Pesona Khazanah Ramadhan 2019, Event Khas Ramadhan di NTB

0
538
Pesona Khazanah Ramadhan 2019

Sibuk Liburan – Memasuki bulan Ramadhan, banyak daerah menyelenggarakan acara yang bernuansa Khazanah Ramadhan. Selain menjadi rutinitas tahunan untuk menyemarakan bulan puasa, event tersebut acap kali juga mengundang minat wisatawan untuk bertandang, terutama wisatawan Muslim. Hal ini pula yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam rangka meramaikan Ramadhan tahun ini, propinsi yang masyur dengan destinasi Pulau Lombok ini kembali menggelar event bertajuk Pesona Khazanah Ramadhan. Acara tahunan ini digelar sejak 8 Mei hingga 25 Mei mendatang. Acara tersebut dipusatkan di Islamic Center NTB, Dasan Agung, Selaparang, Gomong, Selaparang, Kota Mataram, NTB.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyebut NTB sebagai salah satu destinasi wisata terbaik bagi traveler Muslim di bulan puasa. Hal ini tidak terlepas dari konsep wisata halal yang diusung oleh propinsi tersebut. Seperti telah banyak dikabarkan sebelumnya, NTB bisa dikatakan sebagai pioneer wisata halal di Indonesia. Pulau Seribu Masjid ini memang menyedikan beragam fasilitas untuk mendukung aktivitas para traveler Muslim. Demikian halnya saat puasa tiba, beragam atraksi menarik di suguhkan, termasuk melalui Pesona Khazanah Ramadhan 2019.

“Selama bulan puasa Ramadan, pesona wisata NTB akan dimeriahkan oleh kegiatan tahunan, yakni Khazanah Ramadhan. Di situ banyak sekali event yang bermanfaat bagi travelers Muslim,” kata Rizki.

Masuk dalam jajaran 100 atraksi wisata terbaik Indonesia 2019 (100 Calendar of Events 2019), yang dirilis Kementerian Pariwisata, event Ramadhan yang digelar saben tahun itu dipastikan akan sangat meriah dan lengkap. Di dalamnya terdapat berbagai acara menarik, mulai dari pameran, bazaar, lomba fotografi, bedah buku, kerajinan tangan, table top Islami hingga pameran seni budaya Islam.

Rizki menambahkan event tersebut diharapkan juga bisa menjadi ajang silaturahim antara umat. “Acara Khazanah Ramadhan ini bisa menjadi alternatif serta daya tarik bagi umat Islam untuk memaknai Ramadhan dengan penuh arti. Di samping itu, event ini juga bisa menjadi ajang silaturahim antar umat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan Festival Pesona Khazanah Ramadhan merupakan salah satu program pariwisata andalan NTB, khususnya di Lombok. Ia pun mengharapkan event ini bisa memberikan kesan berbeda kepada wisatawan yang bertandang di bulan Puasa.

“Harapannya event ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB selama Ramadhan dan memberi kesan berbeda kepada wisatawan yang datang selama Ramadhan,” ujar Faozal di Mataram, NTB, Rabu (8/5) sebagaiman Sibuk Liburan kutip dari Republika.id.

Guna membuat suasana lebih semarak dan penuh makna, pihak panitia Pesona Khazanah Ramadhan  siap mendatangkan 4 Imam Besar dari Timur Tengah. Penyanyi religi Opick pun siap dihadirkan pada kegiatan malam Nuzulul Quran. Selain itu, diharapkan jika Ustad Arifin Ilham sudah sehat bisa mengisi kegiatan Ramadhan pada h-5 Lebaran. Acara bakal semakin samarak dengan gelar takbiran disertai pawai pada penghujung Ramadhan. “Di pengujung Ramadhan, saat malam takbiran kita akan gelar pawai obor sambil takbiran,” ungkapnya lagi. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here