Mau Piknik ke Raja Ampat dengan Hemat? Ini Tipsnya!

Tak dipungkiri, letaknya yang berada jauh dari berbagai kota besar di Indonesia bagian barat maupun tengah, membuat tiket ke Raja Ampat mahal. Tapi ada tips murahnya loh!

Kemolekan Raja Ampat memang tak diragukan lagi. Begitu indahnya gugusan pulau-pulau yang ada di Papua Barat itu sampai-sampai ‘menggoda’ setiap traveler untuk menjelajahinya. Sayang, niat tersebut acap kali diurungkan lantaran terhalang oleh biaya yang tinggi.

Ya, tak dipungkiri, letaknya yang berada jauh dari berbagai kota besar di Indonesia bagian barat maupun tengah, membuat tiket ke Raja Ampat mahal. Etz.. Namun tunggu dulu, sebenarnya Sahabat Silir bisa kok tetap pergi ke Raja Ampat dengan hemat.

Bagaimana bisa? Ini tipsnya!

Piknik ke Raja Ampat dengan Hemat

Raja Ampat
Raja Ampat

1
Liburan bersama-sama

Tak dipungkiri solo travel memang mengasyikan, terlebih bagi Sahabat Silir yang berjiwa petualang. Selain tak terbebani ‘memikirkan’ teman piknik, piknik sendiri juga bakal lebih leluasa menjelajahi tempat wisata yang dituju tanpa terpaku waktu.

BACA JUGA: Mengenal Eksotisme Raja Ampat Lewat Festival Bahari

Namun, untuk urusan menjelajah Raja Ampat sebaiknya dilakukan rombongan atau bersama-sama, setidaknya 10 orang. Pasalnya, dengan datang beramai-ramai, Sahabat Silir bisa membagi biaya sewa kapal dan bensin per hari yang mencapai jutaan.

Perlu diketahui jika harga bensin di Raja Ampat jauh lebih mahal, bahkan dua kali lipat dibandingkan dengan harga di Sorong, kota terdekatnya.

2
Rajin berburu tiket pesawat promo

Ingin hemat harus punya banyak siasat!

Nah, menyiasati tiket penerbangan yang mahal menuju Sorong sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat, usahakan untuk mencari tiket promo sejak jauh-jauh harus. Tak hanya dari maskapai penerbangan, tiket promo tak menutup kemungkinan bisa diburu dari sejumlah travel fair atau pameran wisata.

‘Perburuan’ tiket murah barangkali bisa dilakukan sejak 1 tahun sebelum keberangkatan.

3
Naik kapal reguler dari Sorong

Sorong adalah pintu masuk utama ke Raja Ampat. Dari Sorong perjalanan ke Raja Ampat bisa dilanjutkan dengan speedboat, tetapi tentu biayanya selangit! Nah, untuk mengakali agar budget tak membengkakc pilihlah naik kapal reguler yang tiketnya lebih murah, yaitu sekitar Rp 120-an ribu per kepala.

BACA JUGA: 5 Hidangan Kuliner Raja Ampat yang Unik tapi Bergizi Tinggi

Hanya saja, Sahabat Silir perlu mencari informasi terlebih dahulu jadwal keberangkatan perahu tersebut. Informasi yang Sibuk Liburan himpun, kapal reguler dari Sorong ke Raja Ampat berangkat 3 hari sekali, pada hari Senin, Rabu dan Jumat pada pukul 09.00 WIT atau 14.00 WIT.

4
Pintar-pintar memilih tempat menginap

Berlibur di Raja Ampat tak perlu khawatir soal penginapannya. Di kawasan ini banyak ditawarkan tempat menginap yang terjangkau. Sahabat Silir bisa memilih menginap di hotel atau rumah penduduk. Harga sewa home stay rata-rata Rp 250-350, masih terbilang terjangkau untuk ukuran di Raja Ampat.

Demikian beberapa tips agar bisa berjalan-jalan ke Raja Ampat dengan lebih hemat. Terlepas dari hal itu, pastikan Sahabat Silir melancong ke tempat tersebut pada musim yang tepat agar tak terhalang oleh ombak tinggi saat akan menyeberang. Waktu terbaik untuk mengunjungi Raja Ampat adalah bulan September-April. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru