Mengenal Eksotisme Raja Ampat Lewat Festival Bahari

Salah satu tempat yang tak asing lagi adalah Raja Ampat, Papua Barat. Bahkan banyak cerita bahwa orang Indonesia justru mengetahui keelokan tempat ini dari wisatawan asing.

Indonesia Timur menyimpan keindahan alam yang begitu unik dan mempesona. Salah satu tempat yang tak asing lagi adalah Raja Ampat, Papua Barat. Bahkan banyak cerita bahwa orang Indonesia justru mengetahui keelokan tempat ini dari wisatawan asing.

Nah, bagi yang ingin merasakan sensasi menyelam atau snorkeling di Raja Ampat ada kabar baik. Pemerintah Propinsi Papua Barat mengadakan Festival Bahari Raja Ampat yang akan berlangsung pada 18-22 Oktober 2019. Sebelumnya akan ada Festival Seni Budaya Papua Barat yang berlangsung di Manokwari pada 7-11 Oktober 2019, demikian informasi dari situs resmi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

BACA JUGA: 5 Hidangan Kuliner Raja Ampat yang Unik tapi Bergizi Tinggi

Kedua ajang ini adalah ajang pariwisata tingkatnasional yang ada di propinsi Papua Barat, demikian menurut penuturan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Peluncuran Calender of Event of Papua Barat, sebagaimana dikutip Okezone.

Diving Raja Ampat
Diving Raja Ampat

Di Festival Seni Budaya akan ada tari-tarian tradisional, body painting, lomba tari kreasi baru, musik tradisional dan yang pasti kuliner serta pameran kerajinan kayu khas Papua Barat.

Nah, bagi yang ingin ke Festival Bahari, Pemerintah Propinsi Papua Barat menyediakan tiket dengan harga promo untuk menikmati keindahan tempat wisata ini.

Tiket harga miring

Pihak Pemerintah Propinsi Papua Barat menawarkan tiket seharga Rp 5,3 juta untuk 6 hari lima malam. Murah bukan dibanding harga biasa? (Sekitar Rp 7 jutaan lebih).

Menurut penuturan Rani dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Raja Ampat saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (18/09/2019), harga tiket itu sudah meliputi makan pagi, siang,malam dan cemilan. Termasuk juga homestay, sewa speed boat dan pemandu lokal sepanjang festival.

Namun, harga tiket ini belum termasuk tiket ke Sorong, pintu masuk ke Raja Ampat lewat udara. Nah, jika ingin ke Sorong dulu, dari Sorong maka akan ada kapal feri yang menjemput kita untuk ke Raja Ampat.

Home stay atau penginapan yang disedikan juga berada tersebar di tujuan wisata yang jadi pilihan. Para wisatawan bisa ke destinasi wisata tersebut menggunakan speed boat dengan kapasitas 10 orang.

Lalu persiapkan dana tersendiri ya jika ingin menyewa peralatan snorkeling atau diving plus beli oleh-oleh untuk sanak saudara.

Kuliner khas Raja Ampat

Selama di Raja Ampat, siap-siap ya menikmati berbagai hidangan unik. Contohnya? Ada papeda (bubur sagu yang lengket) dengan ikan kuah kuning kuliner Raja Ampat.

Ikan yang biasanya disajikan ada cakalang, gabus, tongkol, dan tuna. Kuahnya terdiri dari kunyit, cabe, daun bawang, kemangi, air jeruk nipis, jahe, sereh, tomat dan cabe rawit bagi yang suka pedas.

Kuliner Raja Ampat
sumber: johangabesitumorang.wordpress.com

Lalu, siap-siap yang makan ulat sagu. Ih,t erkesan menjijikkan ya? Namun, jika dibakar rasanya sama seperti sosis lho. Sajian ini bahkan bebas kolesterol dan kaya protein.

Nah, berani coba kuliner unik sekaligus menikmati Raja Ampat dengan harga murah? (YR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Recommended! Ini 5 Tempat Berbelanja Oleh-oleh di Harbin

‘Bagaikan taman tak berbunga, bagai sayur kurang garam’, ya begitulah jika jalan-jalan alias pikni tanpa membeli oleh-oleh. Selain sebagai buah tangan untuk...

Pernah ke China, 80 Turis Ditolak Masuk Bali

Virus Corona masih belum menunjukan tanda akan mereda. Sebaliknya, penyebarannya yang kian massif membuat banyak negara melakukan langkah preventif untuk mengantisipasi virus...

5 Hal yang Bisa Dilakukan di Seoul saat Musim Dingin

Sibuk Liburan - Bagi penduduk wilayah tropis seperti Indonesia, berwisata ke negara lain yang tengah menjalani musim dingin tak jarang menjadi agenda yang paling...

Mengulik Meriahnya Lantern Festival di Taiwan

Apa yang Sahabat Silir pikirkan saat mendengar negara Taiwan?  Ya, tak dipungkiri angan langsung tertuju pada Taipei 101, gedung pencakar langit tertinggi setelah...

5 Tempat Memukau di Kunming Berikut Mampu Menghipnotis Wisatawan

Sibuk Liburan - Kota Kunming kini tengah menata dirinya untuk menjadi kota kosmopolitan baru di wilayah Tiongkok. Hal ini tentunya membuat turis...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...
WhatsApp Chat via WhatsApp