Kendaraan Unik yang Dijumpai di Solo, Sahabat Silir wajib Coba!

Sibuk LiburanSahabat Silir tengah berencana piknik dalam waktu dekat, tetapi masih bingung menentukan pilihan. Apabila tujuan traveling kali ini ke dalam negeri saja, barang kali Solo bisa menjadi alternatif. Kampung halaman Presiden Joko Widodo ini memiliki berjuta pesona wisata yang tak kalah menawan dengan Yogyatakarta yang namanya lebih mendunia hingga kendaraan unik untuk wisatawan.

Wisata kuliner, pendidikan, sejarah, budaya, hingga wisat alam bisa ditemukan di kota ini. Tak hanya itu saja, Solo juga menyuguhkan fasilitas melancong yang cukup nyaman dan unik. Di kota ini terdapat beberapa kendaraan unik yang perlu Sahabat Silir coba menaikinya.

1
Sepur Kluthuk Jaladara atau Kereta Uap Jaladara

Salah satu alat transportasi unik yang ada di Solo adalah Sepur Kluthuk Jaladra. Sejatinya nama alat transportasi yang baru saja disebut adalah kereta uap. Memiliki bentuk yang unik dan begitu ancient, kereta ini memang tak berusia muda. Lokomotif uap C 12 18 menarik dua gerbong kayu jati asli yang dibuat pada tahun 1920 dan juga dua gerbong kereta.

Kedua gerbong kayu jati memiliki kode CR 16 dan CR 144. Menaikinya seolah mengajak Sahabat Silir  kembali ka zaman Hindia Belanda, tetapi dengan pesona Solo di masa modern. Kereta ini beroperasi bukan dir el kebanyakan kereta yang melewati stasiunm melainkan berjalan dir el yang ada di Pusat Kota Solo. Dirancang sebagai kereta wisata, Sepur Kluthuk memang tak dibanderol murah tiketnya. Hal ini mengingat perawatan kendaraan yang seharusny sudah ‘pensiun’ itu.

Apalagi Sepur Kluthuk Jaladara diklaim sebagai satu-satunya kereta uap yang masih berfungsi di Indonesia.  Dibutuhkan biaya sekitar Rp 3,5 juta untuk sekali perjalanan Sepur Kluthuk ini. Adapun kapasitas maksimal dari kereta ini adalah 70 orang.

2
Bus Tingkat Werkudoro

Dari zaman kuno, kini beranjak ke masa modern. Ya, Solo juga memiliki fasilitas umum unik bernama Bus Tingkat Werkudara. Seperti namanya, bus ini memiliki dua lantai. Dengan duduk di atas, Sahabat Silir bisa melihat Kota Solo dengan lebih jelas. Dibandingkan Sepur Kluthuk, tiket Bus Tingkat Werkudara lebih murah, hanya Rp 20 ribu.

3
Bus Batik Solo Trans (BST)

Apabila Jakarta memiliki Bus Way, Jogja punya Trans Jogja, Solo pun memiliki Batik Solo Trans. Sesuai nama yang melekat padanya, bus Solo itu tampak memiliki ornament batik bodinya. Dirancang sebagai transportasi massal warga, harga tiketnya pun sangat terjangkau. Hanya dengan beberap ribu rupiah, Sahabat Silir sudah bisa menaiki transportasi unik di Solo ini dan berkeliling ke tempat-tempat menarik di kota ini. Saat ini Batik Solo Trans memiliki 8 koridor.

4
Rail Bus Batara Kresna

Satu lagi alat transportasi unik di Solo adalah Bus rel Bathara Kresna. Seperti namanya, Bathara Kresna dirancang sebagai layanan bus atau rail bus. Kendaraan ini beroperasi dari Purwosari ke Wonogiri dan sebaliknya. Kehadiran bus rel ini merupakan hasil kerjasama antara PT  Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Pemerintah Kota Surakarta saat berada di bawah kepemimpinan Joko Widodo.

Resmi diperkenalkan kepada publik pada 26 Juli 2011, rail bus  ini baru beroperasi setahun kemudian, atau tepatnya mulai 5 Agustus 2012. Sebelum akhirnya kembali dilenggangkan pada saat ini, bus rel tersebut sempat mangkrak pada 2013 lantaran rangkaiannya yang sering mengalami kerusakan. Pada 2015, bus rel ii pun tetap masih dikandangkan di dipo Lokomotif di Solo Balapan sebelum akhirnya diputuskan dioperasikan kembali oleh PT KAI. Dalam sehari, bus rel ini hanya melayani rute trayek Purwosari Wonogiri 2 kali.  (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru