Mengatasi Demam Anak yang Mungkin Terjadi Saat Sedang Liburan

Demam anak biasanya ditandai dengan kondisi peningkatan suhu tubuh yang disertai dengan perubahan sikap pada anak-anak.

Demam anak biasanya ditandai dengan kondisi peningkatan suhu tubuh yang disertai dengan perubahan sikap pada anak-anak, seperti rewel, tidak lincah, tidak mau makan, dan banyak lagi.

Pada anak-anak, tubuh bisa dikatakan mengalami demam saat suhu tubuhnya mencapai lebih dari 37-38 derajat Celsius.

Hal ini tentunya membutuhkan perhatian utama Sahabat Silir sebagai orangtua untuk lebih waspada, terlebih jika sedang bepergian ke suatu tempat.

Bila gejala demam mulai melanda saat sedang jauh dari rumah, coba lakukan beberapa cara berikut untuk penanganan pertama:

1
Mengompres Menggunakan Air Hangat

Salah besar jika selama ini mengompres demam harus menggunakan air dingin. Pada saat tubuh sedang demam, hal yang terbaik untuk dilakukan adalah mengusahakan tubuh untuk mengeluarkan panasnya secara alami. Air hangat mampu membuka pori-pori pada kulit yang dapat membantu menguapkan panas tubuh.

2
Memakaikan Baju yang Tepat

Memilih baju yang tepat dapat mempengaruhi percepatan penurunan panas. Sahabat Silir disarankan untuk memperhatikan gejala demam yang diderita oleh anak. Apabila anak terlihat menggigil, disarankan untuk menghangatkan tubuh mereka dengan menyelimuti atau memakaikan kaos kaki.

Lain halnya jika demam disertai dengan gejala kulit yang memerah karena kepanasan. Pada jenis demam yang satu ini, Sahabat Silir sebaiknya memakaikan anak dengan baju berbahan sejuk yang bisa menyerap keringat.

3
Mencukupi Kebutuhan Cairan

Saat sedang demam, tubuh akan menjadi rentan dehidrasi. Oleh karenanya, penting untuk memastikan anak mendapatkan kebutuhan cairan seperti meminumkan air putih, teh manis, susu, jus, dan lainnya.

Akan tetapi perlu diperhatikan, untuk jenis minuman selain air putih harus disesuaikan lagi dengan kondisi penyakitnya. Seperti pantangan memberi susu jika demam disertai gejala diare.

4
Mengusahakan Agar Anak Tetap Makan

Pada saat demam, biasanya anak-anak akan merasa tidak nafsu makan. Meskipun akan cukup sulit, sebagai orangtua Sahabat Silir perlu mengupayakan agar anak tetap bisa memenuhi kebutuhan perutnya.

Berikan makanan yang mudah dicerna seperti bubur, nasi tim, sup, dan sejenisnya. Perhatikan juga kelengkapan gizi dari makanan yang disajikan untuk bantu memperkuat tubuhnya selama proses pemulihan.

5
Berikan Obat Penurun Panas

Saat ini, ada begitu banyak merek obat penurun panas dengan aneka rasa yang disukai oleh anak-anak. Berikan obat sesuai dengan petunjuk dan dosis yang tertera. Sebaiknya jenis obat yang satu ini harus selalu disiapkan saat hendak bepergian dengan buah hati.

Apabila tidak terlihat tanda membaik dalam waktu tertentu, segera bawa anak ke dokter. Terlebih jika disertai kondisi, seperti kejang, sesak nafas, menangis kencang, hingga diare dan muntah berkepanjangan.

Melihat dari kemungkinan demam yang sewaktu-waktu bisa menyerang, disarankan bagi Sahabat Silir untuk selalu menyiapkan termometer di samping obat-obatan. Penggunaan termometer digital jauh lebih aman untuk anak dibandingkan jenis raksa. (AS)

Tag: Menangani Demam Pada Buah Hati, Penyakit yang Umum Menyerang Anak Saat Traveling, Manfaat Kompres Air Hangat Saat Demam, Anak Sakit Saat Traveling, Gejala Panas Tidak Wajar Pada Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru