Mengenal Eksotisme Raja Ampat Lewat Festival Bahari

Salah satu tempat yang tak asing lagi adalah Raja Ampat, Papua Barat. Bahkan banyak cerita bahwa orang Indonesia justru mengetahui keelokan tempat ini dari wisatawan asing.

0
291
Wisata Live on Board di Kepulauan Raja Ampat
Wisata Live on Board di Kepulauan Raja Ampat

Indonesia Timur menyimpan keindahan alam yang begitu unik dan mempesona. Salah satu tempat yang tak asing lagi adalah Raja Ampat, Papua Barat. Bahkan banyak cerita bahwa orang Indonesia justru mengetahui keelokan tempat ini dari wisatawan asing.

Nah, bagi yang ingin merasakan sensasi menyelam atau snorkeling di Raja Ampat ada kabar baik. Pemerintah Propinsi Papua Barat mengadakan Festival Bahari Raja Ampat yang akan berlangsung pada 18-22 Oktober 2019. Sebelumnya akan ada Festival Seni Budaya Papua Barat yang berlangsung di Manokwari pada 7-11 Oktober 2019, demikian informasi dari situs resmi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

BACA JUGA: 5 Hidangan Kuliner Raja Ampat yang Unik tapi Bergizi Tinggi

Kedua ajang ini adalah ajang pariwisata tingkatnasional yang ada di propinsi Papua Barat, demikian menurut penuturan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Peluncuran Calender of Event of Papua Barat, sebagaimana dikutip Okezone.

Diving Raja Ampat
Diving Raja Ampat

Di Festival Seni Budaya akan ada tari-tarian tradisional, body painting, lomba tari kreasi baru, musik tradisional dan yang pasti kuliner serta pameran kerajinan kayu khas Papua Barat.

Nah, bagi yang ingin ke Festival Bahari, Pemerintah Propinsi Papua Barat menyediakan tiket dengan harga promo untuk menikmati keindahan tempat wisata ini.

Tiket harga miring

Pihak Pemerintah Propinsi Papua Barat menawarkan tiket seharga Rp 5,3 juta untuk 6 hari lima malam. Murah bukan dibanding harga biasa? (Sekitar Rp 7 jutaan lebih).

Menurut penuturan Rani dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Raja Ampat saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (18/09/2019), harga tiket itu sudah meliputi makan pagi, siang,malam dan cemilan. Termasuk juga homestay, sewa speed boat dan pemandu lokal sepanjang festival.

Namun, harga tiket ini belum termasuk tiket ke Sorong, pintu masuk ke Raja Ampat lewat udara. Nah, jika ingin ke Sorong dulu, dari Sorong maka akan ada kapal feri yang menjemput kita untuk ke Raja Ampat.

Home stay atau penginapan yang disedikan juga berada tersebar di tujuan wisata yang jadi pilihan. Para wisatawan bisa ke destinasi wisata tersebut menggunakan speed boat dengan kapasitas 10 orang.

Lalu persiapkan dana tersendiri ya jika ingin menyewa peralatan snorkeling atau diving plus beli oleh-oleh untuk sanak saudara.

Kuliner khas Raja Ampat

Selama di Raja Ampat, siap-siap ya menikmati berbagai hidangan unik. Contohnya? Ada papeda (bubur sagu yang lengket) dengan ikan kuah kuning kuliner Raja Ampat.

Ikan yang biasanya disajikan ada cakalang, gabus, tongkol, dan tuna. Kuahnya terdiri dari kunyit, cabe, daun bawang, kemangi, air jeruk nipis, jahe, sereh, tomat dan cabe rawit bagi yang suka pedas.

Kuliner Raja Ampat
sumber: johangabesitumorang.wordpress.com

Lalu, siap-siap yang makan ulat sagu. Ih,t erkesan menjijikkan ya? Namun, jika dibakar rasanya sama seperti sosis lho. Sajian ini bahkan bebas kolesterol dan kaya protein.

Nah, berani coba kuliner unik sekaligus menikmati Raja Ampat dengan harga murah? (YR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here