Liburan ke Luar Negeri: Pergi Sendiri atau Dengan Paket Wisata?

Kira-kira mana yang lebih enak ya? Liburan merencakan sendiri atau menggunakan biro perjalanan?

0
218
paket wisata

Libur akan tiba! Waktunya beristirahat sejenak dari rutinitas selama ini. Mau jalan-jalan di dalam negeri atau luar negeri? Semua terserah keinginan dan disesuaikan dengan kantong masing-masing, bukan?!

Zaman sekarang, segala aktivitas terkait liburan sudah dipermudah. Ingin pesan tiket dan akomodasi, ada beragam aplikasi yang bisa membantu Sahabat Silir membeli dan membayar tiket.  Canggihnya teknologi informasi memudahkan kita juga mencari informasi mengenai tempat yang ingin dikunjungi.

Asuransi Travel

Kira-kira mana yang lebih enak ya? Liburan merencakan sendiri atau menggunakan biro perjalanan? Beragamnya paket wisata yang ditawarkan sejumlah biro perjalanan, mungkin membuat Sahabat Silir juga bingung dalam memilih.

Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa benar backpacker selalu lebih murah dan lewat biro perjalanan selalu mahal?  Hal ini pun bersifat relatif.

BACA JUGA: Tempat Wisata Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Liburan  dengan jasa biro perjalanan jelas lebih terstruktur karena sudah direncanakan destinasi mana saja yang akan dikunjungi. Istilahnya, Sahabat Silir tinggal duduk manis jika menggunakan jasa agen perjalanan.  Semua jadwal kunjungan sudah terencana. 

Jika Sahabat Silir ingin menjelajah ke tempat wisata yang tidak umum (anti-maisntream), maka tidak disarankan menggunakan jasa biro perjalanan.

Soal akomodasi,  dengan backpacker Sahabat Silir bisa menentukan mau menginap di mana (sesuai kemampuan). Mau di hostel atau rumah penduduk, atau menginap di hotel mewah bisa saja diputuskan sendiri. Berbeda dengan paket wisata, semua sudah ditetapkan akan menginap dimana (terlebih biro perjalanan umumnya juga punya kontrak dengan hotel-hotel tertentu).

Apa travelling ala backpacker selalu lebih murah? Tidak juga. Misalnya?

Niatnya memang menghemat biaya. Namun, dalam kenyataanya tidak selalu mulus. Misalnya, Sahabat Silir hanya berdua ke Pulau Komodo sementara sewa satu boat seharga Rp5 juta. Nah, misal ingin bersama dengan backpacker lain, apa yakin ada pelancong di hari yang sama ingin ke tempat yang sama dengan Sahabat Silir?

Lagipula banyak loh travel agent yang menawarkan promo menarik ke beberapa destinasi. Wisata ke Propinsi Hainan di China misalnya, hanya menghabiskan kurang dari Rp 5 juta.

Lalu lebih enak mana ya?

Kembali ke selera Sahabat Silir. Jika ingin menjadi solo traveler, boleh saja. Namun, Sahabat Silir harus punya bekal informasi cukup mengenai tempat yang akan dikunjungi, budayanya, apa kendala ke tempat tersebut, moda transportasi dan sebagainya.

Berlibur dengan agen wisata memungkinkan Sahabat Silir mengenal banyak orang baru dengan beragam karakter yang ikut bersama Sahabat Silir. Bisa jadi salah satu dari mereka nantinya bisa menjadi sahabat atau mungkin jodoh? Tak ada yang tahu bukan?!

Satu hal yang pasti, liburan adalah pengalaman yang tak terbeli dan tak bisa didapatkan di sekolah. Rencanakan liburan Sahabat Silir sebaik mungkin agar meninggalkan kesan manis. Libur sendirian atau dengan agen perjalanan sama serunya kok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here