Menengok Keajaiban Arsitektur India di Kota Jaipur

0
451

Menengok arsitektur bangunan di Kota Jaipur, siapapun pasti terperangah. Kota berjulukan Pink City ini menjadi rumah bagi ratusan bangunan dan istana kerajaan India Utara yang rumit dan dipenuhi detail ukiran. Menariknya lagi, di antara bangunan-bangunan bersejarah di Kota Jaipur, ada yang dibangun seolah mengambang di atas danau. Penasaran kan seperti apa kelanjutan pesona dari keajaiban arsitektur India di Kota Jaipur, ikuti terus ulasannya berikut ini.

Sudah bukan rahasia lagi, Kota Jaipur di Negara Bagian Rajasthan menyimpan bukti kemegahan bangunan khas India Utara. Kota yang dibangun pada abad ke-18 oleh penguasa Hindu Rajput, Maharaja Sawai Jai Singh II ini, dikenal sebagai kota terencana yang pertama dibangun di Negeri Hindustan. Dengan menggabungkan teknik pembangunan Hindu Rajput dengan kesan simetris yang menyolok dalam tradisi Mughal, Jaipur menjelma menjadi ibu kota kerajaan dengan formasi bangunan simetris berornamen rumit yang ajaib.

Gelar istana simetris terindah di India ternyata bukan hanya milik Taj Mahal. Di Jaipur juga terdapat banyak istana berbentuk simetris sempurna bekas rumah peristirahatan para Maharaja Rajasthan. Beberapa di antaranya seperti Hawa Mahal dan Istana Madhvendra menjadi bukti keajaiban arsitektur di Kota Pink. Ada juga kuil dengan bentuk simetris yang bernuansa sakral bernama Kuil Akshardham.

Selain bangunan bersejarah yang menghias jantung Kota Jaipur, terdapat pula istana yang tak kalah eksotis di pinggir kota. Jal Mahal dikenal sebagai salah satu istana ajaib yang mengambang di atas danau buatan di pinggir Kota Jaipur. Istana di atas Danau Man Sagar ini seolah dibangun satu lantai beralas permukaan air, tetapi sebenarnya masih ada empat lantai lagi yang tak tampak di bawah permukaan danau. Uniknya lagi, akses menuju istana air hanya bisa dicapai menggunakan kapal, karena letaknya yang benar-benar terisolasi dari daratan. Sayangnya,untuk saat ini Jal Mahal tidak dibuka untuk umum, jadi wisatawan sudah harus puas menikmati pesonanya dari pinggir danau.

Berkat keunikan bangunan yang simetris beserta ornamennya yang rumit, Jaipur bisa dikatakan sebagai surganya para fotografer. Setiap sudut dari ibu kota Rajasthan ini bisa membuat siapapun tergoda untuk memfotonya. Tidak heran, Kota Jaipur selalu menjadi incaran para Instagram Traveller.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here