Jumlah Wisatawan Indonesia ke Singapura Tempati ke-2, Terbanyak Setelah China

Berdasarkan urutan rankingnya dari yang terbesar hingga terkecil, pendapatan devisa di Negeri Singa tersebut berasal dari negara China, Indonesia, India, Australia, dan Jepang.

Singapura tampaknya masih menjadi salah satu destinasi negara tetangga yang masif dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia. Dilansir dari Liputan 6.com (11/11/2019), jumlah turis asal Indonesia ke negeri tersebut bahkan menduduki peringkat ke-2 terbanyak setelah China.

Menurut data milik Singapore Tourism Board (STB), sepanjang 2018 lalu tercatat ada sekitar 3,02 juta wisatawan Indonesia yang berkunjung ke sana. Jumlah ini membuat Indonesia bertengger di posisi ke-2 dengan jumlah kunjungan terbanyak setelah Tiongkok.

Wisatawan Indonesia ke Singapura

Berdasarkan urutan rankingnya dari yang terbesar hingga terkecil, pendapatan devisa di Negeri Singa tersebut berasal dari negara China, Indonesia, India, Australia, dan Jepang.

Universal Studio Singapore

Peningkatan ini tidak terlepas dari penambahan rute penerbangan ke negara ini. Tercatat sekiranya terdapat 13 rute penerbangan menuju Singapura yang tersebar di seluruh kota Indonesia.

Jumlah tersebut menunjukan peningkatan sebanyak 2 persen dibandingkan dengan tahun 2017. Hal tersebut juga diiringi dengan adanya peningkatan pengeluaran orang Indonesia sebanyak 8 persen–melampaui pertumbuhan wisatawan yang hanya mencapai 2 persen.

BACA JUGA: 4 Tips Belanja Cermat dan Hemat di Singapura

Dari segi pengeluaran, rata-rata biaya yang dihabiskan wisatawan Indonesia terdiri dari 31% akomodasi, 14% konsumsi, 8% untuk komponen tanda terima wisata, dan sisanya adalah biaya perjalanan, medis, bisnis, pendidikan dan pengunjung transit.

Menurut datakata.co.id (11/11/2019), pada 2018 lalu wisatawan asal Tanah Air yang berkunjung ke Singapura diperkirakan telah melakukan total pengeluaran mencapai SG$ 1,5 miliar atau sekitar 15,5 miliar rupiah.

Menurut Direktur Indonesia untuk STB Mohamed Firhan Abdul Salam pada acara “Memorandum of Understanding (MoU) STB dan Gotix” di Jakarta, Senin (11/11), pertumbuhan turis sebagian besar berasal dari wilayah Jawa Timur dan Sulawesi.

Meski demikian, jumlah pengunjung asal Medan dan Jakarta masih tetap tinggi. Hanya saja kebanyakan memang didominasi oleh pengunjung reguler yang pernah melakukan kunjungan beberapa kali sebelumnya ke Singapura.

Dibandingkan dengan solo traveler, karakteristik wisatawan yang datang berkunjung ke negara tersebut memang lebih banyak didominasi oleh keluarga. Oleh karenanya, destinasi yang dikunjungi umumnya memuat atraksi family friendly.

“Kita berusaha perkenalkan mereka experience mendalam. Misalnya, explore Kampung Glam, Haji Lane, Bali Lane. Biasanya, mereka dari free individual traveler (FIT), cukup familiar dengan Singapore,” tutur Firhan kepada Liputan6.com.

BACA JUGA: Menjajal Keseruan Wahana ala Film Hollywood di Universal Studio Singapore

STB sendiri memang tengah berupaya dalam menggaet turis asal Tanah Air dengan melakukan pengadaan atraksi menarik, seperti olahraga, konser musik, dan atraksi lainnya. Salah satunya pada tahun ini adalah gelaran Internasional Champion Cup yang mengusung nama besar Manchester United.

Tak hanya sampai disitu, STB bahkan menggandeng GoTix yang merupakan sebuah platform pemesanan tiket online. Kerjasama ini memperlihatkan dampak yang cukup signifikan–dimana selama 10 bulan keberlangsungan pilot project ini mampu meningkatkan pemesanan hingga 300 persen. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Sensasi Berkunjung ke Taman Beihai Beijing, Klasik Namun Indah

China memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Beihai di Beijing. Seperti kebanyakan taman di berbagai...

Indahnya Pantai-pantai di Tanah Asal Phinisi

Sibuk Liburan - Membicarakan pantai di Kawasan Indonesia Timur memang tak ada habisnya. Pantai dengan pasir putih, pink bahkan hitam sekalipun tetap...

Berkunjung ke Istana Gyeongbokgung, Lokasi Syuting Drakor Bergaya Kolosal

Korea Selatan memiliki begitu banyak destinasi menarik yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan jika Sahabat Silir sedang jalan-jalan ke sana. Salah satunya adalah situs budaya...

Festival Wisata dan Budaya Menarik Hingga Akhir 2019 di Indonesia

Setiap tahun Kementrian Pariwisata selalu memiliki kalender event. Merujuk pada kalender tersebut, Sahabat Silir bisa menyaksikan berbagai kegiatan wisata, termasuk festival tanpa...

Gunung Sinai, Destinasi Wisata Religi Sekaligus Alam Nan Eksotis

Sahabat Silir tengah merencanakan perjalanna ke luar negeri dengan nuansa yang berbeda? Apabila iya, maka tour ke Gunung Sinai bisa menjadi pilihan....

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...