Menteri ESDM, Ignasius Jonan Jajal Kopi Osing

0
462
Ignasius Jonan Jajal Kopi Osing
Ignasius Jonan Jajal Kopi Osing

Sibuk Liburan – Di sela kunjungannya ke Banyuwangi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sempat mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di kabupaten ini. Salah satunya adalah Taman Gandrung Terakota yang berada di lereng Gunung Ijen. menteri kelahiran Surabaya itu juga sempat menikmati kopi Osing—kopi khas Bumi Blambangan di Sanggar Genjah Arum di Desa Kemiren, Kecamatan Licin Banyuwangi, Kamis (21/2/2019).

“Saya sengaja menaruh rapat DEN di Banyuwangi. Biasanya di Jakarta, tapi saya ingin suasana berbeda. Banyuwangi kan sekarang dikenal dengan pariwisatanya. Jadinya mereka bisa menikmati wisata di Banyuwangi,” katanya usai menikmati kopi Osing tersebut. Kemiren sendiri merupakan satu dari beberapa desa adat sekaligus wisata yang ada di kabupaten yang kondang dengan jargon ‘Jenggirak Tangi’ tersebut. 

Sementara itu, kunjungan Menteri Jonan ke Banyuwangi sendiri dalam rangka membuka rapat Dewan Energi Nasional (DEN). Acara tersebut diselenggarakan selama 2 hari (21-22/02/2019).

Terkait dengan pariwisata di Banyuwangi, Menteri Jonan mengatakan bahwa Pemkabnya memang memiliki keseriusan dalam menggarap sektor tersebut sebagi bagian dari pengembangan ekonomi kerakyatan. Ia pun mengapresiasi hal tersebut seraya memuji kepala daerahnya.

Ignasius Jonan Jajal Kopi Osing
Ignasius Jonan Jajal Kopi Osing

“Banyuwangi merupakan daerah yang memiliki keseriusan membangun daerah. Ini tak semua kepala daerah memilikinya. Saya senang melihat Banyuwangi serius mengembangkan pariwisatanya untuk mengembangkan perekonomian berbasis kerakyatan,” tandasnya.

Dalam kunjungannya kali ini di Banyuwangi, Menteri Jonan langsung menuju ke Jiwa Jawa Resort. Ia bersama rombongan kemudian melakukan sarapan di tempat tersebut. Selanjutnya,  ia menuju ke Taman Gandrung Terakota ditemani Bupati Banyuwangi Abudlla Azwar Anas. Taman tersebut memiliki persona seribu pateng gandrung lengkap dengan panorama persawahan yang hijau.

Ia juga sempat mengunjungi galeri lukis seniman-seniman Banyuwangi yang ada di kompleks taman tersebut. Dengan dialek Surabaya, “Iki apik,” ia pun memuji karya para seniman tersebut. Puas mengunjungi taman tersebut, ia kemudian bergegas menuju sanggar Genjah Arum.

Di tempat inilah, ia kemudian menikmati kopi Osing racikan Iwan Subekti yang dikenal sebagai peracik kopi internasional. Iwan sukses mengembangkan kopi khas Bumi Blambangan menjadi kopi dengan cita rasa internasional.

Menteri Jonan pun mengatakan kopi Banyuwangi enak. “Kopi Banyuwangi enak-enak,” sebutnya usai usai menyeduh kopi di Genjah Arum.

Terkait pelaksanaan DEN di Banyuwangi, Bupati Banyuwangi pun mengapresiasinya. Hal ini dinilai bisa membantu kabupaten yang dipimpinnya itu dalam mengembangkan wisata MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) di Banyuwangi. Dengan sejumlah hotel yang ada di Banyuwangi ini, wisata MICE menjadi salah satu target yang kita kembangkan.

Kami bersyukur, Kementerian ESDM melalui Dewan Energi Nasional menaruh pertemuan pentingnya di Banyuwangi,” kata bupati yang akrab disapa Pak Anas itu. Selain meningkatkan kunjungan wisata, MICE diharapkan juga bisa membantu menggerakkan sektor ekonomi. (y)

Sumber: detikINET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here