Mengintip Persiapan Ajang Balap Sepeda Internasional Tour de Bintan 2019

Ajang Balap Sepeda Bergengsi Tour de Bintan 2019 akan kembali hadir di Indonesia untuk yang ke-9 kalinya.

0
487
Tour de Bintan
Tour de Bintan

Ajang Balap Sepeda Bergengsi Tour de Bintan 2019 akan kembali hadir di Indonesia untuk yang ke-9 kalinya. Pertandingan bertaraf internasional ini akan diadakan selama tiga hari dimulai dari tanggal 29 hingga 31 Maret mendatang.

Pemilihan Bintan sebagai wilayah tropis dengan ragam keindahan lanskapnya membuat lintasan yang dilalui peserta lomba begitu memukau. Keberadaan Pulau Bintan yang strategis membuat lokasi di wilayah Kepulauan Riau ini begitu mudah untuk dijangkau dengan kapal feri dari Singapura dan juga Bandara dari Jakarta.

Pagelaran ini akan bertempat di Bintan Lagoon Resort sebagai lokasi pengadaannya. Sejumlah rangkaian kegiatan akan dihadirkan di tempat ini mulai dari Pre-Race Expo hingga Tour Dinner pada Sabtu malam.

Perhelatan acara ini menjadi suatu momentum yang sangat membanggakan bagi Bintan. Pasalnya hanya ada 2 event di Asia dan 21 Event di dunia yang merupakan bagian dari Seri Dunia UCI Gran Fondo. Menariknya Tour de Bintan ikut termasuk di dalamnya.

Pada tahun ini sebagian peserta kurang lebih didominasi oleh pesepeda asal Inggris, Jepang dan Australia. Pengendara akan dibagi dalam berbagai tingkatan, kompetisi dan non-kompetisi. 

Diperkirakan kompetisi ini akan diikuti sekitar 1.800 pengunjung serta 1.200 pengendara dari 23 negara yang mewakili 42 kewarganegaraan.

Dilansir dari Sindonews.com (13/03/2019), Nathalie Marquet selaku CEO dari Event Organizer Metasport memaparkan bahwa setiap peserta harus menyelesaikan setiap perlombaan untuk menjadi 25% teratas pada kelompok usia masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mengamankan posisinya di kejuaraan dunia.

Susunan kompetisi yang akan diadakan selama tiga hari tersebut akan menghadirkan tujuh event balap sepeda, seperti Individual Time Trial, Gran Frondo Classic, Gran Fondo Challenge, Gran Fondo Century dan Gran Fondo Discovery. Dua diantaranya bahkan menjadi tolak kualifikasi kejuaraan dunia 2019 di Polandia, yaitu Individual Time Trial sepanjang 17 km dan Gran Fondo Classic yang berjarak 140 km.

“Acara akan dibuka pada hari Jumat (29/3/2019) di Lagoi Bay, area Bintan Resorts dengan kategori Individual Time Trial. Keesokan harinya, kategori The Gran Fondo Classic akan diselenggarakan di kota Simpang Lagoi,” ujar Nathalie.

Bias-bias persiapan event ini bahkan sudah mulai terlihat dari sejumlah pihak terkait. Seperti salah satunya adalah upaya Bupati Bintan Apri Sujadi dalam menginstruksikan monitoring kondisi jalan.

Apri juga meminta kepada beberapa dinas terkait seperti Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina untuk melakukan koordinasi intensif dengan Polres Bintan dalam membantu kelancaran kedatangan para atlet.

Tour de Bintan merupakan lomba balap sepeda epik yang patut disaksikan secara langsung. Ajang balap paling favorit di Asia ini akan menawarkan sensasi tantangan mendebarkan yang berpadu dengan eksotisme lanskap Pulau Bintan, sehingga mampu menyihir begitu banyak turis untuk berdatangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here