Mengulik Anggur Merah atau Wine Termahal di Dunia

Dikutip dari CNN, Hungaria tercatat pernah menjual sebotol wine dengan harga mencapai USD 40 ribu atau setara dengan Rp 550 juta.

0
351
essencia wine

Sudah bukan hal yang mengherankan lagi jika minuman anggur merah alias wine dikatakan sebagai ‘minuman mahal’ di dunia.

Disebut demikian, lantaran harga wine yang terbilang fantastis bahkan kadang bikin geleng-geleng kepala. Seperti wine Essencia dari Hungaria yang diklaim wine termahal di dunia.

Wine Termahal di Dunia

Dikutip dari CNN, Hungaria tercatat pernah menjual sebotol wine dengan harga mencapai USD 40 ribu atau setara dengan Rp 550 juta. Duh, seharga mobil yang sudah cukup mewah bukan untuk ukuran di Indonesia?!

Anggur merah yang mahal itu adalah Essencia 2009 produksi Royal Tokaji Wine Company, sebuah pabrik wine yang berlokasi di Mad, Hungaria. Dijual dalam edisi terbatas, anggur merah itu tersedia dalam 20 botol dan masing-masing botol berisi 1,5 liter saja.

Memang wajar jika kemudian anggur ini dibanderol fantastis. Hal ini mengingat proses pembuatan, bahan pilihan dan berkaitan dengan kemasan dan perizinan. Masing-masing botol wine tersebut dikemas dengan kotak hitam elegan yang dipernis dengan tangan, sehingga tak satupun kotak yang identik.

Royal Tokaji sendiri harus mendapatkan izin khusus dari pemerintah Hongaria hingga akhirnya bisa membotolkan Essencia dalam kemasan botolan 1,5 liter. Padahal, normalnya anggur yang beredar hanya mentok berisi 0,5 liter.

Mengingat harganya yang menjulang, pembeli wine ini memang sangat ‘langka’. Persis langkanya dengan tahun kadaluarsa wine itu yang mungkin bikin Sahabat Silir mengernyitkan dahi saat mengetahuinya. Bagaimana tidak, Essencia menawarkan tangal kadaluarsa hingga tahun 2300 mendatang.

BACA JUGA: Uniknya Hotel Berbentuk Gitar di Florida yang Menyedot Perhatian

Masa edar yang panjang dari wine ini konon dipicu dari tingkat gula dan keasamaan wine tersebut yang sangat tinggi. Anggur essencia sendiri memang dibuat dengan ‘istimewa’.

Wine ini dibuat di wilayah perkeunan anggur Tokaj, di timur laut Budapest, Hungaria. Banyak wisatawan yang menuju tempat ini sengaha untuk melihat proses pembuatan wine. Kembali ke proses pembuatan Essencia.

Wine manis ini diproduksi bergantung pada botrytis cinerea atau pembusukan mulia. Pembusukan ini akan mengeringkan anggur pada pokok anggur, mengerut dan menjadi sesuatu yang tampak seperti kismis coklat.

Bahan untuk membuat essencia adalah anggur aszo terbaik. Produksi essencia sendiri tak dapat dilakukan setiap waktu, tetapi hanya beberapa tahun sekali.

Hal ini bergantung pada kondisi cuaca yang kurang lebih sempurna untuk botrytis. Nah, tahun 2008 lalu kebetulan merupakan tahun yang baik.

BACA JUGA: 10 Negara Terbaik Untuk Dikunjungi pada Liburan Natal dan Tahun Baru

Selain bahan pilihan, ternyata dibutuhkan kapasitas anggur yang juga banyak untuk membuat essencia. Sekitar 1 kg angur aszu berkualitas baik hanya bisa menghasilkan 1 sendiri teh wine.

Lalu, untuk mendapatkan sebotol wine 37,5 centiliter saja, butuh 20 kg anggur. Dalam takaran tersebut ada 3 persen alkohol yang terkandung di dalamnya.

Oleh karena itu, bisa dibayangkan berapa banyak anggur yang dibutuhkan untuk membuat anggur Essencia 2008 yang dikemas 1,5 liter. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here