Nikmati Moment Terakhir Ramadan Dengan Keliling Asia Tenggara

0
287
Keliling Asia Tenggara

Sibuk Liburan – Bagi seorang traveler sejati, bulan puasa tak menjadi halangan untuk terus menapakan kaki di tempat baru. Bertandang ke destinasi wisata baru selalu membahagiakan dan merupakan suatu pengalaman berharga. Hanya saja memang harus disesuaikan dengan kondisi tubuh yang tengah berpuasa, sehingga tempat yang dikunjungi bisa dipilih yang tidak terlalu menguras tenaga.

Sahabat Silir juga memilih bertandang ke berbagai tempat di berbagai negara yang memiliki suguhan menarik saat puasa. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, Sibuk Liburan akan mengajak Sahabat Silir keliling Asia Tenggara di Bulan Puasa.

Malaysia

Malaysia

Malaysia bisa menjadi pilihan berlibur di luar negeri saat bulan puasa. Selain letaknya yang tak terlalu jauh dari Indonesia, Negeri Jiran pun mayoritas berpenduduk Muslim. Dengan demikian, di negari asal Diva Pop, Siti Nurhaliza itu akan lebih banyak dijumpai pengalaman menjalankan Ramadhan yang unik.

Ramadhan pun bisa menjadi waktu yang tepat bersafari rasa—tentu saja jika sudah berbuka puasa. Pasalnya, di negara ini banyak penjual makanan menjajakan kuliner yang nendang di perut saat Ramadhan. Menariknya lagi, selama Bulan Puasa, banyak hotel dan restoran yang menyediakan tradisi buffet Ramadhan. Ciamik bukan?!

Singapura

Keliling Asia Tenggara

Tak jauh berbeda dari Malaysia, Singapura menyuguhkan banyak panganan saat Bulan Ramadhan tiba. Festival beragam makanan dan aneka produk digelar hingga malam hari. Masjid-masjid pun membagikan makanan tak peduli kepada wisatawan Muslim maupun non Muslim. Tentu saja, hal ini akan membuat budget makan Sahabat Silir lebih hemat bukan?!

Brunei Darussalam

Wisata Sejarah Asia
Wisata Sejarah Asia

Dari Negeri Singa, bergeser ke Brunei Darussalam. Tak jauh berbeda dengan di Malaysia dan Singapura, negara kaya raya di se-ASEAN ini pun memiliki kebiasaan menggelar festival makanan saat bulan puasa tiba. Meski ‘judulnya’ sama-sama festival makanan, tetapi jenis makanan yang disajikan pun berbeda dengan di kedua negara sebelumnya.

Oleh karena itu, kunjungan ke negara ini pun dipastikan akan memberikan kesan tersendiri. Tak sekedar jelajah rasa, di Brunei, Sahabat Silir pun bisa sekaligus bertandang ke Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dan Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah.

Thailand

Liburan ke Pattaya Thailand
Liburan ke Pattaya Thailand

Mendengar festival makanan atau tradisi unik terkait Ramadhan yang digelar di Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam tentu bukan hal mengherankan. Hal ini mengingat ketiga negara tersebut memiliki banyak penduduk beragama Muslim. Namun, tentu Sahabat Silir akan merasakan pengalaman yang berbeda saat mencoba bertandang ke Thailand kala Ramadhan.

Seperti diketahui Negeri Gajah Putih mayoritas penduduknya beragama Buddha. Meski demikian, negara ini juga memiliki penduduk beragama Islam. Dua tempat di negara yang bisa menjadi rujukan berwisata saat Ramadhan adalah Pattani dan Bangkok. Di kedua tempat itu, Sahabat Silir akan menemukan banyak festival makanan halal yang dijajakan di dekat-dekat masjid.

Bagaimana, tertarik untuk keliling Asia Tenggara? (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here