun 1609 ini dindingnya dihiasi dengan keramik berwarna biru sebanyak kurang lebih 20.000 keping.

Masjid yang sebenarnya bernama Masjid Sultanahmet ini memiliki enam menara yang megah dengan desain kubah bertumpuk yang bagian dalamnya berhiaskan ornament abstrak yang sangat indah.

3
Menara Galata

Menara yang dibangun pada tahun 1348 ini adalah tempat yang paling strategis untuk menikmati keindahan pemandangan kota Istanbul di setiap.

4
Hagia Sophia

Hagia Sophia
Hagia Sophia

Inilah ikon kota Istanbul peninggalan Kaisar Bizantium Justinianus yang didirikan pada abad ke-6. Pada saat Romawi berkuasa, bangunan ini berfungsi sebagai gereja, sebelum akhirnya beralih fungsi menjadi masjid, dan kini difungsikan sebagai museum.

Hagia Sophia menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke Istanbul, karena museum ini memiliki dekorasi yang cantik dengan galeri lantai berhiaskan mozaik yang luar biasa indah.

5
Topkapi Palace

Bangunan megah dengan desain indah yang didominasi warna biru tersebut, merupakan istana yang dulu ditempati kaisar Ottoman saat masih berkuasa. Karena bekas istana yang sampai sekarang masih berdiri kokoh tersebut merupakan salah satu jejak dari sejarah peradaban Islam, membuat Topkapi Palace selalu menjadi bagian dari wisata religi.

Selain kelima tempat tersebut masih ada sejumlah tempat wisata di Istanbul Turki yang juga menarik untuk dikunjungi, seperti:  Gand Bazaar, Istiklal Street, Beylerbeyi Palace, Ayasofya Hurrem Sultan Hamam, Masjid Raya Sulaimaniah, Museum Arkeologi Istanbul, Museum Seni Islam dan Turki, juga Gereja Chora. (A)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Nusa Penida Jadi Top Destinasi Bacpacker Terbaik dari 20 Negara

Kabar baik tentang pariwisata Tanah Air datang dari Bali. Dilansir dari laman Liputan6.com (04/12/2019), Pulau Nusa Penida di Klungkung menjadi destinasi backpacker terbaik di dunia...

Seorang Penumpang British Airways Berusaha Membuka Pintu Pesawat Selama Penerbangan

Insiden penumpang yang berusaha membuka pintu pesawat di tengah-tengah penerbangan kembali terulang. Dikutip dari Independent.co.uk (03/12/2019), insiden kali ini terjadi di atas pesawat British Airways...

8 Hal yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Bencana Alam Saat Berlibur

Semua orang ingin liburannya berjalan lancar-lancar saja tanpa hambatan. Namun, tidak ada yang bisa memprediksi ada apa di kemudian hari. Saat enak-enak berlibur dengan...

4 Tips Siapkan Budget untuk Liburan Keluarga

Liburan bersama dengan keluarga menjadi impian banyak orang. Sayangnya, mimpi tersebut terkadang sulit diwujudkan. Budget acapkali menjadi masalah utama gagalnya mimpi tersebut...

Pulau Padar, Pulau Paling Fotogenic di Kepulauan Komodo

Taman Nasional Komodo memang terkenal akan gugusan pulau-pulau eksotisnya. Pelancong yang pernah berwisata ke Kepulauan Komodo pasti sudah merasakan asiknya melompat dari satu pulau...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!