Makanan Musim Gugur yang Banyak ditemui di Korea Selatan

Jelang September atau Oktober, negara ini biasanya akan mulai memasuki musim gugur.

Pada negara empat musim umumnya beberapa jenis makanan dapat banyak ditemukan pada waktu-waktu tertentu, tak terkecuali di Korea Selatan. Jelang September atau Oktober, negara ini biasanya akan mulai memasuki musim gugur.

Beberapa hasil panen hingga hasil tangkapan laut mulai banyak ditemuka saat musim tersebut. Berikut ini adalah beberapa santapan yang bisa ditemukan dari negerinya K-pop saat musim gugur:

5 Makanan Musim Gugur di Korea Selatan

1
Kepiting Biru

Kepiting ini memiliki cangkang berwarna kebiruan yang membuatnya mirip dengan rajungan. Hewan ini banyak ditemukan pada musim semi dan musim gugur.

Saat musim semi, kepiting biru jenis betina menjadi favorit untuk dikonsumsi oleh orang-orang. Namun saat musim gugur, giliran jenis jantan yang menjadi primadona.

2
Ikan Gizzard Shad

Ikan laut yang satu ini memiliki bentuk yang sedikit mirip dengan ikan tawes di Indonesia. Terdapat peribahasa populer yang mengatakan bahwa “wangi panggangan ikan gizzard shad sampai-sampai bisa membuat kembali menantu perempuan yang kabur”.

Saat musim gugur, ikan-ikan ini akan menyimpan banyak nutrisi dan lemak dalam tubuhnya untuk persiapan memasuki musim dingin. Oleh karena proses alamiah tersebut, ikan ini memiliki cita rasa yang lebih nikmat untuk di santap saat musim gugur.

3
Buah Apel, Pir, dan Kesemek

Musim gugur di Korea adalah waktunya panen untuk beberapa jenis buah-buahan seperti apel, pir, dan kesemek. Pada musim tersebut ketiga jenis buah tersebut akan memiliki rasa yang lebih manis dan berair dibanding musim lainnya.

4
Udang Jumbo

Musim gugur di Korea Selatan juga menjadi waktunya tangkapan udang besar. Daging dari udang akan terasa lebih manis saat ditangkap pada bulan September hingga Desember.

Untuk menyantapnya, Sahabat Silir bisa memilihnya untuk memakan dalam keadaan segar, dipanggang, atau digoreng dengan baluran tepung.

5
Songpyeon

Songpyeon merupakan manisan warna warni bertekstur kenyal. Kulit luarnya terbuat dari adonan tepung beras atau ‘tteok’, lalu isiannya biasanya terbuat dari pasta kacang merah atau tumbukan biji wijen yang dicampur dengan madu.

Songpyeon umumnya berbentuk bulan sabit, tetapi tak jarang juga dibentuk menyerupai bunga. Kue ini merupakan salah satu hidangan penting yang harus ada saat Chuseok–festival panen musim gugur yang diadakan pada hari ke-15 bulan 8.

Saat proses pematangan, songpyeon akan dikukus dengan dialasi daun pinus jarum untuk memberikan aroma segar yang khas pada makanan yang satu ini.

Musim gugur juga menjadi waktu yang tepat dimana beberapa jenis jamur tumbuh di sekitarnya. Jamur pinus adalah salah satu jenis jamur terbaik yang diyakini oleh orang Korea berkhasiat mencegah kanker dan penyakit perut. Oleh karenanya, berkunjung ke Korea Selatan saat musim gugur adalah waktu yang tepat untuk kegiatan icip-icip makanan. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru