Kebakaran Hutan Landa Australia, Ini Destinasi Wisata Terdampak

Dalam beberapa waktu terakhir, Australia tengah disibukkan dengan upaya pemadaman kebakaran hutan.

0
240
Kebakaran Hutan Australlia

Dalam beberapa waktu terakhir, Australia tengah disibukkan dengan upaya pemadaman kebakaran hutan. Kebakaran hutan hebat memang melanda beberapa lokasi di negara tersebut.

Demikian parah kebakaran hutan yang terjadi, pihak berwenang di daerah kebakaran hutan Australia sampai mendeklarasikan status State of Emergency (kondisi darurat), menutup jalan serta melakukan evakuasi warga.

Kebakaran Hutan Australia, Destinasi Wisata Terdampak

Sebagaimana dikutip dari Independet, kebakaran hutan serius melanda beberapa daerah. Salah satunya ada di di jalur pantai selatan Teluk Bateman (Bateman’s Bay) di New South Wales. Kota ini berbatasan dengan negara bagian Victoria.

Batemans Bay
Batemans Bay

Untuk menjangkau wilayah ini dari Sydney harus menempuh perjalanan sejauh 355 kilometer atau selama 4 jam perjalanan. Dampak dari kebakaran di wilayah ini turut merembet ke perbatasan Victoria bahkan ke Taman Nasional Kosciuszko. Taman yang baru saja disebut memiliki gunung tertinggi di Australia, yaitu Kosciuszko dengan ketinggian 2.228 meter.

Dalam kondisi normal, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai tempat dan negara. Namun, insiden kebakaran ini membuat wisatawan diminta menjadi dari lokasi wisata tersebut.

BACA JUGA: Bear, Anjing yang Bantu Selamatkan Koala dari Kebakaran di Australia

Kebakaran hutan juga melanda Tasmania, pulau yang terpisah dari Benua Australia. Di kawasan tersebut, kebakaran melanda dekat ibu kota Hobart. Baik warga maupun wisatawan di Austalia Selatan dan Barat pun diminta mewaspadai kondisi ekstrem akibat kebakaran hutan.

Sebelumnya, dikabarkan pula bahwa bahwa di Australia terdapat fenomena langit berwarna merah darah akibat kebakaran hutan. Kebakaran hutan ini bahkan berimbas ke negara tetangganya, Selandia Baru.

Langit di negara yang kondang dengan peternakan itu bahkan berwarna kekuningan dan keruh. BBC bahkan menyebut fenomena itu dengan eerie yellow — kuning menakutkan.

Beberapa destinasi wisata penting di Selandia Baru bahkan turut terdampak kebakaran hutan di Australia. Salah satunya adalah destinasi wisata gletser. Pemandangan di kawasan wisata gletser terkenal, seperti di Franz Josef dan Fox belakangan tampak tak elok lagi. Sebaliknya, langit tampak mencekam dengan warna keruh kekuningan.

Meski perjalanan wisata masih tetap bisa dilakukan ke tempat tersebut, tetapi turis tak akan mendapatkan pengalaman menyenangkan di kawasan gletser. Padahal, pada hari normal wisata gletser menyajikan pemandangan yang menakjubkan.

BACA JUGA: Australia Buka Lowongan Pekerjaan Untuk Penempatan di Antarktika

Gunung tinggi berselimut salju dipadu dengan langit biru cerah adalah pemandangan yang seharusnya dilihat. Namun, akibat kebakaran hutan pemandangan menjadi dipenuhi kabut.

Sementara itu, di Queensland yang dikenal sebagai ungulan wisata Australia relatif aman dari kebakaran hingga sejauh ini. Meski demikian, seperti diwartakan Independent, UK Foreign Office (Kantor Luar Negeri Inggris) mengimbau kepada wisatawan Inggris yang akan atau sudah berada di Australia untuk terus memantau berita. Disarankan pula untuk mengikuti instruksi serta saran pihak berwenang setempat. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here