JR Pass Tiket Ajaib Untuk Menjelajah Transportasi Antar Jepang 

0
535
JR Pass
JR Pass

Sahabat Silir mungkin pernah mendengar istilah JR Pass bagi orang-orang yang pernah melanglang buana ke Jepang. Benda yang satu ini memang tak bisa ketinggalan untuk digunakan sebagai pelengkap perjalanan saat sedang menjelajah ke Negeri Sakura tersebut. Apabila Sahabat Silir masih belum mengetahui tentang JR Pass, melalui tulisan ini kami akan coba membantu jelaskan kegunaan dan kelebihannya.

Kompleksnya sistem transportasi di Jepang pastinya akan membuat bingung bagi para pendatang terutama turis. Di Jepang sendiri, transportasi darat yang umum digunakan adalah Japan Railways (JR) dan kereta subway (bawah tanah). JR Pass adalah sebuah alternatif yang hemat dan praktis untuk mengakses hampir dari seluruh transportasi yang dioperasikan Japan Railways.

JR Group sendiri terbagi dalam 6 perusahaan transportasi yang dinamakan berdasarkan wilayah di Jepang, yaitu JR Hokkaido, JR East, JR West, JR Central, JR Shikoku dan JR Kyushu. Dengan tiket ini, Sahabat Silir tak perlu lagi buang waktu untuk antri membeli tiket regular.

Dengan JR Pass, Sahabat Silir bahkan bisa mencoba kereta peluru Shinkansen yang tersohor di negeri tersebut. Gerbong kereta yang bisa ditempati pun dibagi menjadi dua kategori, reserved dan non-reserved. Sahabat Silir bisa melakukan pemesanan gerbong secara online agar menghemat waktu antrian.

Namun begitu, tidak semua Shinkansen dan rute JR bisa mempergunakan kartu ini, yaitu diantaranya Nozomi Shinkansen, Mizuho Shinkansen, Limited Express, Express Rapid dan kereta lokal (salah satunya subway).

Tak hanya kereta, Pass ini juga bisa digunakan untuk beberapa transportasi darat dan laut seperti JR Ferry yang menghubungkan Pulau Miyajima di Hiroshima, Tokyo Monorail ke Bandara Haneda Tokyo, sejumlah bis lokal milik JR, serta beberapa non-JR Trains yang jalurnya terisolir. Untuk keterangan lebih lengkap, Sahabat Silir bisa mencari informasi tersebut melalui situs resmi Japan Railways Pass.

Tiket ajaib ini hanya bisa didapatkan oleh turis yang memiliki status kunjungan visa temporary visit. Penggunaannya pun tak terbatas, Sahabat Silir bisa menggunakannya untuk jelajah antar perfektur.

Periode waktu penggunaannya pun dibagi menjadi tiga, yaitu 7 hari, 14 hari, dan 21 hari. Demikian dengan kelasnya pun dibagi menjadi Ordinary dan Green. Kelas Ordinary jauh lebih murah jika dibandingkan kelas Green. Letak perbedaannya hanya pada kelegaan ruang kakinya saja.

Harga JR untuk satu orang dewasa pada kelas Ordinary adalah 29.110 Yen (7 hari), 46.390 Yen (14 hari), dan 59.350 Yen (21 hari), sementara untuk anak-anak harga yang diberlakukan hanya setengah harga dewasa. Untuk kelas Green, tarif yang dipatok hanya lebih mahal 25% dari harga ordinary (informasi tarif: www.jprailpass.net per Januari 2019).

Sahabat Silir bisa membeli JR Pass melalui sejumlah situs dan aplikasi booking online populer di Tanah Air. Untuk penggunaannya pun cukup mudah, Sahabat Silir bisa melakukan cetak voucher pembelian JR Pass sebelumnya, kemudian menukarkannya dengan JR Pass saat tiba di bandara Jepang. Untuk menggunakannya, Sahabat Silir hanya perlu menunjukan JR Pass tersebut kepada petugas yang berjaga di pintu masuk transportasi.

Dengan JR Pass, Sahabat Silir bisa mengunjungi kota-kota terbaik di seluruh Jepang hanya dalam waktu beberapa hari tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Kota-kota tersebut diantaranya adalah Tokyo, Osaka, Kyoto, Hiroshima, Kansai dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, kartu yang satu ini pastinya sangat wajib dimiliki Sahabat Silir untuk memaksimalkan penjelajahan di Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here