Pertama di Dunia! Kapal Pesiar Ini Bakal Berlayar dengan Kru Semuanya Wanita

Hari Wanita Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2020 mendatang, sebuah kapal pesiar bakal berlayar dengan melibatkan seluruh nahkoda dan krunya adalah wanita.

0
759
Kapal pesiar

Kabar terbaru datang dari dunia pelayaran sekaligus wisata dengan kapal pesiar. Dikabarkan bahwa pada Hari Wanita Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2020 mendatang, sebuah kapal pesiar bakal berlayar dengan melibatkan seluruh nahkoda dan krunya adalah wanita.

Tak ada satu pun kaum adam dalam pelayaran yang telah direncanakan tersebut. Disebutkan bahwa kelompok wanita yang bakal mengarungi samudra itu terdiri dari 26 orang. Mereka bakal berlayar dari Fort Lauderdale menuju Karibia Timur. Pelayaran yang beranggotakan wanita ini merupakan inisiatif dari jalur pelayaran dalam #BRIDGEthegap.

BACA JUGA: Ingin Berlibur Dengan Kapal Pesiar? Ini Yang Wajib Dipersiapkan

Rencana berlayar dengan seluruh kru merupakan kaum hawa ini merupakan lanjutan dari gebrakan yang dilakukan pada 2015 lalu. Kala itu, kapal pesiar Celebrity memutuskan seorang wanita sebagai nahkodanya. Adalah Kapten Kate McCue yang menjadi wanita pertama untuk mengendalikan sebuah kapal pesiar besar.

“Saya setiap hari terinspirasi oleh para wanita yang kami punya di seluruh organisasi ini, baik di darat maupun di laut. Mereka adalah bukti bahwa ada kekuatan dalam keberagaman,” ungkap Kapten McCue.

Sementara itu, gebrakan ini dilakukan untuk mengubah realita bahwa sejauh ini hanya sekitar 2 persen saja pelaut dunia yang merupakan perempuan. Demikian menurut keterangan pihak kapal pesiar.

Sementara tim kapal pesiar yang dilibatkan dalam pelayaran beranggotakan perempuan itu  berasal dari berbagai negara  termasuk AS, Spanyol, Finlandia, Inggris, Bulgaria, Filipina, Ghana, dan masih banyak lagi.Mereka akan memiliki tugas masing-masing, mulai dari kapten, direktur hotel, staff kapten, dokter, direktur pelayaran, petugas investigasi keselamatan dan beberapa bagian lainnya.

Kapal pesiar

Bukan sekedar berlayar, pelayaran tahun depan itu juga memiliki sejumlah program spesial diantaranya, pameran seni, penampilan seniman perempuan, pertunjukan film yang mengundang sutradara, dan pemeran wanita, juga tanya jawab terhadap tim kepemimpinan kapal wanita.

“Kami semua bersemangat untuk menutup kesenjangan gender,” kata Presiden dan CEO kapal pesiar Celebrity, Lisa Lutoff-Perlo. Lebih jauh, ia mengatakan bahwa timnya telah berupaya memperbanyak staf perempuan. Beruntung, langkah ini pun mendapat dukungan dari staf laki-laki.

BACA JUGA: 5 Kapal Pesiar Terbesar di dunia Saat Ini

“Selama beberapa tahun terakhir, kami telah bekerja keras untuk membuat variasi kru di kapal dan membawa lebih banyak wanita ke dalam industri kami. Kami beruntung memiliki banyak wanita luar biasa, berpengalaman dan berkualitas telah bekerja keras untuk mencapai posisi ini. Kami juga memuji para pria yang terus mendukung dan membantu memperjuangkan untuk memperbanyak kru wanita di dalamnya,” imbuhnya.

Bagaimana kira-kira pelayaran itu akan berlangsung dan sukseskah ‘Celebrity’ mengantarkan para perempuan yang mengendalikannya itu sukses mengemban tugasnya? Kita nantikan kelanjutan kabarnya, tahun depan! Satu hal yang jelas, semoga langkah ini bisa menginsipirasi kita semua bahwa pria dan wanita memiliki kesamaan hak dalam mengembangkan karirnya. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here