Meneropong Keindahan Perbatasan Indonesia dari Batu Lepe, Anambas

0
411
Batu Lepe Anambas

Sibuk Liburan – Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau. Banyak pulau di antaranya adalah sisi terdepan dari negeri ini. Pulau-pulau tersebut-lah yang merupakan garda terdepan negeri ini. Salah satunya adalah Kepulauan Anambas yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kepulauan Anambas ternyata memiliki sebuah spot yang sangat cocok untuk meneropong keindahan perbatasan Pulau Anambas. Namanya adalah Batu Lepe yang menyuguhkan pemandangan eksotis berupa lautan.

Untuk menuju Kepulauan Anambas, Sahabat Silir bisa melalui Batam dengan jalur laut atau jika memilih jalur udara bisa melalui Pekanbaru. Khusus untuk jalur udara, bisa langsung menuju ke Bandara Komersial Letung dan Matak yang ada di Kepulauan Anambas.

sumber foto: Silabus Kepri

Sesampainya di Anambas, Sahabat Silir dijamin akan memiliki perasaan ‘nano-nano’. Rasa haru, takjub bercampur dengan balutan rasa nasionalisme dipastikan akan membuncah! Bagaimana tidak, kini Sahabat Silir tengah berada di salah satu wilayah yang merupakan ‘ujungnya’ Indonesia alias sisi terdepannya. Perasaan bangga dipastikan akan bergelayut di hati Sahabat Silir melihat luasnya Indonesia—sekaligus membuktikan bahwa negeri ini bukan hanya berisi pulau-pulau besar seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Keberadaan Batu Lepe sendiri menjadi bukti keseriusan pemerintah Indonesia dalam mewujudkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai ikon wisata baru, Batu Lepe resmi dibuka oleh pemerintah Kabupaten Anambas bekerja sama dengan SKK Migas dan Medco EP Natuna dan Premier Oil Natuna.

Bagi masyarakat setempat, Batu Lepe memiliki nilai keunikan tersendiri. Batu Lepe sendiri berarti batu datar. Ukurannya terbilang sangat besar, dengan diameter mencapai 35 meter. Oleh karena ukurannya yang jumbo, batu tersebut dapat digunakan orang-orang untuk bersantai atau duduk sembari memancing. Dalam perkembangannya, Batu Lepe itu pun menjadi spot untuk mengamati pemandangan laut lepas dan sunset.

Sahabat Silir akan merasakan sensasi berbeda saat menikmati kembalinya sang mentari menuju peraduannya di tempat ini dibandingkan di banyak tempat-tempat masyur lain di Tanah Air. Keberadaannya yang berada di pulau terdepan justru memberikan nilai sekaligus pengalaman lebih bagi siapa saja yang menikmati senja atau sekedar bersantai di tempat ini. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, tak pelak membuat pemandangan di tempat ini begitu alami dan jauh dari polusi.

Bukan saja berburu panorama senja, dari atas Batu Lepe, Sahabat Silir juga bisa melihat pemandangan Laut Cina Selatan secara langsung. Lebih dari itu, di atas batu yang kuat menampung hingga 100 orang itu, Sahabat Silir juga bisa menyaksikan langsung keindahan Laut Natuna yang berbatasan dengan Vietnam, Malaysia dan Singapura.

Dari tempat ini pula, Sahabat Silir bisa melihat jernihnya air laut sekitar Natuna lengkap dengan jajaran pulau-pulau di Kabupaten Anambas yang dari jauh tampak menyembul dari permukaan air. Tak tanggung-tanggung jumlah pulau-pulau di Kepulauan Anambas itu ada 229 buah. Wow… Menakjubkan bukan?! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here