Oh… Naik Pesawat Juga Ada Aturan Berpakaiannya Lho!

Baranng kali ini adalah info baru yang mungkin belum banyak diketahui orang. Meski hanya naik pesawat, tetapi rupanya ada lho aturan berpakaiannya.

0
479
Naik Pesawat

Pesawat kini sudah menjadi mode transportasi yang lumrah, baik untuk keperluan bepergian jalan-jalan atau traveling atau untuk mendukung aktivitas pekerjaan, terlebih bagi para pemilik mobilitas tinggi.

Efisiensi waktu dan tenaga membuat mereka lebih memilih mengeluarkan sedikit lebih banyak fulus untuk menebus tiket maskapai dibandingkan menggunakan transportasi lainnya.

Baranng kali ini adalah info baru yang mungkin belum banyak diketahui orang. Meski hanya naik pesawat, tetapi rupanya ada lho aturan berpakaiannya.

Apa itu?

Sebagian orang akan memilih ‘terbang’ dengan pakaian yang nyaman dan cocok dipakai di tempat tujuan. Namun, harus tetap berhati-hati dengan pakaian yang dikenakan. Pasalnya, sejumlah model pakaian, misalnya akan mengisyaratkan penumpang untuk naik ke first class.

Baru-baru ini, seorang pegawai penerbangan di Inggris menjelaskan aturan penumpang mengenai pakaian yang dapat digunakan saat melakukan penerbangan dan juga pakaian yang tak boleh dipakai.

BACA JUGA: Perhatikan 5 Hal Berikut Jika Ingin Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Aturan tersebut memang tak resmi berlaku untuk semua maskapai penerbangan di dunia. Namun, pegawai itu menyebut jika ada satu jenis pakaian yang hampir bisa dipastikan akan membuat calon penumpang diberhentikan di depan gerbang keberangkatan.

Adalah pakaian yang ‘terbuka’ yang dimaksud. “Jangan mengenakan baju dengan kata-kata cabul. Kami tidak bisa membiarkan Anda naik ke pesawat dengan baju yang mengandung kata yang buruk. Anda akan diminta berganti baju karena mungkin akan menyinggung penumpang lain,” katanya seperti dikutip dari Mirror, Rabu (28/11/2019).

Mirror juga menyebut jika pakaian kotor, robek, atau santai seperti jogger perlu dihindari saat akan naik pesawat. Pada beberapa maskapai sendiri bahkan tak menerima penumpang dengan menggunakan pakaian pantai.

Barangkali model pakaian demikian akan diterima di kelas ekonomi, tetapi tidak untuk kelas bisnis dan utama. Pada intinya jika ingin naik pesawat dengan kelas bisnis dan first class , sebaiknya hindari mengenakan pakaian bergaya casual. Selain itu, memperhatikan pakaian yang cocok dan ‘sesuai aturan’ di daerah yang dikunjungi perlu dijadikan pertimbangan.

Masyarakat Indonesia sendiri umumnya akan naik pesawat atau transportasi lainnya dengan gaya pakaian yang sopan. Hal ini sesuai dengan kebiasaan dan norma ketimuran yang memang dijunjung di negara ini.

BACA JUGA: 5 Mitos Pada Pesawat Terbang Beserta Kebenaran Faktanya

Kendati demikian, jika ingin naik pesawat di kelas bisnis dan first class tak ada salahnya untuk mengenakan pakaian yang necis alias lebih sopan dan bekerkelas, menggunakan kemeja, blazer atau mungkin mode pakaian lain yang memberikan kesan formal ketimbang bergaya kasual.

Sementara itu, hal lain yang harus diperhatikan saat akan naik pesawat adalah faktor kenyamanan bagi orang lain. Jangan sampai akibat menuruti ego sendiri, satu pesawat harus turut menanggung akibatnya.

Sebagaimana kejadian yang dialami American Airlines baru-baru ini yang terpaksa ke bandara pangkalan awal akibat seorang penumpang yang mabuk berat dan mengganggu penumpang lainnya. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here