Kamakura, Tujuan Wajib Bagi Para Pengagum Kuil Kuno Jepang

0
298

Para pelancong luar negeri yang bertandang ke Jepang umumnya memilih Tokyo sebagai destinasi utama. Kota metropolis ini memang menyediakan segala macam kebutuhan wisatawan asing. Namun, bagi para pengagum kuil kuno Jepang rasanya tentu ada yang kurang. Dibanding Kyoto, Kota Tokyo cukup sedikit memiliki kuil kuno. Meski demikian, tak perlu buru-buru melaju ke Kyoto, karena di bagian barat daya teluk Tokyo terdapat Kota Kamakura yang juga punya banyak kuil kuno peninggalan abad ke-8.

Kamakura adalah kota pesisir yang terletak di prefektur Kanagawa. Jaraknya hanya kurang dari satu jam perjalanan dari Tokyo.Di masa lalu, Kamakura merupakan kota dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Jepang. Hal ini berkaitan dengan peran Kamakura sebagai pusat pemerintahan Jepang kuno, jauh sebelum Tokyo menjadi pusat pemerintahan Jepang modern.

Berkat perannya yang sentral di masa lalu, Kamakura menyimpan banyak cagar budaya peninggalan aktivitas politik dan keagamaan. Kuil tua di Kamakura jumlahnya ratusan, bahkan beberapa di antaranya berusia lebih dari 1.200 tahun. Baik kuil Buddha maupun Kuil Shinto sebagian besar masih terpelihara dan berfungsi hingga kini. Kuil Buddha Kōtoku-in di Kamakura merupakan yang paling terkenal di Negeri Matahari Terbit dan menjadi rumah bagi Patung Buddha Besar setinggi lebih dari 13 meter.Dari tahun ke tahun, Kamakura tak pernah sepi dari kunjungan wisata. Tak jarang wisatawan menjulukinya sebagai Kyoto dari Jepang Timur berkat banyaknya jumlah kuil kuno Jepang dan perayaan matsuri.Ditambah lagi, karena jaraknya yang dekat dengan Tokyo, Kamakura cocok dijadikan lokasi perjalanan wisata satu hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here