Wow.. Sampai Jelang Akhir 2019, Ada 220 Ribu Orang Indonesia ke Korea Selatan

Data terbaru menunjukkan hingga jelang akhir 2019, telah ada 220 ribu orang Indonesia yang berkunjung ke negeri yang masyur dengan budaya K-Pop itu.

0
223
Korea Selatan

Korea Selatan (Korsel) sepertinya masih bakal menjadi tujuan wisata utama luar negeri orang Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Indikasi ini terlihat dari kunjungan ke Negeri Gingseng yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Data terbaru menunjukkan hingga jelang akhir 2019, telah ada 220 ribu orang Indonesia yang berkunjung ke negeri yang masyur dengan budaya K-Pop itu.

BACA JUGA: 10 Kota Menarik Korea Selatan yang Cocok Dikunjungi Turis

Angka ini diklaim mengalami peningkatan hingga 12 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian merujuk pada Korea Tourism Organization.

Ada 220 Ribu Orang Indonesia ke Korea Selatan

Pengunjung tersebut rata-rata berusia 20 hingga 45 tahunan. “Wisatawan yang berkunjung dari umur 20 sampai 45 tahun, umurnya beragam dan paling banyak wanita dan wisata. Biasanya mereka datang untuk shopping, medical, beauty,” kata Director KTO Jakarta Office Andrew JH Kim kepada detikcom, Jumat (13/12/2019) yang kemudian Sibukliburan.id kutip dari detikTravel.

Korea Selatan

Andrew menyatakan akan tetap fokus pada kunjungan dengan segmentasi medical, beaity and wellness, meski target kunjungan untuk tahun depan belum ditentukan. Selain itu, mereka juga akan fokus pada wisatawan Muslim.

Ia menyebut jika belakangan banyak fasilitas disediakan untuk mendukung traveling para muslim. “Karena wisatwan Indonesia sudah muali terbuka. Dan kita memang banyak kota-kota ramah muslim dengan fasilitas musala, restoran dengan 4 kategori ada yang halal dikasih oleh MUI-nya Korea, self certificate yang punya orang muslim, moslem friendly, setya pork free untuk memudahkan mereka,” imbuhnya.

Lebih jauh, ia menandaskan jika Busan akan menjadi target pemasaran untuk tahun depan. “Busan lebih ke kuliner ada pantai ada budaya. Memang yang jadi favorit itu pas summer banyak festival di Busan dan dikenal sebagai California-nya korea. Tahun depan selain ke Busan target pemasarannya ke provinisi ketiga lainnya,” pungkasnya.

Sementara itum Busan memang namanya menjadi semakin naik daun belakangan ini. Andrew bahkan menyebut Busan kini telah menjelma menjadi California-nya Korea. Tepat ini juga menjadi tuan rumah ASEAN-ROK Commemorative Summit.

BACA JUGA: Mengenal Festival Chuseok Saat Musim Gugur di Korea Selatan

Presiden Joko Widodo pun beberapa waktu lalu juga menyempatkan berkunjung ke Busan disela kunjungan kerjanya ke Korea Selatan. Kala itu kepala negara singgah di Gamcheon Culture Village. Kunjungan presiden berserta rombongan itu dilakukan pada 24 November 2019 lalu.

Tempat yang dikunjungi presiden tersebut sebelumnya adalah kampung yang kumuh. Namun, kini Desa Budaya Gamcheon menjelma menjadi tempat dengan beragam atraksi menarik. Rumah-rumah di tempat ini dicat beraneka warna dan dihias dengan karya seni mural.

Di tempat ini terdapat cafĂ© dan makanan juga minuman yang dikemas dengan baik, tetapi dibanderol terjangkau. “Jadi, misalnya di sini ada kafe, kita bisa minum kopi tapi murah. Kemudian juga ini makanan-makanan seperti ini, tetapi memang kemasannya dikemas dengan sangat bagus, diberikan brand. Ya penyajiannya sangat baik, tapi murah, sangat murah,” ujarnya kala itu. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here