Mengenal 16 Ragam Cemilan Khas Serbia, Suka yang Mana?

Kali ini Sibuk Liburan bakal mengajak Sahabat Silir mengenal ragam cemilan khas negara yang namanya pasti disebut dalam sejarah Perang Dunia ini.

Wisata memang identik dengan makan-makan. Tak jarang malah turis yang sengaja untuk menjelahan Nusantara bahkan dunia, ‘hanya’ untuk memanjakan lidah. Kecintaannya dunia kuliner, biasanya menjadi alasan penikmat wisata kuliner tak bosan menjelajah rasa, meski harus menyeberang samudra bahkan benua.

Nah, buat Sahabat Silir yang sangat menyukai tantangan ‘rasa’, wisata kuliner di Serbia bisa jadi alternative. Untuk diketahui, Serbia merupakan salah satu di Kawasan Balkan yang bisa dibilang paling terkenal.

BACA JUGA: 7 Fakta Unik Negara-Negara Balkan yang Wajib Diketahui

Meski ketenarannya tak akan bisa mengalahkan Perancis atau Inggris, nyatanya Serbia memiliki banyak destinasi wisata menarik baik yang bernuansa alam, budaya, sejarah, religi hingga kuliner.

Mengenal Ragam Cemilan Khas Serbia

Kali ini Sibuk Liburan bakal mengajak Sahabat Silir mengenal ragam cemilan khas negara yang namanya pasti disebut dalam sejarah Perang Dunia ini.

1
Torta cokolada

Torta cokolada

Camilan yang satu ini berupa kue berbahan cokelat. Di Serbia, kue ini lazim muncul pada Hari Natal atau hari nasional. Kue ini memiliki tekstur mirip dengan brownis yang lembut dan sedikit basah.

Hanya saja, kue ini pada bagian spesialnya terdapat ganache cokelat yang menutupi seluruh kue juga remahan biskuit di bagian sampingnya.

2
Reforma Torta

Reforma Torta

Kue ini mirip dengan Torta cokolada, tetapi tampilannya berbeda. Bisa dikatakan Reforma torda adalah sponge cake  yang memiliki rasa walnut dan disusun berlapis-lapis dengan krim cokelat di sela-selanya. Mudahnya membayangkan, mirip dengan rainbow cake yang berlapis-lapis. Hanya saja kue ini dilumuri ganache di seluruh sisinya.

Nama Reforma torda sendiri diilhami dari kondisi pasca Perang Dunia II, di mana masyarakat sudah bisa mengakses berbagai bahan makanan dengan lebih mudah, termasuk bahan pembuat Reforma Torda ini.

3
Palachinke

Palachinke

Kalau cemilan satu ini lebih ke jenis crepe yang diisi sesuai selera. Isian bbisa menggunakan buah segar, selai atau bahkan keju yang kemudian digulung. Sebagai masyarakat mengkonsumsi makanan ini dengan menambahkan taburan gula halus, tetapi ada pula yang memilih menyiramnya dengan krim keju atau krimer biasa.

4
Krem pita

Krem Pita

Kue tradisional Serbia yang satu ini berasal dari kue sponge, krim dan pastry yang disusun. Kue ini bisa disusun ‘suka-suka’—tidak ada pakem khusus. Namun, untuk versi originalnya, kue sponge terletak di lapisan bawah baru kemudian disusul krim filling di tengahnya dan terakhir pastry di sisi atas.

5
Orehnjaca

Orehnjaca

Nah, kalau camilan yang satu ini sangat cocok untuk Sahabat Silir yang menyukai cira tasa gurih dari kacang. Orehnjaca pada dasarnya adalah roti yang digulung dengan krim kacang di dalamnya. Di Serbia terdapat sebuah tradisi unik, di mana pada bulan tertentu para perempuan akan membuat ratusan bahkan ribuan Orehnjaca untuk acara amal.

6
Vanilice

Mengenal 16 Ragam Cemilan Khas Serbia, Suka yang Mana? 15

Kalau kue yang satu ini bentuknya kering. Seperti namanya, kue kering ini memiliki rasa vanilla. Kue tersebut disatukan layaknya sandwhich dengan selai rasa buah beri yang kemudian ditaburi gula halus. Sekilas melihat kue ini akan mengingatkan kue putri salju yang banyak dijumpai saat perayaan Idul Fitri di Indonesia.

7
Oblande

Oblande

Para pecinta makanan creamy dijamin tak akan bisa menolak makanan satu ini. Ya, Oblande merupakan dessert favorit masyarakat Serbia. Makanan ini sebenarnya merupakan wafel berisi krim karamel. Wafelnya sendiri mirip dengan wafer renyah, tetapi dipadu dengan karamel yang creamy.

8
Tulumbe

Tulumbe

Tulumbe adalah makanan yang digoreng dan kemudian dicelup dengan sirup manis beberap jam sebelum disajikan. Makanan ini memiliki bahan dan cara pembuatan mirip dengan Churros.

9
Orasnice

Orasnice

Hmmm.. apakah Sahabat Silir menggemari makanan bercita rasa manis? Apabila iya, maka camilan khas Serbia yang satu ini wajib dicoba! Namanya adalah Orasnice yang tak lain adalah walnut yang diolah menjadi semacam manisan atau permen. Bentuknya pun lucu, menyerupai bulan sabit.

Saat digigit kerenyahannya begitu terasa di luar, sedangkan di dalamnya terasa lumer. Dessert satu ini hampir selalu tak pernah absen dari acara keluarga di Serbia. Anak-anak pun menyukainya karena cita rasa manis dan bentuknya yang lucu.

10
Kajmak

Kajmak

Makanan yang satu ini cocok bagi para penyuka susu. Hidangan ini biasa menjadi pembuka du Serbia, khususnya di kawasan Zlatibor.

11
Salad Serbia

serbian salad

Salad memang lazim dijumpai di hampir seluruh kawasan Balkan. Namun, Serbia memiliki slad yang khas. Bahan pembuatnya terdiri dari tomat, mentimun, bawang Bombay dan sedikit campuran minyak zaitun.

Tak lupa garam dan lada turut dibubuhkan didalamnya sebagai bumbu. Umumnya salad dihidangkan bersama dengan daging panggang. Namun, jika Sahabat Silir menyukai makanan segar, bisa saja memakannya begitu saja.

12
Sarma

Sarma

Makanan ini sangat kondang di Serbia. Sarma adalah salah satu makanan kuno Serbia yang masih lestari hingga kini. Bentuk makanan ini adalah roti yang diisi dengan daging cincang dan nasi.

Terkadang ada pula yang mengisinya dengan ikan atau saus krim—sesuai  selera. Meski termasuk hidangan menyenganykan, tak ada salahnnya jika Sahabat Silir menjadikannya camilan saat berkeliling Serbia—karena praktis.

13
Burek

Burek

Tak kalah kondang dengan Sarma, Serbia juga punya hidangan legendaris bernama Burek. Pada dasarnya makanan ini muncul hampir di seluruh wilayah Balkan. Hanya saja masing-masing negara memiliki namanya sendiri-sendiri.

Burek sendiri merupakan roti yang berisi daging cincang atau keju. Di Serbia terdapat kedai Burek yang begitu terkenal, yaitu toko roti Mehmed O Lu.

14
Slatko

Slatko

Makanan yang satu ini akan cocok bagi Sahabat Silir yang menyukai cita rasa buah-buahan sekaligus manis. Slatko adalah hidangan seperti manisan, tetapi berair (berkuah). Bahan pembuatnya adalah buah quine dan cherry putih.

Umumnya Slatko dijadikan masyarakat Serbia sebagai hidangan penyambut tamu. Dalam penyajiannya, tamu akan disuguhi dengan sesendok Slatko dan segelas air putih.

15
Rakija

Rakija

Kuliner Serbia tak melulu soal makanan saja, melainkan juga soal minuman. Nah, salah satu minuman yang kondang di negeri ini adalah Rakija. Bahan pembuatnya adalah anggur sebagai ahan utama, sedangkan campurannya adaah buah persik, pir, ceri, buah ara dan kadang juga dicampur dengan madu serta ramuan herbal.

BACA JUGA: 10 Alasan Harus Wisata Ke Balkan Bersama Keluarga

Minuman mengandung alkohol hingag 40 persen ini kerap disajikan dalam acara pernikahan atau acara-acara penting. Selain itu, minuman ini juga diyakini sebagai obat maagh dan radang tenggorokan.

16
Turkish Coffe

Turkish Coffee

Jika Sahabat Silir tak mengkonsumsi alkohol, masih memiliki alternatif minuman khas Serbia yang bisa dicoba. Adalah Turkish Coffe yang menyajikan kopi dengan cita rasa khas dan penyajian unik. Kopi Turki merupakan minuman khas yang sudah ada sejak zaman Kekaisaran Ottoman. DI Serbia terdapat banyak kedai kopi, tetapi yang tertua adalah Question Mark.

Demikain beberapa cemilan khas Serbia, termasuk minuman khasnya. Sebagai informasi, Serbia termasuk negara yang ‘mengagungkan tamu’.  Layaknya Indonesia yang menyebut ‘tamu adalah raja’, Serbia juga demikian.

Demikian terhormatnya tamu, sampai-sampai orang Serbia panyang membiarkan tamu perutnya keroncongan. Oleh karena itu, masyarakat Serbia pun berupaya menjamu tamu dengan hidangan-hidangan terbaik, agar mereka juga betah saat berkunjung.

Buat Sahabat Silir yang pengen banget biasa merasakan langsung cemilan dari negara yang termasuk dalam Balkan ini, kami bisa temani kamu ke Sebia dengan paket wisata yang menarik dan pastinya seru. (y)

Mungkin kamu juga suka

Lokasi Wisata Anti-Mainstreamdi Belitung, Danau Kaolin Tempatnya

Berwisata ke Belitung memang paling asik bertandang ke pantai dan pulau-pulau perawan nan eksotis. Namun, terkadang ada rasa bosan menyambangi tempat-tempat wisata mainstream. Selain...

Review Park Plaza Wangfujing, Salah Satu Hotel Terbaik di Beijing

Akomodasi merupakan hal pertama yang harus diperhitungkan sebelum berlibur ke negara lain, khususnya tempat menginap atau hotel. Tentu sebagai wisatawan yang datang dari jauh, Sahabat...

Iyashi No Sato, Desa ‘Kuno’ di Kaki Gunung Fuji

Jepang tak henti menawarkan pesona. Di masa kini, negara yang berada di kawasan Samudra Pasifik ini terkenal dengan berbagai teknologinya yang mutakhir....

Qilou Ancient Street, Surga Wisata Sejarah Klasik di Hainan, China

China adalah negara dengan wilayah yang sangat luas. Penduduknya pun tercatat paling banyak di dunia. Bangsa Tiongkok pun dikenal memiliki sejarah panjang...

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berlibur dengan Bayi

Sibuk Liburan - Bagi para orangtua yang baru dikaruniai momongan, memiliki bayi bukanlah sebuah hambatan bagi keluarga kecil untuk melakukan kegiatan yang dapat melepas...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

WhatsApp Chat via WhatsApp