Pilihan Destinasi Wisata di Thailand, Malaysia dan Singapura Saat Libur Lebaran

0
585
Libur Lebaran

Sibuk Liburan – Lebaran tahun 2019 ini, apa rencana Sahabat Silir? Apakah ingin mudik ke kampung halaman atau malah ingin bersama-sama keluarga melancong ke luar negeri? Apabila opsi kedua yang opsi pilih, traveling ke tiga negara, yaitu Thailand, Malaysia dan Singapura bisa menjadi pilihan.

Pasalnya, ketiga tempat tersebut tak terlalu jauh dari Indonesia, sehingga budget untuk ke negara tersebut juga tidak terlalu membengkak. Apalagi mengingat banyaknya maskapai penerbangan yang menawarkan promo menarik dengan tujuan negara tersebut. Selain itu, ketiga negara tersebut juga memiliki banyak pilihan destinasi wisata untuk merayakan suka cita saat libur Lebaran bersama keluarga.

Diawali dari Thailand, meski negeri ini mayoritas penduduknya beragama Buddha, tetapi bukan berarti tidak memiliki tempat wisata yang ramah Muslim. Negeri Gajah Putih memiliki beberapa tempat menarik yang mengusung wisata halal. Salah satunya adalah Masjid Ton Son yang berdiri sejak 1688.

libur lebaran
Masjid Ton Son – Sumber foto: Republika

Nama TonSon sendiri diambil dari Bahasa Thai yang berarti pohon pinus kembar—pohon itu pun dapat dijumpai di gerbang pintu masuk masjid. Lokasinya tak jauh dari Wat Arun. Masjid yang sudah berusia ratusan tahun itu, tampak indah dengan arsitektur tradisional Thailand yang berpadu dengan unsure Timur Tengah.

Selain masjid, terdapat pula pusat perbelanjaan yang ramah Muslim. Adalah Platinum Fashion Mall yang dikenal sebagai pusat belanja fashion murah di Thailand. Mall yang satu ini pun dilengkapi dengan gerai-gerai atau resto makanan halal. Sahabat Silir dan keluarga pun bisa puas berbelanja tanpa perlu khawatir kesulitan menemukan makanan halal. Pusat belanja lainnya yang juga memiliki fasilitas resto halal adalah The Market Bangkok.

Dari Thailand, bergeser ke Singapura. Negeri Singa pun juga memiliki banyak tempat yang ramah bagi wisatawan Muslim. Salah satunya adalah Kampong Glam. Seperti namanya, kampung menyajikan suasana yang glamour alias mewah nan gemerlap. Berwisata di tempat ini, Sahabat Silir akan mendapatkan beberapa pengalaman berwisata sejarah, budaya hingga sentuhan gaya hidup nan trendi.

Kampong Glam

Penjelajahan bisa dimulai dari Museum Malay Heritage Center yang merupakan warisan dan budaya masyarakat Melayu Singapura. Tak jauh dari tempat tersebut terdapat toko penjual kain hingga pernak-pernik. Sahabat Silir pun dapat bersafari rasa dengan menu-menu halal di Kampong Glam Café yang menyajikan makann Melayu dan Indonesia. Apabila ingin sholat juga tak perlu khawatir, karena hanya dua menit dari Kampong Glam Café terdapat Masjid Sultan.

Sementara itu, jika Sahabat Silir ingin menghabiskan liburan Lebaran bersama keluarga dengan cara berwisata kuliner, Penang, Malaysia adalah tempat paling direkomendasikan. Pasalnya, kota ini dikenal sebagai surga wisata kuliner terbaik di Negeri Jiran. Beberapa kuliner terkenal yang bisa diicip-icip antara lain Ice Kachang, Nasi Kandar, Nasi Ulam dan Penang Asam Laksa.

Ice Kachang

Apabila di Thailand dan Singapura, wisatawan Muslim harus memilih-milih tempat yang ramah muslim atau mengusung konsep wisata di halal, di Malaysia tentu Sahabat Silir lebih leluasa. Sebagaimana diketahui, negeri asal diva Siti Nurhaliza ini memang dikenal mayoritas penduduknya beragama Islam. Di mana pun Sahabat Silir berkunjung, tak akan kesulitan mendapatkan makanan halal, mushola atau masjid juga tempat penginapan ramah Muslim. 

Demikian beberapa pilihan destinasi wisata di Thailand, Malaysia dan Singapura yang dapat Sahabat Silir kunjungi saat libur Lebaran nanti. Selamat Liburan dan Selamat Lebaran 2019. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here