Melongok Sejarah Jepang Di Kastil Matsumoto

Kastil Matsumoto punya enam lantai,termasuk lantai tersembunyi dimana parasamurai beristirahat dan menyimpan makanan.

0
534
Kastil Matsumoto

Ke Jepang tanpa berkunjung ke kastil-kastil bersejarah rasanya kurang afdol. Salah satu kastil yang layak dikunjungi adalah Kastil Matsumoto (Matsumoto Castle) yang ada Perfektur Nagano.

Kastil ini berwarna hitam dan dijuluki Kastil Gagak (Karasujo). Tempat ini adalah salah satu kastil tercantik dan tertua di Negeri Matahari Terbit ini (bahkan menjadi harta  nasional). Matsumoto adalah salah satu dari 12 kastil yang selesai pembangunannya.

BACA JUGA: Melihat Kebun Wasabi Daio Matsumoto Di Jepang

Ada hal yang membedakan Kastil Matsumoto yaitu bangunan ini dibangun di dataran, bukan di bukit atau pegunungan. Kastil ini masih mempertahankan bentuk asli walau direnovasi juga. Maklum saja,tempat yang dibangun pada 1504 ini adalah tujuan wisata di Nagano.

Apa saja yang terdapat dalam Kastil Matsumoto?

Kastil ini dibangun untuk melindungi dari serangan musuh.  Jendela-jendela kecil di dalam kastil digunakan untuk memanah musuh dari dalam.

Kastil Matsumoto

Lalu,ada celah-celah di bawah jendela yang digunakan untuk menjatuhkan batu ketikan ada musuh yang hendak memanjat masuk. Nah,saat masuk,langit-langitnya dibuat rendah agar musuh tidak bisa menggunakan pedang panjang.

Kastil Matsumoto punya enam lantai,termasuk lantai tersembunyi dimana parasamurai beristirahat dan menyimpan makanan.  Sahabat Silir bisa melihat senjata api isi ulang dan baju zirah. Untuk masuk ke dalamnya, pengunjung diwajibkan melepas sepatu karena akan  menaiki tangga kayu yang curam.

Dari puncak kastil, kita bisa menikmati pesona pegunungan Alpen Selatan. Recommended banget deh tempat ini.

Tempat banyak festival

Kastil ini juga tempat digelarnya banyak festival,lho! Sebut saja festival genderang tahunan di Juli (akhir Sabtu dan Minggu) dan festival menyaksikan bulan di September atau Oktober. Setiap tanggal 8 Agustus adalah pertunjukan tahunan drama musikal Takigi-oNoh yang ditampilkan dibawah sinar api unggun (bisa disaksikan secara gratis di malam hari).

Pertunjukan Noh adalah salah satu budaya Jepang yang masuk daftar warisan budaya dunia. Para aktor utamanya mengenakan topeng  kayu dan kostum yang indah. Namun, mereka tidak bersuara dan hanya diiringi alat musik seruling dan drum. Jadi terasa aroma mistisnya ya?

Transportasi ke Matsumoto

Ada kereta yang langsung ke Matsumoto. Dari Stasiun Nagoya jarak tempuhnya dua jam. Lalu dari Stasiun Shinjuku dengan kereta Azusa dan Super Azusa dengan jarak tempuh dua setengah jam.

Ada juga kereta yang langsung ke kota Nagano yang dengan jarak tempuh 50 menit. Airport di Matsumoto (Shinshu Matsumoto Airport) punya penerbangan langsung ke Osaka,Sapporo,dan Fukuoka.

Bus

Ada bus yang langsung ke beberapa tujuan termasuk Osaka,Nagoya,Shunjuku, Bandara Internasional Chubu dan Takayama dari Matsumoto.  Kastil ini bisa diakses lewat jalan darat dari Chuo Expressway.

Ada bus juga dari Komagane ke Shinjuku, Ina dan Minowa ke Shinjuku, Matsumoto ke Shinjuku ,Iida ke Shunjuku dan Nishi Ueda ke Shinjuku.

Pemandangan indah yang menyejukkan mata

Bunga sakura dan beragam bunga lainnya terpapar indah di kastil ini. Sahabat Silir juga bisa menyaksikan angsa-angsa yang berenang di air sungai yang bersih serta beragam jenis ikan. Para angsa ini bahkan punya sarang lho di dekat kastil. Intinya, tempat ini salah satu tempat favorit untuk mengabadikan foto. Istilahnya instagrammable banget deh.

Saat musim dingin, pemandangan menjadi begitu unik. Kastil yang hitam gelap berpadu dengan putihnya salju yang menutupi atapnya.

Di sekitar kastil,ada musium seni yang sayang juga kalau dilewatkan. Nah,selamat berjalan-jalan di Matsumoto ya Sahabat Silir!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here