Ragam Wisata Sejarah di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Menyandang predikat sebagai Daerah Istimewa, Yogyakarta nyatanya memang istimewa di hati banyak orang. Tak hanya di negeri sendiri, ketenaran daerah yang lebih kondang disebut Jogja itu juga menggema di penjuru dunia. Hal ini tak terlepas dari wisatanya yang lengkap dan selalu memberi kesan ‘istimewa’.

Bagaimana tidak? Propinsi yang berbatasan dengan Jawa Tengah di sisi utara, barat dan timur ini memang memiliki jenis wisata yang lengkap. Panorama gunung hingga laut bisa dijumpai di kota berjuluk Kota Pendidikan ini.

Penggemar wisata kuliner pun dipastikan akan dibuat bergoyang lidah menikmati sajian khasnya yang beragam dan lekat dengan rasa manis. Penyuka wisata sejarah dan budaya pun akan terlena menikmati peninggalan sejarah dan budaya warisan peradaban luhur masa lalu.

Apalagi Jogja memiliki banyak tempat wisata sejarah yang menarik dikunjungi. Dalam artikel berikut akan diuraikan beberapa ragam wisata sejarah di Kota Gudeg.

Pertama, Keraton Kasultanan Nyayogyakarta Hadiningrat tentu menjadi destinasi utama yang wajib dikunjungi di kota ini. Tak seperti di daerah lain, yang fungsi kerajaan sudah tidak begitu kentara, ‘hidupnya’ kerajaan di Jogja masih sangat kental.

Saat bertandang ke keraton, Sahabat Silir akan menjumpai suasana seperti digambarkan dalam buku-buku sejarah. Gamelan berbunyi, abdi dalem melaksanakan fungsinya masih dapat dijumpai sampai saat ini. Masih lestarinya adata dan ‘hidupnya’ Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi salah satu bukti nyata bahwa di gempuran arus modern sama sekali tidak menggerus nilai-nilai budaya yang merupakan warisan dari peradaban luhur di masa lalu.

Tak jauh dari Keraton, Sahabat Silir bisa melihat Masjid Gedhe Kauman yang merupakan Masjid Raya Kesultanan Yogyakarta. Letaknya ada di sisi utara, tepat di sebelah barat Alun-Alun Utara. Arsitektur bangunanannya cukup unik.

Masjid ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I bersama Kyai Fatih Ibrahim Diponingrat, seorang penghulu Kraton pertama. Masjid ini menjadi simbil dari Kerajaan Mataram Islam.

Bergeser ke utara lagi, Sahabat Silir juga akan menemukan bangunan sejarah yang tak kalah menakjubkan. Berlokasi di titik nol kilo meter, terdapat Istana Kepresidenan Yogyakarta. Keberadaan istana negara tersebut tak terlepas dari sejarah Yogyakarta yang sempat menjadi Ibukota Republik Indonesia pada 1946 hingga 1949.

Di seberang Istana Negara, terdapat Benteng Vredeburg yang merupakan peninggalan masa Kolonial Hindia Belanda. Kini, benteng tersebut difungsikan sebagai museum perjuangan nasional Indonesia dan menjadi destinasi wisata edukasi tentang seni, kebudayaan dan sejarah.

Berjarak beberapa puluh meter saja, tepatnya di dekat perempapatan Kantor Pos Besar, terdapat Monumen Serangan Umum 1 Maret. Monumen tersebut dibangun untuk memperingati serangan umum yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia yang dikomandoi oleh Letnan Kolonel Soeharto. Kini, sebagai salah satu spot yang juga banyak dikunjungi turis, monument ini juga menjadi spot untuk berswa foto.

Beranjak dari pusat kota Jogja, Sahabat Silir juga bisa mencoba berkunjung ke Makan Imogiri. Jangan berpikir angker dan mengerikan dulu! Pasalnya, makam ini istimewa, yaitu sebagai makam para raja-raja Mataram. Di makan inilah raja-raja dari Kerajaan Mataram Islam disemayamkan.

Bukan hanya dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, melainkan juga dari Kasunan Surakarta. Saat ingin masuk ka areal utama makam-makam tersebut, harus menggunakan pakain khas. Para pria menggunakan pakaian peranakan berupa basekap berwarna hitam atau biru tua bergaris–garis, tanpa memakai keris,atau hanya mengenakan jarit tanpa baju.

Sementara untuk wanita mengenakan kemben dan tidak diperkenakan menggunakan perhiasan. Nah, demikian kira-kira beberapa raganm wisata sejarah di Jogja yang bisa Sahabat Silir coba jelajahi. Selamat bertualang di Kota Bakpia!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Iyashi No Sato, Desa ‘Kuno’ di Kaki Gunung Fuji

Jepang tak henti menawarkan pesona. Di masa kini, negara yang berada di kawasan Samudra Pasifik ini terkenal dengan berbagai teknologinya yang mutakhir....

Air Terjun Cheonjiyeon, Pemandian 7 Bidadari di Pulau Jeju

Masyarakat Indonesia mungkin sudah pernah mendengar kisah legenda Jaka Tarub tentang tujuh bidadari yang sedang turun ke Bumi untuk mandi. Ternyata di Korea Selatan, terdapat...

Banyuwangi Resmi Menyandang Status Kawasan Geopark Nasional

Sibuk Liburan - Potensi alam dan kekayaan geologis Indonesia memang tak perlu dipertanyakan lagi. Setelah sebelumnya memiliki tujuh Geopark Nasional, Indonesia kembali melakukan sertifikasi...

Menjajal Keseruan Wahana ala Film Hollywood di Universal Studio Singapore

Berkunjung ke Sentosa Island Singapura, pastinya salah satu spot yang jarang dilewatkan adalah replika bola bumi dengan semburan air di sekitarnya. Tempat...

Desa Urbuy Belgia, Kota Terkecil di Dunia

Sejumlah spot menarik di Belgia rupanya tak hanya terpusat pada patung Manneken Pis saja. Pada salah satu lokasi di Provinsi Luxemburg terdapat Desa Urbuy...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...