Pantai Cantik di Banyuwangi yang Asyik untuk Dikunjungi

0
306
pantai canti banyuwangi

Lama dikenal sebagai kota santet, Banyuwangi dalam beberapa tahun belakangan telah menjelma menjadi kota wisata. Banyak destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi di kabupaten berjuluk Tanah Blambangan ini.

Bukan hanya di tingkat lokal, tempat-tempat wisata di kabupaten yang kondang dengan jargon’ Jenggirat Tangi’ ini melainkan juga sudah menggema di luar negeri. Kira-kira mana saja, tempat yang menarik, berikut Sibuk Liburan hadirkan beberapa ulasan tentang pantai cantik di Banyuwangi yang asyik untuk dikunjungi.

Pada 2017 lalu, dua tempat wisata di kabupaten ini bahkan sukses mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi Kota Wisata Bersih tingkat ASEAN (ASEAN Clean Tourist City Award-ACTC) 2017. Kedua tempat tersebut adalah Bangsring Underwater (Bunder) dan Grand Watudodol.

Tempat disebut pertama semula adalah tempat basis bagi nelayan setempat dan kini sudah menjelma menjadi destinasi wisata bahari unggulan. Demikian halnya dengan nama yang disebut kedua yang merupakan pantai pasir putih indah dengan barisan pohon kelapa yang menyejukan. Tempat ini pun terus mendapatkan pembenahan agar tampak lebih cantik.

Beranjak dari kedua tempat tersebut, Banyuwangi juga masih memiliki destinasi wisata bahari lain yang tak kalah menggoda untuk dikunjungi. Adalah Pulau Merah yang menjadi idola kabupaten yang dipimpin oleh Abullah Azwar Anas itu. Pulau merah menawakan pemandangan yang begitu menawan dengan  hamparan pantai pasir putih sepanjang 3 km.

Tak jauh dari bibir pantai terdapat bukit kecil yang cantik setinggi 200 meter. Menengok ke sisi timur, Sahabat Silir akan dihadapkan pada pemandangan pegunungan menjulang nan megah. Sementara di sisi barat, Sahabat Silir bisa menikmati keindahan senja kala sore tiba.

Sungguh hal yang menakjubkan berdiri di pasir putih yang begitu bersih dan menyaksikan sang mentari pulang menuju peraduannya. Konon, pesona pantai ini tak kalah elok dengan pantai Kuta yang ada di Bali. Selain pemandangan tersebut, ombak besar yang mendukung kegiatan surfing juga menjadi daya tarik lain bagi wisatawan.

Masih tentang wisata bahari, Banyuwangi juga memiliki G-Land atau oleh masyarakat sekitar lebih dikenal dengan Pantai Plengkung. Bagi para surfer, tempat ini sudah tidak asing lagi.

Pantai ini menawarkan ‘menu utama’ berupa ombak besar  dengan ketinggan 6-7 meter yang mendukung kegiatan surfing. Demikian besarnya ombak, sampai-sampai pantai ini mendapat julukan “The Seven Giant Waves Wonder”. Pantai ini pun menjadi pantai terbaik kedua setelah Hawaii.

Berseberangan dengan laut, Banyuwangi memang tak mengherankan jika memiliki destinasi wisata bahari yang aduhai. Tentu saja,  masih banyak destinasi wisata lain yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari yang bernuansa kuliner hingga budaya. Segera siapkan dirimu dan jelajahi Bumi Blambangan! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here