Waduh, Pulau di Jepang Ini Terlarang Bagi Wanita!

Pulau Okonoshima memang sudah menjadi pulau yang terlarang bagi wanita sudah sejak dulu dan ini telah menjadi tradisi turun temurun.

0
309
pulau okunoshima

Jepang terkenal dengan banyak pulaunya. Namun, ada satu pulau di Negeri Sakura tersebut yang unik, karena terlarang bagi wanita. Namanya adalah Pulai Okonoshima.

Apa kira-kira alasan di balik haramnya pulau tersebut bagi kaum hawa?

Sibuk Liburan akan mengupasnya berikut ini.

Pulau Okonoshima, pulau Jepang yang terlarang bagi wanita

Usut punya usut, Pulau Okonoshima memang sudah menjadi pulau yang terlarang bagi wanita sudah sejak dulu dan ini telah menjadi tradisi turun temurun. Pulau yang berada di Prefektur Fukoka itu hanya boleh dikunjungi oleh laki-laki saja. Pun demikian mereka juga harus mengikuti syarat yang sudah ditetapkan.

BACA JUGA: Megah dan Indah! Inilah Deretan 10 Kastil Terbaik di Jepang

Di pulau tersebut terdapat Kuil Munakata Taisha Okitsumiya yang telah berdiri sejak abad ke-17 lalu. Kuil itu sendiri dibagun untuk mendoakan keselamatan para pelaut. Bagi kaum adam yang hendak memasuki kuil tersebut, diwajibkan untuk menanggalkan pakaiannya. Selain itu, mereka juga harus disucikan lebih dulu dengan upacara formal.

Kelinci di Pulau Okonoshima

Tak hanya itu, pulau ini juga memiliki keunikan pada ‘jadwal’ kunjungannya. Disebutka bahwa pulau ini hanya boleh dikunjungi satu kali selama setahun, pada tanggal 27 Mei. Penetapan tanggal tersebut tak terlepas dari bagian untuk mengenang prajurit Jepang yag meninggal pada perang di Laut Jepang pada 1905 silam.

Jumlah pengunjung di Pulau Okonoshima pun dibatasai hanya 200 orang saja demi menjaga kesakralan pulau. Para pengunjung itu pun harus melalui ritual pembersihan diri di laut. Pengunjung ke pulau ini pun terbatas pada pria Shinto saja.

Meski menjadi kawasan yang ‘limited’, tetapi Pulau Okinoshima menjadi menjadi salah satu Situs Warisan Dunia ke UNESCO. Penetapan atau label tersebut memang bisa dipahami, mengingat banyaknya keunikan di pulau ini.

Selain sederet keunikan yang telah disebutkan di atas, pengunjung pulau ini juga dilarang membawa cendera mata apa pun. Mereka juga tak diperkenanka menceritakan rincian tentang kunjungan yang dilakukan di pulau tersebut.

Cerita lama yang beredar tentang pulau ini, bahwa sulu ada seorang pendeta Shinto yang tinggal di Pulau Okinoshima. Pulau ini  sendiri dulu digunaka sebagai tempat ritual untuk mendoakan kapal-kapal yang berlayar berdagang dengan Korea dan China.

Kapal ke Pulau Okonoshima

Di pulau ini banyak ditemukan peninggalan bersejarah. Tak kurang dari 8.000 artefak yang dibawa ke pulau ini merupakan persembahan dari luar negeri. Artefak tersebut terdiri dari berbagai benda, diantaranya, pedang, cermin, maupun termasuk beberapa cincin emas dari Semenanjung Korea.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Asyik di Tokyo Jepang, Pengen ke mana?

Sementara itu,  selain memiliki pulau unik tersebut, Jepang juga mempunyai tradisi yang mungkin bagi orang Indonesia terdengar nyleneh. Ya, di negara yang terkenal dengan Sushi-nya itu, terdapat festival telanjang atau dalam bahasa setempat disebut dengan Hadaka Matsuri.

Festival yang diikuti laki-laki ini berlangsung di  Kuil Saidaiji Kannonin pada tahun ini, tepatnya pada Sabtu, (15/2/2020). Dalam festival itu, para pria sebenarnya tak benar-benar, tetapi mereka mengenakan celana tradisional fundhosi seperti yang dikenakan para pesumo. Digelarnya festival ini sebagai bentuk syukur atas panen yang berlimpah, kemakmuran juga kesuburan. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here