Keunikan Pulau Jeju Dibandingkan Tempat Lainnya di Korea Selatan

Menurut Wikipedia, daratan mandiri ini merupakan satu-satunya wilayah yang memiliki otonomi khusus di Negeri Ginseng tersebut.

Sahabat Silir yang gemar menonton drama Korea, pastinya sudah tak asing lagi dengan nama Pulau Jeju atau Jeju-do yang kerap disebut-sebut sebagai pulau wisata terindah di Korea Selatan. Menurut Wikipedia, daratan mandiri ini merupakan satu-satunya wilayah yang memiliki otonomi khusus di Negeri Ginseng tersebut.

Ada banyak hal menarik di dalamnya yang bisa dijadikan alasan untuk menyegerakan kunjungan ke tempat ini. Berikut kami bagikan beberapa daya tarik dari pulau yang kini diresmikan sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia:

1
Iklim Bersahabat

Korea Selatan merupakan negara beriklim subtropis dengan empat musim di dalamnya, termasuk diantaranya adalah musim dingin. Anehnya, jelang musim dingin suhu udara di sekitarnya tidak mengalami penurunan terlalu ekstrim.

Oleh karenanya, musim dingin bisa jadi waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat yang juga dijuluki sebagai ‘Pulaunya Para Dewa’ ini dalam keadaan lengang.

2
Bebas Visa di Pulau Jeju

Tips Pengajuan Visa
Tips Pengajuan Visa

Sahabat Silir mungkin ingin segera berlibur ke luar negeri, tetapi tak sempat mengurus visa. Tak perlu khawatir, pasalnya pulau ini tetap bisa dikunjungi tanpa memerlukan dokumen tersebut.

Caranya adalah dengan melakukan penerbangan ke sejumlah tempat bebas visa yang melayani penerbangan langsung ke pulau ini. Beberapa diantaranya adalah transit ke Hongkong atau Kuala Lumpur.

3
Terdapat Profesi Haenyeo

Jangan terkejut jika pada beberapa tempat di pesisir Pulau Jeju, Sahabat Silir akan menyaksikan para wanita tangguh yang menyelam demi mencari hasil tangkapan laut. Para wanita-wanita tersebut dikenal sebagai Haenyeo yang berarti ‘wanita laut’.

BACA JUGA: 5 Pantai Untuk Menghabiskan Liburan Tak Terlupakan di Pulau Jeju

Hebatnya mereka mampu menyelam hingga kedalaman dua meter sambil menahan nafas selama 2 menit. Tak kalah menakjubkan, musim dingin bahkan tak menghentikan aktivitas penyelaman mereka.

4
Sentra Penghasil Jeruk

Jeju-do terkenal juga sebagai sentra penghasil jeruk yang dikenal dengan nama hallabong. Jenis jeruk ini memiliki rupa sedikit lonjong seperti lemon. Dari segi rasa, hallabong tidak memiliki biji dan disebut-sebut memiliki tingkat kemanisan 16 kali lipat dari buah jeruk pada umumnya.

Selain dijual buahnya saja, hallabong juga diolah menjadi aneka produk lainnya seperti teh, wine, coklat, permen, hingga kue-kue manis. Selain untuk dikonsumsi, jeruk yang satu ini juga sering dicampurkan sebagai bahan kosmetik karena diklaim sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit.

5
Wisata Alam yang Beragam

pulau jeju

Pulau Jeju memiliki bentang alam yang cukup beragam, dimulai dari pantai, pegunungan, kawasan perbukitan, hutan, dan masih banyak lagi. Pulau ini juga merupakan rumah bagi sejumlah situs warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO.

BACA JUGA: Melihat Lebih Dekat Pesona Alam dan Nilai Sakral Pulau Jeju

Apabila bertandang kemari, Sahabat Silir bisa mengagumi keagungan Hallasan yang merupakan gunung terbesar di Korea Selatan. Tak hanya itu, terdapat juga wisata alam menarik lainnya seperti Goa Manjanggul, Tebing Jusangjeolli yang spektakuler, menikmati panorama di kawah Seolsang Ilchubong, dan masih banyak lagi.

6
Kuliner Seafood yang Melimpah

Lokasi Jeju yang dikepung dengan banyaknya pesisir memungkinkan warganya menggantungkan hidupnya dari hasil tangkapan laut. Hal ini pastinya merupakan kabar gembira bagi Sahabat Silir yang gemar dengan kuliner laut.

Nikmati juga beberapa jenis hidangan seafood yang mungkin jarang ditemui di Indonesia. Diantaranya adalah kerang abalon yang biasa diolah menjadi hidangan bubur.

Pulau Jeju juga diselubungi dengan banyak legenda mistis yang menjadi nilai jual pariwisatanya. Sempatkan juga untuk berfoto di patung Dol Hareubang yang jadi ikon pulau ini.

Uniknya terdapat kepercayaan, jika menggosok telinga patung ini Sahabat Silir akan dikaruniai anak perempuan, sementara jika menggosok bagian hidung dipercaya bisa mendapatkan anak laki-laki. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Resmi Dibuka JPO Sudirman Tawarkan Pengalaman Berbeda Saat Melewatinya

Gubernur Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembukaan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Sudirman pada Kamis 28 Februari kemarin. Ada tiga JPO yang diresmikan pada tanggal tersebut, JPO...

5 Kuliner Ini Wajib Dicicipi Saat Berkunjung ke Pattaya

Sibuk Liburan - Sepertinya halnya Bali, Pattaya merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang populer untuk dikunjungi di wilayah Asia Tenggara. Berada di Provinsi...

5 Hal yang Membuat Wisatawan Tak Sabar Ingin Mengunjungi Hainan

Sibuk Liburan - Bukan rahasia umum lagi, jika Pulau Hainan kini mulai dilirik oleh wisatawan dari mancanegara. Sejarahnya yang kelam sebagai pulau...

Pakai Toilet di Taman Sari Yogyakarta Bisa Bayar Lewat Aplikasi

Toilet merupakan fasilitas vital yang harus selalu tersedia, terutama di kawasan wisata. Namun begitu, jenis toilet berstandar internasional terbilang masih sulit untuk ditemukan di sejumlah...

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Bikin Melancong ke Kalteng Semakin Asyik

Sibuk Liburan -Sahabat Silir berencana traveling ke Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam waktu dekat? Sibuk Liburan menyarankan untuk bertandang ke propinsi tersebut pada...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!