5 Rekomendasi Kuliner Khas Medan yang Enaknya Bikin Kangen

Medan menawarkan jutaan kuliner yang dijamin dapat membuat Sahabat Silir bingung dalam memilih sejumlah jajanan yang ada di Kota Melayu Deli tersebut

Sibuk Liburan – Medan menawarkan jutaan kuliner yang dijamin dapat membuat Sahabat Silir bingung dalam memilih sejumlah jajanan yang ada di Kota Melayu Deli tersebut. Mulai dari yang manis hingga asin, serta makanan yang bisa dimakan di tempat atau dibawa sebagai buah tangan, Medan adalah surganya.

Beberapa jenis oleh-oleh bahkan sudah begitu terkenal gaungnya di Nusantara seperti bolu Meranti, bika ambon Zulaikha, hingga durian ucok. Namun, masih ada puluhan diantaranya yang menanti untuk dicicipi oleh Sahabat Silir.

Oleh karena itu, kami merangkum lima rekomendasi makanan yang bisa Sahabat Silir cicipi saat berlibur ke kota terbesar ketiga di Indonesia itu:

Ubi Tumbuk

Ubi Tumbuk Medan
Ubi Tumbuk Medan – sumber foto: katalogkuliner.com

Meskipun bernama ubi tumbuk, tetapi siapa sangka bahan makanan yang satu ini tidak melibatkan bahan umbi manis tersebut ke dalamnya. Masakan ini terbuat dari daun singkong yang ditumbuk guna mengeluarkan warna hijau dari daunnya.

Setelahnya daun singkong dimasak bersama beberapa bumbu dan rempah. Makanan ini memiliki hasil akhir menyerupai oseng sayuran hijau pada umumnya dan warna kuah yang kehijauan. Tak sulit menemukan menu yang satu ini, karena banyak rumah makan di Medan yang menyediakannya.

Es Krim Restoran Tip Top

Menu yang satu ini terdapat pada restoran tua di kota Medan yang sudah berdiri sejak jaman kolonial. Meski sepintas tidak terlihat perbedaan dengan es krim pada umumnya, tetapi banyak yang mengaku terdapat perbedaan yang tak biasa dari segi kelembutan dan kepadatannya.

Dengan mempertahankan dekorasi dan perabotan tempo dulu, Sahabat Silir bisa menikmati es krim lezat ini sembari membayangkan suasana di masa lalu.

Soto Medan

Sepintas penampakan soto yang satu ini mungkin akan sedikit mengingatkan Sahabat Silir pada soto betawi karena kuah santan, potongan tomat, serta sejumlah bahan rempah yang diolah di dalamnya. Bedanya, bahan daging pada soto Medan bisa disesuaikan dengan selera pembeli, yaitu ayam atau sapi.

Umumnya makanan berkuah ini disajikan bersama tauge dan telur rebus dan sangat cocok menemani santap sore. Soto Medan yang paling direkomendasikan untuk Sahabat Silir adalah Soto Keswan yang dekat dengan objek wisata Tjong A Fie Mansion.

Bihun Bebek

Bihun bebek mungkin merupakan salah satu versi lain olahan yang kurang lebih menyerupai mie ayam. Seperti namanya, makanan yang satu ini menggunakan daging bebek dalam pembuatannya. Rahasia bihun bebek ini terletak pada irisan daging bebek yang konon direbus perlahan menggunakan sejumlah rempah.

Seperti layaknya mie ayam, bihun bebek disajikan bersama kuah kaldu terpisah yang bisa digunakan sesuai selera. Beberapa tempat yang bisa Sahabat Silir kunjungi untuk menikmati bihun bebek antara lain, bihun bebek Amin, Akin, Asie (kedai kopi Kumanggo) dan Hao Chen.

Lontong Medan

Tak hanya Jakarta yang punya lontong sayur. Di Medan, sajian lontong yang dibanjur dengan kuah gurih dan kental bisa menemani acara bersantap pagi Sahabat Silir sebelum memulai perjalanan wisata panjang.

Beberapa tempat favorit yang bisa Sahabat Silir kunjungi untuk berburu lontong khas yang satu ini diantaranya adalah Lontong Kak Lin dan Lontong Warintek.

Demikianlah beberapa rekomendasi kuliner yang bisa Sahabar Silir jajal saat mengunjungi Medan. Masih ada begitu banyak kuliner khas lainnya yang bisa diburu untuk melengkapi jelajah rasa di kota metropolitan yang satu ini, seperti mie sop, sate memeng, mie balap, mie pecal, es pokat dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru