Pasar Sentral Kamboja, Asyiknya Belanja Oleh-oleh Khas Kamboja

Tahun 2009-2011, pasar ini sempat mengalami renovasi yang memakan dana sebesar 4.2juta dollar AS dari Badan Pembangunan Perancis.

Pasar tradisional adalah cermin kearifan masyarakat lokal tiap daerah atau negara. Berbelanja di pasar tradisional jelas membuat kita lebih mengenal kebiasaan masyarakat tempat yang kita kunjungi.

Nah, jika Sahabat Silir tengah berlibur ke Kamboja dan ingin membeli oleh-oleh khas negeri pagoda tersebut dengan harga miring, ada tempat yang layak banget dikunjungi, yaitu pasar sentral (Central Market). Seperti apa ya asyiknya berbelanja oleh-oleh khas Kamboja di pasar ini? Berikut ulasannya.

Sejarah Pasar Sentral (Psar Thmei)

Pasar ini sudah ada sejak 82 tahun lho, saat Kamboja masih dijajah Perancis. Ya, pasar ini dibangun pada periode 1935-1937 dengan arsitektur khas Art Deco.  Bentuknya salib dengan kubah yang megah dan anggun.

Pasar Sentral Kamboja
Sumber foto: rizkih88’s blog

Di sisinya ada empat sayap dengan toko yang menjual beragam barang. Dari perhiasan hingga makanan. Seperti  layaknya pasar tradisional di Indonesia, Sahabat Silir bisa merasakan sesaknya di bagian luar dengan segala barang yang dijual. Pasar ini menjadi salah satu yang dipenuhi wisatawan yang ingin membeli perhiasan hingga oleh-oleh khas Kamboja.

Tahun 2009-2011, pasar ini sempat mengalami renovasi yang memakan dana sebesar 4.2juta dollar AS dari Badan Pembangunan Perancis.

Kegiatan yang bisa dilakukan

Namanya saja di pasar, tentunya jual beli menjadi aktivitas pokok di dalamnya. Seperti layaknya pasar tradisional, bisa di pasar ini Anda bisa nawar lho! Biasanya para pedagang main getok harga untuk turis asing. Namun, jika Sahabat Silir ke pasar ini didampingi pemandu, maka kita akan mendapat gambaran kios mana yang harganya bersahabat dan barangnya bagus.

Segala makanan juga ada di sini, termasuk buah-buah tropis, seperti buah naga dan pepaya. Bagi para fotografer, keberadaan buah-buahan tropis semacam ini tentu menarik untuk objek foto. Lalu, soal barang ada juga baju-baju second merek asing. Ada pula jam, ettz tetapi jangan berharap mereknya asli ya.

BACA JUGA: 5 Hotel Terbaik di Kamboja

Jika ingin membeli perhiasan, Sahabat Silir bisa masuk ke dalam pasar sembari menikmati keindahan arsitekturnya. Perhiasan emas, batu permata, perak dan lainnya ada lho di sini. Lumayan bukan buat oleh-oleh kerabat dan teman-teman?!

Fakta Menarik Pasar Sentral

Pasar tradisional adalah gambaran keunikan budaya suatu tempat. Nah, jika Sahabat Silir mencium bau aneh seperti bau ikan, itu namanya prohok alias pasta ikan yang sudah difermentasi. Prohok adalah bumbu khas Kamboja, seperti layaknya terasi di Indonesia.

O, ya di pasar ini juga menerima pembayaran dengan dollar AS. Jangan kaget pula jika menemukan pedagang yang bisa berbahasa Indonesia. Maklum, orang Melayu yang berjualan di Pasar Sentral ini lumayan banyak.

Ke pasar tanpa mencicipi jajanan kok kurang lengkap ya?! Nah ,di pasar ada tempat jajan yang uniknya tak ada turis asing. Isinya orang lokal semua. Wah kenapa ya?

Sonny Side, traveler dan pakar makanan, dalam channel Best Ever Food Review Show, mencoba petualangan baru dengan ke lokasi tersebut. Ternyata, orang lokal menyukai sate jeroan. Ya, organ tubuh hewan dijual dalam bentuk sate digoreng di pasar tersebut.

Lalu, Sahabat Silir bisa menikmati beragam makanan laut di pasar tersebut. Salah satu yang cukup yummy adalah cumi panggang. Wah cuminya besar lagi!

Seperti di negara tetangganya Thailand, di Kamboja makan serangga juga menjadi hal yang umum. Jika ingin mencoba makanan anti mainstream, bisa juga di Pasar Sentral ini. Bahkan ada traveler yang mengatakan bahwa serangga rasanya lebih enak dari makanan laut. Wah, bener nggak sih? Sahabat Silir wajib membuktikannya!

Namanya juga pasar, segala bau daging dan ikan ada di situ. Mau jajanan manis? Sahabat Silir bisa mencicipi kolang kaling dengan susu kental manis. Namun, dengan segala aroma yang ada terasa kolang kalingnya seperti aroma daging.

Kemudian, ada beberapa cemilan yang digoreng. Salah satu yang tak asing lagi adalah pisang goreng. Lho bedanya apa dengan pisang gorebng yang biasa dijual di Indonesia? Lapisan luar pisangnya ada kelapa parut, nasi, telur, tepung dan rasanya renyah banget. Intinya tidak usah berpikir panjang jika jajan di pasar tradisional seperti ini. Nikmati saja, tidak usah membayangkan aroma di sekitar.

Akomodasi dan Transportasi ke Pasar Sentral Kamboja

Pasar buka di pagi hari hingga sore. Pastikan berkunjung di musim panas karena jika hujan pasar ini rentan banjir.

Sudah banyak paket tur ke Pasar Sentral ini. Biasanya tur tengah hari ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau,sekitar Rp 400,000 ribuan. Sementara wisata kuliner selama lima jam harganya sekitar Rp 800 ribuan. Tur bisa disesuaikan dengan minat wisatawan. Seru bukan?

BACA JUGA: 5 Kudapan Manis dari Kamboja yang Mirip Kue Nusantara

Pasar Sentral berlokasi di pertigaan Kampuchea Krom Street dan 63 Street in Daun Penh District. Bisa dijangkau dengan taksi atau transportasi lain. Nah, pastikan Sahabat Silir dalam kondisi sehat ya untuk berjalan di pasar yang penuh sesak itu.

Oh ya, berikut ini beberapa hotel dekat Pasar Sentral yang bisa jadi pilihan.

New York Hotel

Namanya boleh saja New York. Namun,lokasinya di Phnom Penh. Hotel inimenjadi pilihan karena selain murah (harga termurah sekitar Rp 331,725 per malam untuk dua orang dewasa) dan itu sudah termasuk sarapan gratis lho!

Lokasinya juga strategis dekat dengan tempat-tempat wisata di kota ini. Fasilitasnya juga baik, dari pembersih udara,akses Wi-fi gratis,kopi instan gratis di setiap kamar dan sebagainya.

Point Boutique Hotel

Salah satu hotel dengan tarif murah meriah namun fasilitasnya memadai. Harga kamar per malam tergantung jenis kamarnya. Dari Rp 263,000 hingga Rp 463,000.

Nah, bagi yang membawa anak-anak,ada kabar baik.  Untuk pemesanan Suite junior, jika ada dua anakdibawah 13 tahun ikut, maka bisa menginap gratis lho! Asyik kan?

V Boutique Hotel

Tarif hotel ini terbilang cukup terjangkau (SekitarRp 453,000 lewat Booking.com). Namun,fasilitasnya bagus banget. Yang terpenting juga, sarapan gratis lho!

Selain itu lokasinya tidak jauh dari berbagai destinasi wisata seperti Pasar Sentral dan Museum pembantaian Khmer Merah Tuol Sleng.

Vacation Boutique Hotel

Namanya juga vacation (liburan). Hotel ini memang cocok untuk liburan. Tarifnya terbilang murah. Jika dikonversikan ke dalam Rupiah, per malamnya sekitar Rp423,616.

Semua kamar dilengkapi dengan flat screen TV dan beberapa kamar mempunyai balkon dimana kita bisa menghirup udara segar melihat kota dari atas.

Dekorasi boutique hotel ini tidak nek-neko,namun justru disitulah daya tariknya. Tarifnya termasuk sarapan yang terdiri dari dua menu: Amerika dan Asia . Oke banget kan?!

Bagaimana, Sahabat Silir sudah siap menjelajah Pasar Sentral Kamboja? Selain asyik berbelanja, jalan-jalan di pasar tradisional memperkaya pengalaman yang tidak bisa kita dapat saat berjalan-jalan di pusat perbelanjaan mewah. Oh ya, jangan lupa berburu cindera mata ya Sahabat Silir saat berpetualang di pasar sentral ini. (YR)

Tag: Asyiknya Belanja Oleh-oleh Khas Kamboja di Pasar Sentral, Sahabat Silir, Psar Thmei, kamboja, pasar sentral kamboja, pasar sentral, Art Deco

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

10 Negara Terbaik Untuk Dikunjungi pada Liburan Natal dan Tahun Baru

Apakah Sahabat Silir sudah merencanakan liburan akhir tahun atau malah sedang bingung akan liburan ke mana pada Natal tahun ini? Apabila pertanyaan...

Gebrakan Anyar! di Kabin Pesawat Ada Kasur Tingkat

Kabin Pesawat - Mengantongi label sebagai alat transportasi tercepat rupanya belum membuat si burung besi berpuas diri. Inovasi dalam dunia penerbangan terus...

Serunya Menjelajah Qianling Mountain Park

Tempat mana yang Sahabat Silir pikirkan untuk dikunjungi saat melancong ke China? Tembok Besar, Kota Terlarang, Beijing atau Hainan?

Tak Disangka! 5 Hal Sepele Ini Sering Dibutuhkan Saat Traveling

Sibuk Liburan - Mempersiapkan perjalanan jelang liburan merupakan hal yang harus diperhatikan secara seksama. Kadang kala seseorang sering luput atau mengalami kebutuhan mendadak dengan...

5 Destinasi Menarik yang Bisa Dikunjungi Secara Gratis di London

Kota London dikenal akan biaya hidupnya yang serba mahal. Sahabat Silir mungkin perlu merogoh kocek lebih dalam saat berkunjung ke kota besar...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...