Oh… Naik Pesawat Juga Ada Aturan Berpakaiannya Lho!

Baranng kali ini adalah info baru yang mungkin belum banyak diketahui orang. Meski hanya naik pesawat, tetapi rupanya ada lho aturan berpakaiannya.

Pesawat kini sudah menjadi mode transportasi yang lumrah, baik untuk keperluan bepergian jalan-jalan atau traveling atau untuk mendukung aktivitas pekerjaan, terlebih bagi para pemilik mobilitas tinggi.

Efisiensi waktu dan tenaga membuat mereka lebih memilih mengeluarkan sedikit lebih banyak fulus untuk menebus tiket maskapai dibandingkan menggunakan transportasi lainnya.

Baranng kali ini adalah info baru yang mungkin belum banyak diketahui orang. Meski hanya naik pesawat, tetapi rupanya ada lho aturan berpakaiannya.

Apa itu?

Sebagian orang akan memilih ‘terbang’ dengan pakaian yang nyaman dan cocok dipakai di tempat tujuan. Namun, harus tetap berhati-hati dengan pakaian yang dikenakan. Pasalnya, sejumlah model pakaian, misalnya akan mengisyaratkan penumpang untuk naik ke first class.

Baru-baru ini, seorang pegawai penerbangan di Inggris menjelaskan aturan penumpang mengenai pakaian yang dapat digunakan saat melakukan penerbangan dan juga pakaian yang tak boleh dipakai.

BACA JUGA: Perhatikan 5 Hal Berikut Jika Ingin Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Aturan tersebut memang tak resmi berlaku untuk semua maskapai penerbangan di dunia. Namun, pegawai itu menyebut jika ada satu jenis pakaian yang hampir bisa dipastikan akan membuat calon penumpang diberhentikan di depan gerbang keberangkatan.

Adalah pakaian yang ‘terbuka’ yang dimaksud. “Jangan mengenakan baju dengan kata-kata cabul. Kami tidak bisa membiarkan Anda naik ke pesawat dengan baju yang mengandung kata yang buruk. Anda akan diminta berganti baju karena mungkin akan menyinggung penumpang lain,” katanya seperti dikutip dari Mirror, Rabu (28/11/2019).

Mirror juga menyebut jika pakaian kotor, robek, atau santai seperti jogger perlu dihindari saat akan naik pesawat. Pada beberapa maskapai sendiri bahkan tak menerima penumpang dengan menggunakan pakaian pantai.

Barangkali model pakaian demikian akan diterima di kelas ekonomi, tetapi tidak untuk kelas bisnis dan utama. Pada intinya jika ingin naik pesawat dengan kelas bisnis dan first class , sebaiknya hindari mengenakan pakaian bergaya casual. Selain itu, memperhatikan pakaian yang cocok dan ‘sesuai aturan’ di daerah yang dikunjungi perlu dijadikan pertimbangan.

Masyarakat Indonesia sendiri umumnya akan naik pesawat atau transportasi lainnya dengan gaya pakaian yang sopan. Hal ini sesuai dengan kebiasaan dan norma ketimuran yang memang dijunjung di negara ini.

BACA JUGA: 5 Mitos Pada Pesawat Terbang Beserta Kebenaran Faktanya

Kendati demikian, jika ingin naik pesawat di kelas bisnis dan first class tak ada salahnya untuk mengenakan pakaian yang necis alias lebih sopan dan bekerkelas, menggunakan kemeja, blazer atau mungkin mode pakaian lain yang memberikan kesan formal ketimbang bergaya kasual.

Sementara itu, hal lain yang harus diperhatikan saat akan naik pesawat adalah faktor kenyamanan bagi orang lain. Jangan sampai akibat menuruti ego sendiri, satu pesawat harus turut menanggung akibatnya.

Sebagaimana kejadian yang dialami American Airlines baru-baru ini yang terpaksa ke bandara pangkalan awal akibat seorang penumpang yang mabuk berat dan mengganggu penumpang lainnya. (y)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Tips Agar Naik Balon Udara di Cappadocia, Turki Aman dan Seru

Sibuk Liburan - Turki menawarkan ragam wisata yang menarik, mulai dari bergenre religi, budaya hingga panorama alam. Salah satu spot pemandangan alam...

AC Pesawat Ini Mati, Penumpang Anak-anak Jatuh Pingsan

Sebuah ‘tragedi’ dalam dunia penerbangan baru saja terjadi. Bukan soal pesawat jatuh atau kecelakaan pasca mengudara, melainkan ‘masalah’ sebelum penerbangan dilakukan. Kasus tersebut adalah...

Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Berlibur ke Luar Negeri

Berlibur ke luar negeri tentu menjadi salah satu saat yang dinanti-nanti oleh para traveler. Akan tetapi, hal ini belum tentu dibarengi dengan...

Ribet Bawa Handuk Saat Traveling? Ganti Saja dengan Kanebo!

Bagi para pecinta otomotif, tentu sudah tak asing lagi dengan kanebo. Ya, lap satu ini memang super praktis! Kemampuannya menyerap air dengan...

10 Kota Di Britania Raya yang Wajib Dikunjungi

Britania Raya atau dikenal dengan United Kingdom adalah salah satu negara Eropa favorit para pelancong dan salah satu negara yang perekonimiannya paling...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...