Keseruan Bangka Culture Wave 2019 Segera Sapa Wisatawan

0
298
Bangka Culture Wave
Bangka Culture Wave

Bagi Sahabat Silir yang ingin menyaksikan event bertajuk alam dan budaya, Pulau Bangka menawarkan agenda tahunan yang menarik untuk dilirik. Bangka Culture Wave merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka serta didukung oleh Pemprov Bangka Belitung dan Kementrian Pariwisata.

Acara ini sudah mulai digelar sejak tahun 2015 di wilayah Sungailiat dengan banyak tema dimulai dari Naga Penyu, Akademi Budaya ChengHo Dunia (ABCD), hingga Ibu Bumi. Pada tahun ini, dengan mengusung tema ‘Coming Home Celebration’ penyelengaraan akbar ini akan dilakukan pada 24 Maret hingga 5 April 2019 dan berlokasi di Pantai Tongaci.

Bangka Culture Wave

Bangka Culture Wave merupakan sebuah pagelaran lintas budaya dan etnis. Acara tahunan ini menjadi nilai implementasi dari asimilasi budaya yang ada. Beberapa acara unggulan di dalamnya meliputi pertunjukan seni, pameran instalasi, pelepasan penyu, bazaar, pertemuan komunitas hingga parade lampion.

Sahabat Silir bisa bertolak kemari dengan terbang ke Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang dan bertolak ke wilayah Sungailiat yang berjarak 30 kilometer.

Pada tahun 2018 lalu, acara ini bahkan menunjukan sisi kemeriahannya dengan mendapatkan animo besar dari ribuan wisatawan yang memadati lokasi. Hal ini bahkan bisa dilihat dari keberadaan pengunjung yang tidak bubar begitu saja saat hujan mengguyur sekitar venue.

Kesan atraktif dan edukatif nampak tersirat dari berbagai keseruan yang digelar. Beberapa pertunjukan antar bangsa yang ditampilkan pada tahun lalu diantaranya berasal dari Amerika Serikat, Argentina, Venezuela dan Hongaria.

Berbagai hiburan seperti musik dan tari yang berasal dari berbagai kebudayaan disuguhkan di dalamnya. Event ini mengajarkan banyak masyarakat untuk membuka mata terhadap budaya di berbagai penjuru.

Acara yang digelar selama dua minggu tersebut juga turut menyertakan seniman terbaik dari dalam negeri hingga mancanegara. Tak main-main, musik yang disajikan mendapatkan sentuhan aransemen yang unik dan menarik serta dikolaborasikan dengan tari kontemporer.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bahkan telah menyatakan dukungannya terhadap event ini. Oleh karenanya, beliau memberikan instruksi kepada jajarannya untuk membantu kelancaran situasi festival bertaraf internasional tersebut.

Mengunjungi Bangka, wisatawan tak hanya diajak untuk menyaksikan kemeriahan acara yang berlangsung tetapi juga menyoroti keindahan berbagai destinasi di sekitarnya. Beberapa destinasi yang patut kunjung tersebut diantaranya adalah Pantai Rambak dan Danau Kaolin.

Perjalanan Sahabat Silir menuju Bangka Culture Wave dipastikan akan menjadi sebuah satu paket keseruan yang bisa dirasakan sekaligus. Hal tersebut bahkan bisa terlihat sejak Sahabat Silir menginjakan kaki di tempat ini.

Sepanjang perjalanan, mata Sahabat Silir akan dimanjakan dengan pemandangan sungai-sungai besar, jembatan, hingga rumah-rumah tradisional. Jangan lewatkan juga untuk mencicipi kuliner lezat dan murah yang banyak dijajakan di bazaar. (AS)

Tag: Bangka Culture Wave, Agenda Wisata Bangka, Acara Implementasi Budaya, Event Pariwisata 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here