Mencicipi 5 Masakan Kantonis yang Tersohor dari Kota Guangzhou

Sibuk Liburan – Masakan China merupakan salah satu jenis hidangan yang kelezatannya sudah menggema ke seluruh dunia. Setiap kulinernya bahkan memiliki ciri khas dari daerah-daerah tertentu salah satunya adalah Kanton. Berbicara tentang kuliner khas Tiongkok, kota Guangzhou di Provinsi Guangdong bisa dibilang merupakan surganya Masakan Kantonis.

Hal ini tidaklah mengherankan mengingat Guangzhou merupakan kota terbesar ketiga di Cina yang kerap disambangi oleh para pengadu nasib. Kuliner di kota ini bahkan memiliki peran besar dalam mendorong roda perekonomian setempat. Apabila Sahabat Silir sedang menjelajah Guangzhou, berikut ini kami rekomendasikan beberapa makanan yang bisa dicicipi:

1
Huangpu Egg

Masakan Kantonis

Seperti namanya, kuliner yang satu ini menggunakan telur sebagai bahan utamanya. Telur Huangpu memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus, serta cita rasa manis dan aroma yang harum. Diperkirakan makanan ini diciptakan oleh keluarga nelayan di Yuzhu, Huangpu sekitar tahun 1930.

2
Dinghu Shangsu

Bagi Sahabat Silir yang beragama Islam, menu vegetarian kadang kala menjadi pilihan saat berwisata ke negara dengan mayoritas penduduk non-Muslim. Dinghu Shangsu merupakan makanan legendaris yang sudah diwariskan selama lebih dari 100 tahun. Bahan yang dipergunakan di dalamnya berasal dari tumbuh-tumbuhan alami. Disebutkan bahwa makanan ini berasal dari Kuil Qingyun di Zhaoqing City.

3
Baiqie Chicken

Ayam ini juga kerap disebut sebagai White Cut Chicken. Dinamakan demikian karenakan proses pemasakannya tanpa menggunakan bumbu apa pun. Daging ayam hanya akan direbus selama 15 menit ke dalam air mendidih. Namun begitu untuk memasaknya, ayam yang dipergunakan haruslah ayam lokal dengan bobot tak lebih dari 1 kg.

4
Wonton Mian

IM000707.JPG

Sepintas mie yang satu ini menyerupai mie pangsit yang sering ditemukan di Indonesia. Wonton sendiri memang merupakan pangsit khas Cina yang umumnya berisi daging ayam atau udang. Dipadu gurihnya kuah yang hangat, makanan ini sangat cocok untuk mengisi perut yang sedang lapar berat.

5
Taiye Chicken

Hidangan ayam yang satu ini memiliki tampilan yang coklat pekat. Nama Taiye sendiri diambil dari pemimpin kuno Dinasti Qing. Warna coklatnya yang gelap berasal dari pengasapan menggunakan daun teh hitam dan madu. Sebelum diasapi, ayam akan direbus dengan kuah asin hingga mencapai kematangan 90%.

Makanan Guangdong atau Kantonis memang terkenal memiliki keragaman bahan pembuatan makanan. Tak tanggung-tanggung, hewan jenis ular dan kura-kura juga bisa diolah menjadi hidangan lezat.

Bagi Sahabat Silir yang tidak memiliki pantangan non-halal, jangan lewatkan mencoba bubur khas Guangzhou Jidi Zhou yang mempergunakan bahan utama babi dalam pembuatannya. Cicipi juga hidangan manis Shuang Pi Nai yang terbuat dari susu dan telur. Akan tetapi, kami sarankan Sahabat Silir mencoba dimsum Kanton yang sudah sangat tersohor sebelum beralih ke kuliner lainnya di Guangzhou. (AS)

Tag: Huangpu Egg, Dinghu Shangsu, Baiqie Chicken, Wonton Mian, Ayam Taiye, Masakan Kantonis, Kuliner Khas Guangzhou, Hidangan Tiongkok,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru