Menengok Segudang Daya Tarik Museum Miraikan di Odaiba, Jepang

Dalam bahasa Jepang, miraikan memiliki makna “lorong masa depan”.

0
664
Museum Miraikan

Sibuk Liburan – Dalam bahasa Jepang, miraikan memiliki makna “lorong masa depan”. Nama yang disematkan kepada museum yang terletak di Odaiba ini seolah ingin menyiratkan negara Jepang sebagai jalan menuju masa depan.

Julukan ini memang sangat tepat menggambarkan keunggulan museum sains dan teknologi di Jepang yang satu ini.

Di museum tersebut, Sahabat Silir akan disuguhi pameran teknologi mutakhir yang sangat menarik. Tak tanggung-tanggung, Miraikan juga acap kali menggelar pameran unik yang akan mangajak Sahabat Silir menyaksikan teknologi-teknologi inovatif yang biasa muncul di film-film fiksi ilmiah.

Museum Miraikan
Museum Miraikan

Tak berhenti sampai di situ, Museum Miraikan masih memiliki segudang daya tarik yang akan membuat Sahabat Silir  penasaran.

Museum Miraikan memiliki nama resmi Museum Nasional Sains dan Inovasi Baru. Museum berlantai tujuh ini berada di jantung Distrik Odaiba yang berdiri di atas pulau buatan di Teluk Tokyo. Wilayah ini memang populer berkat keberadaan sejumlah taman hiburan futuristik, pusat perbelanjaan, dan taman terbuka yang menghadap pantai buatan.

Di atas itu semua, Museum Miraikan tetap menjadi tujuan wisata edukasi utama di Odaiba yang sangat menarik dikunjungi baik bagi orang dewasa maupun anak-anak usia sekolah.

Pameran teknologi mutakhir di Museum Miraikan meliputi berbagai macan penemuan teknologi robot dan android. Robot ASIMO buatan Honda yang menggegerkan dunia sainstek pada awal tahun 2000an juga dapat Sahabat Silir temukan di Miraikan.

Selain itu, ada juga peragaan robot humanoid (android) berwujud perempuan yang mampu berbicara dan bergerak layaknya manusia sungguhan.

Selain itu, masih ada lagi pameran teknologi unik lainnya yang bisa ditemukan di Miraikan. Setelah puas menengok kecanggihan robot, Sahabat Silir bisa mencoba sendiri berbagai macam teknologi mutakhir di sebuah aula yang disebut Area Keingintahuan.

Di sampingnya, ada Area Tsunagari yang mengajak pengunjung menengok berbagai macam informasi mengenai bumi, mulai dari keadaan alam, kebudayaan, teknologi, dan lain sebagainya. Di sini, Sahabat Silir tak akan melewatkan sebuah bola dunia raksasa berisi informasi geologis yang dapat dilihat dari balkon lantai 1 hingga lantai 5.

Menyambangi Miraikan semakin seru berkat kelebihan-kelebihan yang tidak dapat Sahabat Silir temukan di museum sains dan teknologi lain. Di samping menyuguhkan pameran tetap yang dapat Sahabat Silir temui sepanjang tahun, Museum Miraikan juga kerap menggelar pameran spesial tahunan dengan tema-tema yang unik.

Mulai dari pameran tentang Pokemon, Video Game, Anime, hingga segala macam yang berkenaan fiksi ilmiah sudah pernah dipamerkan secara bergiliran di Miraikan.

Di balik tampilannya yang begitu futuristik, ternyata Museum Miraikan memiliki beberapa kelemahan. Di beberapa area yang melibatkan interaksi pengunjung seperti halnya Area Keingintahuan, alat-alat yang dipajang sudah berusia cukup tua, bahkan ada yang rusak.

Meski sebagian petunjuk dan informasi pameran sudah tersedia dalam bahasa Inggris, pengumuman dan peragaan pada beberapa pameran hanya tersedia dalam bahasa Jepang.

Ditambah lagi, sebagian staf museum tidak dibekali kemampuan bahasa Inggris yang baik. Tak ayal, hal ini seringkali membingungkan wisatawan Asing.

Berkunjung ke Museum Miraikan juga lebih dianjurkan dilakukan bersama keluarga dan anak-anak. Pasalnya, museum yang sudah berdiri sejak tahun 2001 ini terkesan lebih mirip taman hiburan yang diisi berbagai macam pameran teknologi unik.

Akibatnya, bagi Sahabat Silir yang hanya tertarik kepada perkembangan sainstek yang aktual mungkin akan merasa bosan. Namun, di balik segala kekurangannya, tidak bisa dipungkiri bahwa Museum Miraikan merupakan museum sains dan teknologi terbesar di Jepang yang sayang dilewatkan bagi Sahabat Silir penggemar wisata edukasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here