Istanbul Turki, Indahnya Kota Dua Benua

Istanbul juga menjadi bagian dari dua benua, yakni Asia dan Eropa, percampuran budaya dari dua benua yang berbeda tersebut membuat Istanbul semakin memikat untuk dikunjungi.

Turki merupakan negara transkontinental karena sebagian wilayahnya masuk Benua Asia dan sebagian lainnya menjadi bagian dari Benua Eropa. Kota terbesar di negara ini adalah Istanbul meskipun ibukotanya berada di Ankara.

Jejak-jejak sejarah peradaban Islam menjadi bagian dari kota yang dulu dikenal dengan nama Konstantinopel ini, sehingga image tentang wisata di Istanbul Turki wisata religi. Pendapat tersebut tidak salah, meski pintu gerbang Turki ini sebenarnya juga memiliki daya tarik yang lain, termasuk pemandangan alamnya yang mengagumkan.

Sebagai kota Metropolitan terbesar di Turki yang dulu pada masa pemerintahan Ottoman menjadi pusat kerajaan Byzantine, sejumlah bangunan bersejarah dengan desain arsitektur yang unik dan menarik menjadi daya tarik tersendiri.  Apalagi Istanbul juga menjadi bagian dari dua benua, yakni Asia dan Eropa, percampuran budaya dari dua benua yang berbeda tersebut membuat Istanbul semakin memikat untuk dikunjungi.

Bagi Sahabat Silir yang merencanakan kunjungan ke Istanbul Turki, berikut beberapa objek wisata menarik yang dapat dikunjungi.

1
Basilica Cistern

Basilica Cistern adalah bangunan pada masa Bizantium yang menjadi saksi kejayaan Romawi pada sekitar abad ke-6. Menjadi tempat hiburan kini, dulunya bangunan ini adalah saluran air minum yang dulu dialirkan dari Thrace ke Istanbul lengkap dengan tangki besar untuk menyimpan air.

Di sekitar tempat tersebut terdapat 336 kolam dengan berbagai jenis ikan hiasnya. Salah satu dari kolam tesebut di bagian bawahnya terdapat patung kepala  Medusa.

2
Blue Mosque

Istanbul

Dinamakan “Masjid Biru” karena tempat beribadah yang dibangun pada tahun 1609 ini dindingnya dihiasi dengan keramik berwarna biru sebanyak kurang lebih 20.000 keping.

Masjid yang sebenarnya bernama Masjid Sultanahmet ini memiliki enam menara yang megah dengan desain kubah bertumpuk yang bagian dalamnya berhiaskan ornament abstrak yang sangat indah.

3
Menara Galata

Menara yang dibangun pada tahun 1348 ini adalah tempat yang paling strategis untuk menikmati keindahan pemandangan kota Istanbul di setiap.

4
Hagia Sophia

Hagia Sophia
Hagia Sophia

Inilah ikon kota Istanbul peninggalan Kaisar Bizantium Justinianus yang didirikan pada abad ke-6. Pada saat Romawi berkuasa, bangunan ini berfungsi sebagai gereja, sebelum akhirnya beralih fungsi menjadi masjid, dan kini difungsikan sebagai museum.

Hagia Sophia menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke Istanbul, karena museum ini memiliki dekorasi yang cantik dengan galeri lantai berhiaskan mozaik yang luar biasa indah.

5
Topkapi Palace

Bangunan megah dengan desain indah yang didominasi warna biru tersebut, merupakan istana yang dulu ditempati kaisar Ottoman saat masih berkuasa. Karena bekas istana yang sampai sekarang masih berdiri kokoh tersebut merupakan salah satu jejak dari sejarah peradaban Islam, membuat Topkapi Palace selalu menjadi bagian dari wisata religi.

Selain kelima tempat tersebut masih ada sejumlah tempat wisata di Istanbul Turki yang juga menarik untuk dikunjungi, seperti:  Gand Bazaar, Istiklal Street, Beylerbeyi Palace, Ayasofya Hurrem Sultan Hamam, Masjid Raya Sulaimaniah, Museum Arkeologi Istanbul, Museum Seni Islam dan Turki, juga Gereja Chora. (A)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru