5 Hidangan Kuliner Raja Ampat yang Unik tapi Bergizi Tinggi

Sibuk Liburan – Raja Ampat merupakan salah satu kluster bahari tersohor yang ada di wilayah timur Indonesia. Keindahan gugusan kepulauan yang berpadu dengan kekayaan biota lautnya menjadikan tempat ini sebagai salah satu surga tercantik yang ada di Indonesia.

Destinasi wisata yang satu ini sangat direkomendasikan kepada Sahabat Silir yang suka kegiatan menyelam sambil menikmati pemandangan di bawah laut. Tak hanya keindahan tempatnya yang memukau, Raja Ampat juga menawarkan beberapa keunikan termasuk kulinernya.

Berikut adalah lima kuliner khas Raja Ampat yang unik dan menarik tetapi juga bergizi tinggi:

Cacing Laut

Apa Sahabat Silir pernah membayangkan menyantap sepiring cacing yang diracik dengan rempah khas Indonesia. Pada beberapa daerah di Indonesia, sajian cacing laut insonem cukup lumrah untuk dikonsumsi seperti di daerah Lombok. Makanan yang satu ini begitu populer terutama di wilayah Kepulauan Ayau, Papua utara.

Meski bentuknya sedikit menyerupai cacing tanah, tetapi cacing ini memiliki protein yang tinggi. Bahan makanan ini diyakini sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan menambah vitalitas bagi kaum pria. Cacing laut kerap diolah dengan cara disate, bumbu balado, rica-rica atau digoreng kering.

Sate Ulat Sagu

Sate Ulat Sagu
Sate Ulat Sagu – Sumber: Tribun Travel – Tribunnews.com

Kuliner khas yang satu ini juga tak kalah unik dan mengundang penasaran banyak wisatawan untuk mencicipinya meski cukup ekstrim, yaitu ulat sagu atau biasa disebut warga setempat sebagai “Koo”.

Seperti halnya cacing laut, ulat sagu ini juga kaya akan protein dan rendah kolesterol. Koo bisa dimakan mentah-mentah atau dimatangkan dengan cara disate. Makanan yang satu ini diklaim dapat membuat tubuh lebih berenergi.

Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Sepintas makanan penganan yang satu ini jika dilihat dengan seksama memiliki bentuk menyerupai lem. Papeda memiliki tekstur putih bening dan kental yang terbuat dari tepung sagu. Seperti yang kita ketahui, sagu merupakan salah satu makanan pokok di Papua. Hidangan papeda berfungsi layaknya nasi.

BACA JUGA: 5 Hal Menarik yang Membuat Raja Ampat Patut Dikunjungi

Biasanya hidangan ini disajikan bersama masakan ikan kuah kuning sebagai pelengkap. Meski awalnya terasa canggung, beberapa orang diluar daerah Papua mengakui ketagihan dengan santapan yang satu ini. Beberapa jenis ikan yang umumnya digunakan dalam pembuatan kuah kuning adalah tongkol, mubara, kakap, tuna, ekor kuning dan beberapa jenis ikan laut lainnya.

Martabak Sagu

Martabak manis mungkin adalah salah satu kudapan atau cemilan yang memang umum ditemukan di sejumlah wilayah di Indonesia. Di Papua tepatnya Raja Ampat, Sahabat Silir dapat menemukan martabak manis dengan bahan lokal yang tak lain adalah martabak sagu.

Martabak ini dibuat dari sagu yang telah dihaluskan dan digoreng dengan tambahan gula aren atau gula merah sebagai pemanisnya. Kue yang satu ini sangat cocok disantap sebagai makanan penutup untuk menetralisir rasa gurih di lidah.

Udang Selingkuh

Udang Selingkuh Raja Ampat
Udang Selingkuh Raja Ampat – Sumber: ResepNusantara.id

Udang memang makanan yang sangat umum ditemui hampir di seluruh penjuru dunia. Namun yang membedakan udang khas Papua ini dengan udang lainnya adalah namanya yang mungkin sedikit ganjil dan mengundang rasa penasaran, yaitu udang selingkuh.

Penamaan makanan ini berasal dari besarnya capit udang yang menyerupai kepiting, sehingga diumpamakan udang tersebut adalah hasil perselingkuhan dengan kepiting. Menurut orang-orang, sensasi memakan hidangan yang satu ini bagaikan memakan udang dan kepiting dalam satu sajian.

Demikianlah beberapa kuliner unik dan khas yang ada di Raja Ampat. Apabila Sahabat Silir berkunjung ke sana, jangan lupa untuk menyempatkan mencicipi salah satunya. Beberapa makanan tersebut cukup langka untuk ditemukan di luar Papua, oleh karena itu tidak ada salahnya mencicipi salah satunya saat sedang berkunjung ke sana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Baru Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? Yuk Simak Tips Berikut!

Berlibur ke luar negeri menjadi impian banyak orang, setidaknya sekali seumur hidup. Bertemu dengan banyak etnis lain, melihat pemandangan alam yang berbeda...

Dream Museum Zone Bali Gudangnya Mural Ilusi 3D

Bagi Sahabat Silir pecinta background instagramable, kini pulau Bali memiliki salah satu tempat yang mampu menawarkan spot memukau untuk para pecinta swafoto....

6 Tips Agar Anak Tak Bosan di Pesawat

Berlibur naik pesawat memang seru sekaligus menyenangkan. Menanti detik-detik pesawat naik, disuguhi makanan enak dan menunggu saat pesawat mendarat menjadi hal yang dinanti.

Catat! Operasional Singapore Airlines Sekarang Beralih ke Terminal 3 Soekarno-Hatta

Sibuk Liburan - Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, semakin mengukuhkan diri sebagai bandara berkelas internasional. Sejak Mei 2017, relokasi maskapai rute...

Masjid Raya Sulawesi Selatan Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Sibuk Liburan - Sulawesi Selatan bakal memiliki destinasi wisata, khususnya wisata religi baru. Adalah Masjid Raya Sulawesi Selatan yang bakal menjadi destinasi wisata baru...

Terbaru

Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan, 156 Kasus Telah Ditemukan

Virus Corona masih menjadi perbincangan panas, utamanya di kawasan Asia Timur. Hal ini mengingat virus tersebut bersangkar di Wuhan, China yang merupakan...

Cerita Batik Air yang Ditugaskan Menjemput WNI di Wuhan

Virus corona yang mulai merebak dari Wuhan, China telah menjadi topik panas dalam beberapa waktu belakangan. Munculnya virus yang bersumber dari hewan...

Jangan Tertukar! Inilah Perbedaan Tower Bridge London dan London Bridge

Inggris masih menjadi primadona wisata ke luar negeri banyak banyak wisatawan, termasuk wisatawan asal Indonesia. Banyaknya destinasi wisata yang menarik menjadi alasan...

Waduh, Pulau di Jepang Ini Terlarang Bagi Wanita!

Jepang terkenal dengan banyak pulaunya. Namun, ada satu pulau di Negeri Sakura tersebut yang unik, karena terlarang bagi wanita. Namanya adalah Pulai...

Desa Tradisional ‘Korean Folk Village’, Cocok untuk Wisata Keluarga

Mengenalkan budaya tradisional Korea melalui pertunjukan seni, kelas budaya, pengalaman hidup tradisional dan lain sebagainya, membuat tempat wisata Korean Folk Village ini...
Translate »
WhatsApp Chat via WhatsApp