Pernah ke China, 80 Turis Ditolak Masuk Bali

COVER: Ilustrasi turis
Ada sebanyak 80 Warga Negara Asing (WNA) yang ditolak masuk ke Bali dengan alasan pernah ke China sebelumnya.

Virus Corona masih belum menunjukan tanda akan mereda. Sebaliknya, penyebarannya yang kian massif membuat banyak negara melakukan langkah preventif untuk mengantisipasi virus yang berasal dari Kota Wuhan, China itu merebak.

Langkah senada juga ditempuh Pemerintah Indonesia yang mulai menghentikan sementara penerbangan dari dan ke Negeri Tirai Bambu. Selain itu, pemerintah juga melakukan tindakan lebih ketat untuk memasukan turis ke Tanah Air.

80 Turis Ditolak Masuk Bali

Sebagaimana kabar terbaru yang dikutip dari detik Travel, (11/2/2020) bahwa ada sebanyak 80 Warga Negara Asing (WNA) yang ditolak masuk ke Bali dengan alasan pernah ke China sebelumnya.

“Penolakan totalnya WAN ada 80 sampai jam 18.00 tadi. Alasan yang sama karena pernah riwayatnya mengunjungi China,” kata Kasi Informasi Imigrasi Ngurah Rai Putu Suhendra pada Senin, (10/2/2020).

Turis China di Indonesia
Ilustrasi: turis

WNA yang dilarang masuk Bali tersebut memiliki riwayat berkunjung ke China dalam dua pekan terakhir. Setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai, mereka diperiksa oleh pihak bandara. “Ya kita periksa di bandara dan ternyata yang bersangkutan punya riwayat pergi ke China 2 minggu terakhir,” ucap Suhendra.

Dijelaskan lebih jauh bahwa para WNA yang ditolak masuk Pulau Dewata tersebut dikembalikan ke pesawat yang sama. Langkah ini dilakukan untuk menghindari merebaknya virus corona. Langkah yang ditempuh tersebut merujuk pada aturan internasionall.

BACA JUGA: Sektor Pariwisata Indonesia Terdampak Virus Corona: 20 Ribu Wisman Batal ke Bali

“Itu aturan internasional kalau kita mengembalikan orang kita harus mengembalikan dengan pesawat yang sama ke port yang terakhir di mana dia naik,” sebutnya lagi.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Indonesia resmi menghentikan penerbangan sementara dari dan ke China menyusul semakin merebaknya virus corona. Langkah ini rupanya mendapatkan reaksi dari pemerintah Negeri Panda.  

“Menurut saya kalau ambil pembatasan seperti terhadap penukaran personal penerbangan dan perdagangan kami sangat tidak berharap itu dampaknya. Itu sebenarnya juga akan merugikan ekonomi perdagangan dan pariwisata Indonesia sendiri,” kata Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, di kantor Kedutaan Besar China di Jakarta, Selasa (4/1/2020) lalu sebagaimana dikutip Sibukliburan.id dari detikTravel.

Tak dipungkiri jika virus corona ini telah berdampak pada banyak sektor, termasuk urusan perniagaan dan pariwisata. Indonesia sendiri turut terkena imbas dari menyebarnya virus yang kabarnya bersumber dari hewan tersebut.

Sebagaimaa diungkapkan Ketua Perhimpunan Hotel Republik Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, beberapa waktu lalu bahwa sebanyak 20.000 wisatawan mancanegara (wisman) membatalkan perjalanannya ke Bali. Sebanyak 40 ribu kamar di Bali juga dibatalkan.

Praktis kondisi ini berdampak pada potensi kehilangan pendapatan yang cukup tinggi. Sebagian besar dari turis yang membatalkan kunjungan tersebut berasal dari China. Diketahui, China merupakan negara penyumbang turis terbanyak ke Indonesia setelah Malaysia. (y)

Mungkin kamu juga suka

Everest! Menjadi Impian Pendaki, Namun Juga Titik Terngeri di Bumi

Siapa tak mengenal Everest?!Ya, puncak gunung tertinggi di dunia itu memang memikat dan menjadi tempat impian bagi...

Shinjuku Tempat Wisata Serba Ada di Tengah Hiruk Pikuk Tokyo

Shinjuku - Wilayah Tokyo–Jepang memiliki banyak tempat berkarakter yang bisa dipilih untuk dijelajahi oleh masing-masing individu. Apabila Sahabat Silir berniat untuk melakukan...

Yongpyong Ski Resort, Fasilitas Ski Modern Pertama dan Terbesar di Korea Selatan

Sibuk Liburan - Berlibur saat musim dingin di Korea Selatan tidak lengkap rasanya jika belum mencoba bermain ski. Negeri asal hallyu ini...

Menengok Keajaiban Arsitektur India di Kota Jaipur

Menengok arsitektur bangunan di Kota Jaipur, siapapun pasti terperangah. Kota berjulukan Pink City ini menjadi rumah bagi ratusan bangunan dan istana kerajaan...

Menjajal Keseruan Wahana ala Film Hollywood di Universal Studio Singapore

Berkunjung ke Sentosa Island Singapura, pastinya salah satu spot yang jarang dilewatkan adalah replika bola bumi dengan semburan air di sekitarnya. Tempat...

Terbaru

Shilin Market, Pasar Malam Terbesar dan Terbaik di Taiwan

Apakah Sahabat Silir tengah merencanakan liburan ke Taiwan dalam waktu dekat?! Jika iya, ke mana saja destinasi yang ingin ditujun?

Gede! Inilah Deretan Bandara Terbesar di Indonesia

Indonesia dalam beberapa tahun belakang terus melakukan pembenahan infrastruktur. Salah satu yang menjadi fokus penggeberan di sektor tersebut adalah bandara.

Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan, 156 Kasus Telah Ditemukan

Virus Corona masih menjadi perbincangan panas, utamanya di kawasan Asia Timur. Hal ini mengingat virus tersebut bersangkar di Wuhan, China yang merupakan...

Cerita Batik Air yang Ditugaskan Menjemput WNI di Wuhan

Virus corona yang mulai merebak dari Wuhan, China telah menjadi topik panas dalam beberapa waktu belakangan. Munculnya virus yang bersumber dari hewan...

Jangan Tertukar! Inilah Perbedaan Tower Bridge London dan London Bridge

Inggris masih menjadi primadona wisata ke luar negeri banyak banyak wisatawan, termasuk wisatawan asal Indonesia. Banyaknya destinasi wisata yang menarik menjadi alasan...

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Translate »
WhatsApp Chat via WhatsApp