Melongok Sejarah Jepang Di Kastil Matsumoto

Kastil Matsumoto punya enam lantai,termasuk lantai tersembunyi dimana parasamurai beristirahat dan menyimpan makanan.

Ke Jepang tanpa berkunjung ke kastil-kastil bersejarah rasanya kurang afdol. Salah satu kastil yang layak dikunjungi adalah Kastil Matsumoto (Matsumoto Castle) yang ada Perfektur Nagano.

Kastil ini berwarna hitam dan dijuluki Kastil Gagak (Karasujo). Tempat ini adalah salah satu kastil tercantik dan tertua di Negeri Matahari Terbit ini (bahkan menjadi harta  nasional). Matsumoto adalah salah satu dari 12 kastil yang selesai pembangunannya.

BACA JUGA: Melihat Kebun Wasabi Daio Matsumoto Di Jepang

Ada hal yang membedakan Kastil Matsumoto yaitu bangunan ini dibangun di dataran, bukan di bukit atau pegunungan. Kastil ini masih mempertahankan bentuk asli walau direnovasi juga. Maklum saja,tempat yang dibangun pada 1504 ini adalah tujuan wisata di Nagano.

Apa saja yang terdapat dalam Kastil Matsumoto?

Kastil ini dibangun untuk melindungi dari serangan musuh.  Jendela-jendela kecil di dalam kastil digunakan untuk memanah musuh dari dalam.

Kastil Matsumoto

Lalu,ada celah-celah di bawah jendela yang digunakan untuk menjatuhkan batu ketikan ada musuh yang hendak memanjat masuk. Nah,saat masuk,langit-langitnya dibuat rendah agar musuh tidak bisa menggunakan pedang panjang.

Kastil Matsumoto punya enam lantai,termasuk lantai tersembunyi dimana parasamurai beristirahat dan menyimpan makanan.  Sahabat Silir bisa melihat senjata api isi ulang dan baju zirah. Untuk masuk ke dalamnya, pengunjung diwajibkan melepas sepatu karena akan  menaiki tangga kayu yang curam.

Dari puncak kastil, kita bisa menikmati pesona pegunungan Alpen Selatan. Recommended banget deh tempat ini.

Tempat banyak festival

Kastil ini juga tempat digelarnya banyak festival,lho! Sebut saja festival genderang tahunan di Juli (akhir Sabtu dan Minggu) dan festival menyaksikan bulan di September atau Oktober. Setiap tanggal 8 Agustus adalah pertunjukan tahunan drama musikal Takigi-oNoh yang ditampilkan dibawah sinar api unggun (bisa disaksikan secara gratis di malam hari).

Pertunjukan Noh adalah salah satu budaya Jepang yang masuk daftar warisan budaya dunia. Para aktor utamanya mengenakan topeng  kayu dan kostum yang indah. Namun, mereka tidak bersuara dan hanya diiringi alat musik seruling dan drum. Jadi terasa aroma mistisnya ya?

Transportasi ke Matsumoto

Ada kereta yang langsung ke Matsumoto. Dari Stasiun Nagoya jarak tempuhnya dua jam. Lalu dari Stasiun Shinjuku dengan kereta Azusa dan Super Azusa dengan jarak tempuh dua setengah jam.

Ada juga kereta yang langsung ke kota Nagano yang dengan jarak tempuh 50 menit. Airport di Matsumoto (Shinshu Matsumoto Airport) punya penerbangan langsung ke Osaka,Sapporo,dan Fukuoka.

Bus

Ada bus yang langsung ke beberapa tujuan termasuk Osaka,Nagoya,Shunjuku, Bandara Internasional Chubu dan Takayama dari Matsumoto.  Kastil ini bisa diakses lewat jalan darat dari Chuo Expressway.

Ada bus juga dari Komagane ke Shinjuku, Ina dan Minowa ke Shinjuku, Matsumoto ke Shinjuku ,Iida ke Shunjuku dan Nishi Ueda ke Shinjuku.

Pemandangan indah yang menyejukkan mata

Bunga sakura dan beragam bunga lainnya terpapar indah di kastil ini. Sahabat Silir juga bisa menyaksikan angsa-angsa yang berenang di air sungai yang bersih serta beragam jenis ikan. Para angsa ini bahkan punya sarang lho di dekat kastil. Intinya, tempat ini salah satu tempat favorit untuk mengabadikan foto. Istilahnya instagrammable banget deh.

Saat musim dingin, pemandangan menjadi begitu unik. Kastil yang hitam gelap berpadu dengan putihnya salju yang menutupi atapnya.

Di sekitar kastil,ada musium seni yang sayang juga kalau dilewatkan. Nah,selamat berjalan-jalan di Matsumoto ya Sahabat Silir!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Event Tahunan Parade Anjing Dachshund Kembali Diadakan di Hyde Park

Dalam rangka menyambut Natal, komunitas pecinta anjing dachshund kembali mengadakan event tahunan parade anjing dachshund berjalan yang diselenggarakan di Hyde Park, London, Inggris. Pada tahun...

Lekat dengan Image Gurun, Arab Punya Tempat Bersalju

Kata yang terlintas pertama kali saat mendengar negara Arab Saudi adalah ‘panas’. Ya, tak salah memang, nyatanya negara tersebut memiliki banyak gurun...

Awas! Ini Bahaya di Balik Tag Location Instagram

Membubuhkan tag location pada unggahan di Instagram sekilas terdengar hal yang biasa. Saat berkunjung ke tempat wisata tertentu misalnya, hal ini pun...

Mengenal Kimono, Pakaian Tradisional Jepang yang Mendunia

Sahabat Silir tentu mengenal kimono, pakaian tradisional Jepang yang ikonik dan memiliki bentuk yang khas. Pakaian tradisional ini memang mendunia, karena bangsa Jepang selalu bangga...

Water Puppet Show, Pertunjukan Seni Wayang Unik di Vietnam

Vietnam menawarkan banyak destinasi wisata menarik, mulai dari yang bergenre alam hingga budaya. Salah satu wisata budaya yang mampu membuat mata para traveler berdecak kagum...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...