Mengulik Glass Sky Walk, Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia

Tak ada batasan aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung. Mereka bisa meloncat-loncat, berbaring, melihat ke bawah atau sekedar bergaya aneka rupa sembari berselfie ria.

0
567

China  memang juaranya bikin ‘dunia gempar’. Etzz.. tapi jangan salah, ‘kegemparan’ yang satu ini bukan soal keributan politik. Namun, ‘kehebohan’ ini tak lain karena Negeri Tirai Bambu selalu memiliki jurus jitu untuk memikat dunia, baik dari sisi perdagangannya maupun dari sisi pariwisatanya.

Sudah bukan hal asing jika negara dengan populasi terbesar di dunia itu memiliki banyak destinasi wisata kelas dunia yang membuat banyak pasang mata pelancong terpana. Sebut saja seperti Tembok Besar China yang masuk dalam jajaran keajaiban dunia.

Mengenal Glass Sky Walk

Tak hanya itu, negeri yang masyur dengan kuline mie ini juga memiliki sederet tempat wisata ekstrim yang bikin geleng-geleng kepala. Salah satunya adalah jembatan kaca Glass Sky Walk di Zhangjiajie. Jembatan kaca ini diklaim sebagai jembatan kaca terpanjang di dunia.

Adalah Haim Dotan yang merupakan perancang asal Israel yang berada di balik kekuatan jembatan itu. Ia merancang jembatan ini dengan teknologi keamanan tingkat tinggi. Adapun material lantai jembatan kaca tersebut terbuat dari 99 panel kaca transparan 3 lapis.

Glass Sky Walk

Jembatan Glass Sky Walk ini bisa dikatakan sebagai ‘mbahnya’ jembatan kaca di Negeri Panda. Pasalnya, setelah kemunculan jembatan Zhiangjiajie ini,  muncul pula jembatan kaca lain di negara tersebut. Meski jembatan serupa lainnya bermunculan, nyatanya jembatan Zhiangjiajie tetap mempertahankan gelar sebagai pemecah rekor jembatan kaca tertinggi di dunia. Tak tanggung-tanggung jarak dari lembah mencapai 300 meter.

Membayangkan ketinggiannya dari permukaan tanah sudah cukup membuat merinding, lalu bagaimana rasanya jika Sahabat Silir berdiri tepat di tengah-tengah jembatan tersebut? Hmmm.. rasanya pasti campur aduk, antara takjub juga was-was.

Bagaimana tidak, saat Sahabat Silir menundukan mata melihat ke bawah, pemandangan yang terlihat adalah ngarai dalam. Bagi Sahabat Silir yang menyukai tantangan dan tak memiliki phobia ketingian, hal ini bukan masalah. Akan tetapi, Sahabat Silir yang memiliki ketakutan terhadap ketinggian, sebaiknya jangan mencoba wahana wisata ekstrim yang satu ini!

Jembatan ini awalnya dibuka untuk umum pada 20 Agutus 2016 lalu. Pembangunan jembatan ini, konon banyak menelan anggaran negara. Namun, rasanya hal itu cukup terbayar dengan ketenaran jembatan tersebut. Terbukti, ke-viral-an jembatan ini tak segera surut dalam hitungan hari bahkan bulan. Sejak dibuka untuk umum hingga kini, jembatan tersebut nyatanya tak pernah sepi pengunjung.

Menjadi destinasi wisata yang cukup menggemparkan dunia, jembatan ini pun sempat dipertanyakan keamanannnya? Seolah tak ingin membuat siapa pun khawatir saat melintasinya, pihak terkait memberikan uji coba ‘kekuatan’.

Hal itu salah satunya dilakukan oleh seorang pria saat pembukaan jembatan tersebut. Ia tampak memukul kaca transparan yang ternyata sangat kuat itu. Meski uji ini cukup memberi bukti kekuatan jembatan tersebut, tetapi rupanya masih ada aksi lain untuk mengetes kekuatan jembatan. Sebuah mobil dengan penumpang penuh pun melintas di atas jembatan tersebut.

Jembatan kaca Zhiangjiajie mampu menampung 8.000 pengunjung sekaligus di atasnya. Tak ada batasan aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung. Mereka bisa meloncat-loncat, berbaring, melihat ke bawah atau sekedar bergaya aneka rupa sembari berselfie ria.

Sementara itu, selain ketinggiannya dari permukaan tanah yang membuat ‘nyali sebagian orang tertantang’, kunjungan yang deras ke jembatan Zhangjiajie juga dipicu oleh pemandangan sekitarnya. Ya, jembatan ini dibangun di tengah-tengah pengunungan Hellelujah—yang menjadi inspirasi latar dalam film Avatar.(y)

Tag:  Mengulik Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia, jembatan kaca Zhangjiajie, Glass Sky Walk Zhangjiajie, Zhangjiajie, pegunungan Avatar, pegunungan Hellelujah, arsitek jembatan Zhangjiajie, Sahabat Silir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here