Tujuh Makanan Musim Dingin Jepang Ini Bantu Menghangatkan Tubuh

Musim dingin di Jepang adalah waktu yang tepat untuk menyantap kuliner yang mampu menghangatkan tubuh.

Sibuk Liburan – Musim dingin di Jepang adalah waktu yang tepat untuk menyantap kuliner yang mampu menghangatkan tubuh. Beberapa menu lezat dan sehat cukup banyak tersedia pada musim ini.

Menariknya beberapa bahan tersebut memiliki sedikit kemiripan dengan sajian olahan yang biasa dihidangkan di rumah-rumah atau pinggiran jalan Indonesia. Berikut adalah tujuh menu khas musim dingin di Jepang yang dijamin bisa membuat Sahabat Silir tidak menyesal datang berlibur saat musim tersebut:

1
Yakiimo

Yakiimo adalah ubi jalar bakar yang dijajakan di pinggir jalan dengan menggunakan truk. Jajanan yang satu ini adalah salah satu kudapan yang umum ditemui jelang musim gugur dan dingin.

Ubi bakar memang merupakan salah satu cemilan yang cukup populer di negara-negara Asia Timur saat musim-musim tersebut. Makanan yang satu ini mungkin akan mengingatkan Sahabat Silir akan nikmatnya menyantap ubi bakar Cilembu di tengah udara dingin.

2
Tori Zosui

Di Indonesia bubur ayam merupakan hidangan yang mudah ditemui dan lumrah disantap saat pagi hari. Ternyata Negeri Matahari Terbit ini juga memiliki sajian menu yang nyaris serupa, yaitu Tori Zosui.

Hal yang membuat makanan ini begitu khas adalah, beras dimasak bersamaan dengan kaldu ayam yang dijamin akan membuat rasanya begitu gurih.

BACA JUGA: https://sibukliburan.id/musim-dingin-di-hokkaido/

Terkadang beberapa orang Jepang juga memasaknya dengan menggunakan kaldu dashi yang berasal dari konbu (sejenis rumput laut). Makanan ini disajikan dengan potongan daging ayam dan taburan daun bawang.

3
Oden

Jepang dikenal memiliki berbagai jenis otak-otak ikan atau yang juga kerap disebut fish cake. Oden merupakan fish cake rebus yang kadang disajikan dengan tambah topping lain seperti sayuran-sayuran dan daging. Kuah yang digunakan untuk merebus berasal dari kaldu dashi dan kecap Jepang.

Namun, pada daerah tertentu, kaldu sapi juga tak jarang digunakan. Cita rasa dan tingkat kegelapan kuahnya biasanya berbeda-beda juga pada tiap daerah.

4
Mizutaki

Menu yang satu ini berasal dari daerah Fukuoka Jepang, tetapi diyakini merupakan hasil perpaduan masakan China dan Barat. Makanan yang satu ini boleh dibilang sebagai sop ayam khas Jepang.

Selain ayam, ragam isian seperti jamur, mochi, tofu, kembang kol, sawi putih juga biasa dicemplungkan ke dalamnya. 

5
Ramen

Ramen merupakan salah satu mie kuah ala Jepang yang cukup mendunia dan begitu mudah ditemukan di restoran Jepang Tanah Air. Ramen memiliki ragam penyajian dengan topping dan jenis kuah yang berbeda-beda. Pastinya tidak akan sulit untuk menemukan makanan yang satu ini pada musim apapun di Jepang.

6
Zoni

Mochi tidak hanya terkenal dijadikan kudapan manis saja. Nyatanya di Jepang, kudapan kenyal berbahan dasar tepung beras ini juga bisa diolah secara gurih. Pengolahannya pun berbeda-beda, ada yang membakar mochi terlebih dahulu atau merebusnya secara langsung.

Bahan utama kuahnya adalah kaldu bonito dashi yang dicampur dengan miso. Miso sendiri merupakan bumbu khas Jepang yang terbuat dari fermentasi dari kedelai.

7
Yudofu

Yudofu adalah sup berbahan dasar tofu lembut ala Jepang yang direbus bersamaan dengan sayur-sayuran lainnya seperti jamur atau wortel. Kuahnya yang berwarna putih berasal dari susu kedelai. Makanan yang satu ini sangat menyehatkan dan cocok untuk vegetarian karena tidak mengandung unsur hewani.

Menghabiskan musim dingin di Jepang bisa memberikan sensasi waktu berlibur yang berbeda dengan yang lainnya. Meski pada suhu yang bisa mencapai dibawah minus derajat celcius, Sahabat Silir bisa menemukan berbagai cara untuk menikmati musim dingin termasuk melalui makanannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

7 Sajian Gurih Khas Turki Ini Bisa Membuat Lapar

Berlibur ke Turki, tentunya Sahabat Silir tidak ingin melewatkan untuk mencicipi sejumlah kuliner yang ada di negara ini. Kuliner khas Turki umumnya memiliki perpaduan...

Oh, Keramas Ternyata Tabu Saat Imlek

Tahun Baru China telah tiba, seluruh etnis Tionghoa di mana pun di dunia ini tengah bersuka cita merayakan hari besar. Tak hanya...

Buku Harian Jurnalis Ramah Pariwisata, Pedoman Bagi Pers dan Netizen

Sibuk Liburan - Pada 7 Februari 2019 lalu, kementerian pariwisata bekerja sama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk meluncurkan sebuah buku...

Jalan-jalan ke Qufu, Kota Asal Kelahiran Konfusius

Berwisata ke China tanpa mengulik situs-situs peninggalan sejarah tentu ada yang kurang. Negera bekas kerajaan yang kini merajai ekonomi dunia ini menyimpan segudang kisah perjalanan...

Tujuh Makanan Musim Dingin Jepang Ini Bantu Menghangatkan Tubuh

Sibuk Liburan - Musim dingin di Jepang adalah waktu yang tepat untuk menyantap kuliner yang mampu menghangatkan tubuh. Beberapa menu lezat dan...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!