Kayangan Api Bojonegoro, Sumber Api Terbesar di Asia Tenggara

0
561
Kayangan Api Bojonegoro

Tak berlebihan rasanya jika banyak turis mancanegara Indonesia layaknya surga. Negeri ini memang diberkahi dengan keindahan alam yang luas biasa indah. Di dalamnya mengalir sungai-sungai, hamparan hutam nan hijau, pantai membentang panjang dengan pasirnya yang hitam, putih hingga merah jambu.

Air terjun mengucur deras bak shower raksasa di banyak tempat di negeri ini hingga keberadaan sumber api abadi yang membuat decak kagum. Nah, khusus sumber api abadi ini salah satunya ada di Bojonegeoro. Ya, kabupaten yang masyur sebagai penghasil minyak bumi ini memiliki sebuah destinasi wisata unik bernama Kayangan Api.

Kayangan Api Bojonegoro – Foto: Jatimnow.com

Seperi apa kira-kira keindahan dan keseruan melancong ke tempat ini, melalui ulasan berikut, Sibuk Liburan akan mengajak Sahabat Silir  mengulik uniknya api abadi wisata Kayangan Api di Bojonegoro.

Sumber api abadi Kayangan Api berada di kawasan hutan lindung Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Tentu saja, suguhan utama dari kompleks wisata ini adalah sumber abadi. Api tersebut merupakan buah dari fenomena geologi alam berupa gas alam dari dalam tanah.

Oleh karena itu, api tersebut tidak akan pada sepanjang waktu, sekalipun hujan mengguyurnya. Satu hal yang paling unik dari Kayangan Api adalah satu-satunya sumber api terbesar di Asia Tenggara. Tak mengherankan kika dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional setiap tahunnya, pengambilan api juga dilakukan di tempat ini.

Tempat ini cenderung sepi pada hari-hari biasa, tetapi menjadi cukup ramai saat hari-hari libur. Sahabat Silir yang cukup bernyali barangkali bisa mendatangi tempat ini pada malam hari. Pasalnya, saat malam tiba sumber api itu akan tampak lebih indah.

Sibuk Liburan sendiri saat melakukan kunjungan ke tempat ini malam hari. Suasana begitu sepi dan cukup gelap di sepanjang jalan. Namun, memasuki kompleks wisata ini suasan menjadi begitu lain. Keindahan Kayangan Api begitu membuat mata tak berkedip. Kebetulan sekali, saat kunjungan dilakukan bersamaan dengan datangnya purnama, sehingga suasana tampak semakin ‘hidup’. Cahaya rembulan nan bulat indah itu tampak menyinari kami yang berdiri mengelilingi sumber api abadi itu.

Sebagai pengaman, pengelola wisata sudah membangun pagar bulat di sekitar sumber api abadi. Duduk ditepian api ini membuat suasana cukup hangat. Pengunjung lain pun tampak asyik membakar jagung di lokasi tersebut sembari sibuk berswa foto.

Selain sumber api abadi, di kompleks wisata itu juga terdapat sumur air blekuthuk yang tak kalah menarik. Sumur ini berisi air yang yang mendidih bercampur dengan lumpur. Suara layaknya air mendidig pun terdengar di sekitar sumur ini. Uniknya, meski tampak mendidih tetaou air di sumur tersebut tidak panas. Meski demikian, bau belerang juga begitu menyegat layaknya di sumber mata air panas di banyak tempat.

Pensasaran seperti apa uniknya? Ayo Sahabat Silir, luangkan waktu berliburmu untuk ke tempat ini dan rasakan sensasi berpetualang di alam sembari mengagumi keajaiban alam langka api abadi dan sumur blekuthuk.(y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here