Lakukan 5 Tips Berikut Untuk Menyiasati Tarif Bagasi Pesawat

Pada beberapa waktu lalu, sejumlah penumpang maskapai penerbangan mulai dihebohkan dengan kabar pemberlakukan tarif bagasi untuk maskapai jenis Low Cost Carrier (LCC).

Dalam pencanangannya, hal ini bahkan menuai cukup banyak polemik terutama di kalangan penumpang. Sejumlah penumpang bahkan menganggap pemberlakuan tersebut tak ubahnya seperti membeli harga tiket pesawat dengan jenis Full Service Airlines.

Namun begitu, sejumlah maskapai seperti Lion Air sudah mulai menerapkan aturan baru tersebut sejak 8 Februari 2019 lalu. Pemberlakuan ini diharapkan akan diikuti oleh maskapai dari jenis kelompok pelayanan No frill Service lainnya seperti, Air Asia, Citilink, Wings Air, hingga Susi Air.

Akan tetapi, Sahabat Silir tak perlu khawatir dengan pemberlakuan tersebut. Sejumlah kiat masih bisa Sahabat Silir lakukan untuk menghindari tarif bagasi yang melampaui batas, yaitu sebagai berikut:

Tarif Bagasi Pesawat
Tarif Bagasi Pesawat

1
Gunakan Sistem Pre-paid Baggage

Usahakan melakukan pembelian tiket bagasi maksimal 6 jam jelang keberangkatan. Sahabat Silir juga bisa membeli voucher bagasi secara online melalui website maskapai terkait atau pun agen perjalanan.

Pembelian tiket bagasi bisa dilakukan bersamaan dengan pembelian tiket (issued ticket) ataupun sesudah pembelian tiket (tidak termasuk enam jam sebelum keberangkatan). Potongan harga yang diberikan bahkan diklaim bisa mencapai 40% pada maskapai tertentu.

2
Ketahui Aturan Tiap Maskapai

Perhatikan aturan maskapai yang akan dinaiki. Setiap maskapai memiliki aturan dan tarif bagasinya masing-masing. Aturan tersebut meliputi durasi, bobot dan dimensi barang bawaan, hingga rute yang ditempuh.

3
Lakukan Penimbangan dan Sortir

Setelah mengetahui aturan dan tarif jenis maskpai yang akan dinaiki, ada baiknya sebelum keberangkatan Sahabat Silir melakukan penimbangan barang bawaan yang akan dibawa agar tidak melebihi kapasitas yang ditetapkan. Lakukan juga penyortiran barang bawaan yang harus dibawa atau pun tidak.

4
Ikuti Milis Maskapai

Setiap maskapai umumnya memiliki milisnya masing-masing. Milis sendiri merupakan sebuah perkumpulan di internet untuk mengadakan forum diskusi atau berbagi informasi kegiatan yang terkait dengan tema perkumpulan. Tak hanya bisa hemat tarif bagasi saja, tetapi Sahabat Silir juga bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah.

5
Gunakan Jasa Ekspedisi

Untuk membawa sejumlah barang di luar kapasitas yang ditetapkan, ada baiknya Sahabat Silir mempertimbangkan untuk menggunakan jasa kurir ekspedisi. Sahabat Silir  bisa membandingkan tarif keduanya sebelum menjatuhkan pilihan pengiriman.

Tarif bagasi untuk maskapai jenis LCC yang diberlakukan sesuai Aturan Pemerintah pasal 22 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan dari masing-masing maskapai.

Meski begitu, penumpang juga tetap mendapatkan jatah kapasitas bagasi secara gratis bersamaan harga tiket yang telah dibeli. Lebih jelasnya, muatan kapasitas jatah bagasi disesuaikan dengan aturan dan ketentuan masing-masing maskapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru