Jadi Pasar Penting, Vietnam Ingin Kunjungan Turis Indonesia Lampaui 100 Ribu pada 2019

0
378

Sibuk Liburan – Indonesia bukan saja pasar yang besar bagi produk barang, melainkan juga pasar yang begitu legit dalam bisnis pariwisata. Tak mengherankan banyak negara pun melirik negeri ini dan menjadikannya sebagai salah satu pasar utama mereka. Demikian pula dengan Vietnam yang menempatkan Indonesia sebagai salah satu pasar penting tourisme. Negeri yang juga masyur memiliki banyak pagoda itu bahkan berani memasang target yang lumayan tinggi terkait hal tersebut. Tak tanggung-tanggung, Vietnam ingin agar kunjungan turis asal negeri ini mencapai lebih dari 100 ribu orang pada 2019.

Negara yang juga kondang dengan destinasi wisata Ha Long Bay itu memang tampak lebih getol menggarap sektor wisata dalam beberapa tahun terakhir. Target 100 ribu turis asal Indonesia pada 2019 tersebut pun lebih tinggi 25 persen dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Nikmati Keindahan Dua Negera dalam Rangkaian Tour Vietnam-China

Bukan tanpa alasan jika Vietnam menggeber turis asal negeri ini untuk plesiran di negaranya. Berkaca dari data tahun 2018, Vietnam memang cukup diminati para penikmat wisata luar negeri oleh banyak turis Indonesia. Angka kunjungan ke negara tersebut menembus 88 ribu pada tahun lalu.

“Tahun 2018 kemarin, Vietnam dikunjungi 15.4 juta wisman. Dari Indonesia, ada 88 ribu turis. Target kami di tahun 2019 ini jumlah itu tumbuh jadi lebih dari 100 ribu turis,” sebut Tran Phong Binh, Deputi Direktur Marketing Badan Pariwisata Vietnam dalam acara Roadshow Pariwisata Vietnam di Hotel Pullman Thamrin Jakarta, Jumat (3/5/2019) malam yang kemudian Sibuk Liburan kutip dari Detik Travel.

Merujuk pada data jumlah kunjungan turis Asing di Vietnam pada 2018, didominasi oleh turis asal China. Angka kunjungan pelancong asal Negeri Panda ke Vietnam pada tahun tersebut mencapai 4,9 juta orang. Angka tersebut mengalami peningkatan sangat signifikan dari satu dekade silam, yang kala itu hanya mencapai 527 ribu pengunjung.

Bertengger di urutan berikutnya adalah turis asal Korea Selatan sebanyak 3,4 juta disusul Jepang dengan 826 ribu. Selanjutnya, turis Asing terbanyak ke-4  dan ke-5 yang berkunjung ke Vietnam secara berurutan adalah Taiwan dengan 714 ribu orang dan Amerika Serikat dengan 687 ribu orang.

Meski Indonesia tidak masuk dalam top 5, tetapi Vietnam yakin turis asal Indonesia bsia meningkat jumlahnya pada 2019, terlebih dengan jumlah kunjungannya yang sudah menembus 36.500 orang ‘hanya’ dalam 4 bulan pertama 2019. Dengan demikian, diharapkan target 100 ribu pengunjung hingga akhir tahun bisa terlampaui.

Sementara itu, Vietnam menawarkan banyak destinasi wisata mulai dari yang bernuansa alam, budaya hingga kuliner. Sibuk Liburan sendiri memiliki paket tour khusus ke Vietnam yang dirangkai dalam sebuah paket tour Vietnam-China. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here