Lebih Dekat Mengenal Blue Mosque, Salah Satu Ikon Wisata Turki

0
344
Blue Mosque

Turki merupakan salah satu negara tujuan wisata dunia. Di negara yang berada di dunia benua—Asia dan Eropa ini, terdapat banyak tempat tujuan wisata dari  beragam genre, mulai dari yang bernuansa religi, alam, budaya, arsitektur, kuliner, hingga shopping atau belanja. Salah satu tempat yang menjadi primadona wisata negara ini adalah Blue Mosque alias Masjid Biru.

Tak sekedar menyuguhkan nuansa religi, masjid ini juga menjadi tujuan wisata para pelancong mancanegara lantaran keunikan arsitekturnya. Disebut masjid biru lantaran masjid ini jika dilihat memang berwarna biru. Hal tersebut merupakan imbas dari digunakannya keramik-keramik dan kubah yang berwarna biru.

Masih berdiri kokoh hingga kini, usia Blue Mosque sebenarnya tak lagi muda. Bangunan untuk ibadah umat Muslim ini dibangun pada masa Sultan Ahmed 1 dari masa dinasti Ottoman pada abad 14 silam. Meski demikian, masjid ini baru selesai dibangun pada 1616 M silam.

Awalnya masjid ini memiliki 6 menara. Namun, konon Sultan Ahmed 1 mendapat kritikan karena membangun masjid itu dengan jumlahmenawa yang sama seperti Masjidil Haram di Mekkah. Menyikapi kritikan tersebut, ia lantas menyumbang biaya pembuatan menara ke-7 di Masjidil Haram.

Tampak megah dengan 6 menara, Masjid Biru semakin terlihat gagah dengan diameter kubah berdiameter 23,5 meter, tingi kubah 43 meter dan kolom beton berdiameter 5 meter.

Dintinjau dari segi sejarah, masjid tersebut sengaja didirikan oleh Sultan Ahmed 1 sebagai tandingan Hagia Sophia yang dibuat oleh kaisar Byzantine, yaitu Constantinople. Hagia Sophia dulunya adalah Gereja Byzantine sebelum akhirnya jatuh ke tangan Turki Ottoman pada 1453 M. Sementara itu, untuk mengunjungi ini para turis diminta mengenakan pakaian yang sopan. Khusus bagi wanita diharuskan mengenakan kerudung. Saat memasuki masjid ini, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan arsitektur dalam masjid yang tak kalah megah dengan sisi luarnya. Oleh karena itu, saat ke Turki pastikan Sahabat Silir memasukkan Blue Mosque dalam daftar destinasi wisata. Selamat jalan-jalan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here