Makanan Musim Gugur yang Banyak ditemui di Korea Selatan

Jelang September atau Oktober, negara ini biasanya akan mulai memasuki musim gugur.

Pada negara empat musim umumnya beberapa jenis makanan dapat banyak ditemukan pada waktu-waktu tertentu, tak terkecuali di Korea Selatan. Jelang September atau Oktober, negara ini biasanya akan mulai memasuki musim gugur.

Beberapa hasil panen hingga hasil tangkapan laut mulai banyak ditemuka saat musim tersebut. Berikut ini adalah beberapa santapan yang bisa ditemukan dari negerinya K-pop saat musim gugur:

5 Makanan Musim Gugur di Korea Selatan

1
Kepiting Biru

Makanan Musim Gugur yang Banyak ditemui di Korea Selatan 6

Kepiting ini memiliki cangkang berwarna kebiruan yang membuatnya mirip dengan rajungan. Hewan ini banyak ditemukan pada musim semi dan musim gugur.

Saat musim semi, kepiting biru jenis betina menjadi favorit untuk dikonsumsi oleh orang-orang. Namun saat musim gugur, giliran jenis jantan yang menjadi primadona.

2
Ikan Gizzard Shad

Makanan Musim Gugur yang Banyak ditemui di Korea Selatan 7

Ikan laut yang satu ini memiliki bentuk yang sedikit mirip dengan ikan tawes di Indonesia. Terdapat peribahasa populer yang mengatakan bahwa “wangi panggangan ikan gizzard shad sampai-sampai bisa membuat kembali menantu perempuan yang kabur”.

Saat musim gugur, ikan-ikan ini akan menyimpan banyak nutrisi dan lemak dalam tubuhnya untuk persiapan memasuki musim dingin. Oleh karena proses alamiah tersebut, ikan ini memiliki cita rasa yang lebih nikmat untuk di santap saat musim gugur.

3
Buah Apel, Pir, dan Kesemek

Makanan Musim Gugur yang Banyak ditemui di Korea Selatan 8

Musim gugur di Korea adalah waktunya panen untuk beberapa jenis buah-buahan seperti apel, pir, dan kesemek. Pada musim tersebut ketiga jenis buah tersebut akan memiliki rasa yang lebih manis dan berair dibanding musim lainnya.

4
Udang Jumbo

Makanan Musim Gugur yang Banyak ditemui di Korea Selatan 9

Musim gugur di Korea Selatan juga menjadi waktunya tangkapan udang besar. Daging dari udang akan terasa lebih manis saat ditangkap pada bulan September hingga Desember.

Untuk menyantapnya, Sahabat Silir bisa memilihnya untuk memakan dalam keadaan segar, dipanggang, atau digoreng dengan baluran tepung.

5
Songpyeon

Makanan Musim Gugur yang Banyak ditemui di Korea Selatan 10

Songpyeon merupakan manisan warna warni bertekstur kenyal. Kulit luarnya terbuat dari adonan tepung beras atau ‘tteok’, lalu isiannya biasanya terbuat dari pasta kacang merah atau tumbukan biji wijen yang dicampur dengan madu.

Songpyeon umumnya berbentuk bulan sabit, tetapi tak jarang juga dibentuk menyerupai bunga. Kue ini merupakan salah satu hidangan penting yang harus ada saat Chuseok–festival panen musim gugur yang diadakan pada hari ke-15 bulan 8.

Saat proses pematangan, songpyeon akan dikukus dengan dialasi daun pinus jarum untuk memberikan aroma segar yang khas pada makanan yang satu ini.

Musim gugur juga menjadi waktu yang tepat dimana beberapa jenis jamur tumbuh di sekitarnya. Jamur pinus adalah salah satu jenis jamur terbaik yang diyakini oleh orang Korea berkhasiat mencegah kanker dan penyakit perut. Oleh karenanya, berkunjung ke Korea Selatan saat musim gugur adalah waktu yang tepat untuk kegiatan icip-icip makanan. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

4 Tempat Wisata Alam Terfavorit di Solo dan Sekitarnya

Bali memang primadona wisata Indonesia. Lombok memang memikat banyak mata datang kepadanya. Namun, Solo tak kalah mempesona. Kondang dari sisi historisnya—lantaran keberadaan...

5 Makanan Khas Musim Gugur dari Berbagai Negara

Musim gugur memang dikenal sebagai saat yang tepat untuk bersantap banyak. Hal ini didukung dengan panen bahan Makanan Khas Musim Gugur yang...

5 Kuliner Kunming yang Dijamin Langsung Bangkitkan Nafsu Makan

Berbicara soal destinasi wisata, memang tak bisa dilepaskan dari kegiatan perburuan kuliner yang menyertainya. Kota Kunming di Yunnan, Tiongkok juga tak ketinggalan dalam menawarkan hidangan...

5 Hidangan Kuliner Raja Ampat yang Unik tapi Bergizi Tinggi

Sibuk Liburan - Raja Ampat merupakan salah satu kluster bahari tersohor yang ada di wilayah timur Indonesia. Keindahan gugusan kepulauan yang berpadu dengan kekayaan...

AirAsia Pusat Operasi Terbaru di Lombok

Sibuk Liburan - Maskapai AirAsia mengumumkan hub atau pusat operasi terbarunya di Indonesia. Kali ini, lokasi yang dipilih adalah Lombok, Nusa Tenggara...

Terbaru

Shilin Market, Pasar Malam Terbesar dan Terbaik di Taiwan

Apakah Sahabat Silir tengah merencanakan liburan ke Taiwan dalam waktu dekat?! Jika iya, ke mana saja destinasi yang ingin ditujun?

Gede! Inilah Deretan Bandara Terbesar di Indonesia

Indonesia dalam beberapa tahun belakang terus melakukan pembenahan infrastruktur. Salah satu yang menjadi fokus penggeberan di sektor tersebut adalah bandara.

Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan, 156 Kasus Telah Ditemukan

Virus Corona masih menjadi perbincangan panas, utamanya di kawasan Asia Timur. Hal ini mengingat virus tersebut bersangkar di Wuhan, China yang merupakan...

Cerita Batik Air yang Ditugaskan Menjemput WNI di Wuhan

Virus corona yang mulai merebak dari Wuhan, China telah menjadi topik panas dalam beberapa waktu belakangan. Munculnya virus yang bersumber dari hewan...

Jangan Tertukar! Inilah Perbedaan Tower Bridge London dan London Bridge

Inggris masih menjadi primadona wisata ke luar negeri banyak banyak wisatawan, termasuk wisatawan asal Indonesia. Banyaknya destinasi wisata yang menarik menjadi alasan...
Translate »
WhatsApp Chat via WhatsApp