Menjelajah Kota Kuno Fenghuang, Wisata Budaya China yang Tak Terlupakan

0
470

Membayangkan liburan ke China, gambaran yang terlintas pertama kali pastilah Tembok Besar China. Selanjutnya, keajaiban pegunungan di Tianmen dan Zhangjiajie tak akan luput dari benak. Namun, berwisata ke Negeri Tirai Bambu tak hanya soal cagar alam dan sejarah. Tujuan wisata budaya di China pun layak dijelajahi, salah satunya Kota Kuno Fenghuang di Provinsi Hunan.

Fenghuang dalam bahasa Mandarin berarti burung feniks. Menurut legenda, dua ekor burung abadi berjulukan feng dan huang yang sedang terbang menemukan sebuah kota kecil rupawan di pingir Sungai Tuo Jiang. Mereka pun enggan beranjak dari langit kota itu. Sekarang, masyarakat mengenal Fenghuang sebagai nama kota yang disinggahi burung simbol kedamaian dan kemakmuran tersebut.

Sesuai dengan legendanya, Kota Fenghuang masih menjadi kota terindah di China. Kota kecil Fenghuang dikepung barisan pegunungan dan dibelah oleh aliran Sungai Tuo Jiang. Keindahan alam dari kota tua ini makin sempurna berkat arsitektur bangunan China yang masih asli.

Sejauh mata memandang, Kota Fenghuang menyajikan jejeran rumah-rumah penduduk bertumpuk yang masih terbuat dari batu bata merah dan tiang kayu berhias lampion merah. Di samping itu, ada juga pagoda dan jembatan batu berusia ratusan tahun. Seluruh bangunan tersebut bergaya artsitektur khas suku Miao, sukumayoritas di Fenghuang selain suku Tujia.

Di balik tampilannya yang mempesona, Kota Fenghuang dahulu merupakan tempat bertemunya para politikus, panglima perang, dan bandit. Meskipun terdengar seperti markas berkumpul orang barbar, Kota Fenghuang sama sekali tidak pernah tersentuh perang atau bencana alam. Kota yang dibangun pada masa Dinasti Qing lebih dari 300 tahun silam itu sangat damai dan berjalan lambat. Mungkin inilah yang menjelaskan mengapa waktu di Kota Fenghuang seolah membeku di masa ratusan lalu silam.

Menjelajahi Kota Kuno Fenghuang bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan menumpang perahu menyusuri sungai Tuo Jiang seraya menikmati pemandangan alam dan bangunan kuno. Selain itu,berjalan-jalan menyusuri gang sempit di antara rumah-rumah penduduk lokal yang beratap tradisional China juga amat menyenangkan. Wisata budaya China di Kota Kuno Fenghuang pun makin lengkap dengan berfoto bersama perempuan-perempuan lokal berkostum tradisional suku Miao.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here