Melihat Kebun Wasabi Daio Matsumoto Di Jepang

Perkebunan daio wasabi farm luasnya 15 hektar,kerap disebut kebun wasabi terluas. Menyusuri tempat ini benar-benar membuat Sahabat Silir lupa akan keramaian kota.

Wasabi Daio Matsumoto – Jika Sahabat Silir bersantap di restauran Jepang, tentu tidak asing dengan sesuatu yang berbentuk pasta hijau yang rasanya sedikit pedas untuk cocolan sushi. Rasa pedasnya berbeda dengan cabai karena rasa si hijau ini bertahan sampai hidung dan tenggorokan. Ya itu namanya wasabi. Namun, seperti apa ya wasabi itu?

Wasabi kerap disebut sebagai lobak Jepang (walau sebenarnya itu keliru). Tanaman ini bagian dari keluarga tumbuhan brassicaceae, yang di dalamnya termasuk kubis dan mustard. Tanaman ini tidak tumbuh di sembarang tempat lho! Wasabi harus ditanam di lahan yang subur, air yang bersih.Wajar saja wasabi asli menjadi langka.

BACA JUGA: Kyoya Ryokan Penginapan Tradisional di Nagoya yang Jepang Banget

Nah, jika penasaran seperti apa wasabi ditanam di negara asalnya, bagaimana mengawetkannya dan sebagainya, Sahabat Silir bisa mengunjungi Perkebunan Wasabi Daio di Perfektur Nagano. Perkebunan nan asri ini pernah jadi lokasi syuting film “Dreams” pada1989.

Wasabi Daio Matsumoto adalah Kebun terluas

Perkebunan daio wasabi farm luasnya 15 hektar,kerap disebut kebun wasabi terluas. Menyusuri tempat ini benar-benar membuat Sahabat Silir lupa akan keramaian kota.

Melihat Kebun Wasabi Daio Matsumoto Di Jepang 1

Sahabat Silir bisa menikmati pemandangan yang indah dengan perahu. Nikmati aliran sungai yang tenang dengan angin semilir. Air sungainya sejuk dan Sahabat Silir akan merasakan hal itu saat mencelupkan tangan ke dalam air.

Di perkebunan ini, kita bisa belajar cara mengawetkan wasabi. Ada workshopnya pula untuk tahu tentang itu.

Periode terbaik mengujungi tempat ini adalah Maret hingga Oktober. Pada dasarnya wasabi dipanen dua tahun sekali, tetapi dengan penjadwalan, tanaman ini bisa dipanen setiap tahun.

Saat masuk, kita bisa melihat hamparan kain hitam menutupi tanah. Tentu penasaran apa maksudnya ini? Ternyata kain hitam ini berfungsi menjaga suhu air dibawah 15 derajat Celcius. Kain ini digunakan sepanjang periode April hingga September agar bisa meredam sinar matahari.

Jika ingin merasakan suasana film”Dreams’ lihatlah pabrik air yang indah itu. Ini sudah ada zaman periode Meiji. Kebun Wasabi Daio Matsumoto ini cocok banget buat foto-foto. Terkesan seperti ada di masa lalu.

Makanan serba wasabi

Nah,setelah menyusuri sungai,kita bisa mencoba beberapa makanan yang menggunakan wasabi. Ya,ada food court yang menghidangkan makanan dan minumanberbahan wasabi. Dari kroket, soba hingga bir. Rasanya enak lho!

Bahkan ada es krim rasa wasabi. Eits,tetapi ini tidak pedas kok. Justru wasabi terasa lembut berpadu dengan manisnya es krim vanilla.

Perkebunan wasabi ini adalah salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan jika berkunjung ke Nagano. Untuk menghindari keramaian, disarankan berkunjung diluar akhir pekan.

Cara membedakan wasabi asli

Nah, setelah dari perkebunan Daio, Sahabat Silir tentu mendapat pengetahuan mengenai wasabi dan seluk beluknya ya. Kira-kira wasabi yang asli yang seperti apa? Kalau yang sering dilihat di restauran Jepang asli tidak?

Kebanyakan restauran Jepang TIDAK menyajikan wasabi asli. Melainkan parutan lobak pedas yang dicampur dengan saus mustard dan diberi pewarna makanan hijau. Lho?

Wasabi Daio Matsumoto

Wajar saja. Proses penanaman wasabi butuh ketelitian tinggi. Dari suhu hingga paparan sinar matahari. Butuh waktu setahun untuk tumbuh sempurna, sehingga wajar saja jika harganya mahal.

Bagaimana jika gagal panen? Ya, harus menunggu musim berikutnya lagi agar bisa menanam kembali. Selain itu, proses penanamannya harus menggunakan tangan.

Dengan segala proses yang berbelit, per onsnya wasabi dihargai sekitar Rp 1,1 hingga Rp 1,4 juta (antara $80 dan $ 100).

Rasa ‘wasabi palsu’ juga lebih membakar lidah. Sementara rasa wasabi asli lembut dengan sensasi rasa buah namun sampai ke hidung dan tenggorokan.Wasabi asli rasanya juga hanya bertahan 15 menit, sehingga baru diparut saat hendak disajikan. (YR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Mengenal Hainan Lebih Dekat, Dahulu Terbuang Kini Tersohor

Saat mendengar nama Hainan, mungkin yang terbesit di benak Sahabat Silir adalah sajian nasi lezat yang banyak terdapat dalam menu restoran China. Akan tetapi,...

5 Alasan Musim Dingin Waktu Paling Tepat Berlibur ke Beijing

Sibuk Liburan - Piknik ke China menjadi impian banyak orang. Namun, terkadang niat itu urung mengetahui negara tersebut sedang musim dingin. Kekhawatiran akan suhu...

Dream Museum Zone Bali Gudangnya Mural Ilusi 3D

Bagi Sahabat Silir pecinta background instagramable, kini pulau Bali memiliki salah satu tempat yang mampu menawarkan spot memukau untuk para pecinta swafoto....

Papeda Jayapura, Lezatnya Tiada Tara

Diantara sekian banyak makanan khas Indonesia Timur tersebut, Papeda Jayapura menempati urutan pertama. Kelazatannya yang tiada tara, membuat Papeda Jayapura dijadikan menu utama di sejumlah...

5 Situs Pemakaman Nusantara yang Cocok Dikunjungi Traveler Pemberani

Mengunjungi berbagai situs makam mungkin adalah salah satu jenis wisata yang cukup unik untuk dilakukan. Bagi beberapa orang, kunjungan ke makam dapat...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...
WhatsApp Chat via WhatsApp