5 Satwa Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Satwa Unik – Indonesia adalah negara yang luas dan kaya. Membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote, Indonesia dianugrahi dengan kekayaan alam yang begitu melimpah. Bukan hanya kekayaan tambang yang tak sedikit, keanekaragaman hayati yang ada di Nusantara juga sangat melimpah.

Tanahnya yang subur dipadu dengan iklim tropis tak ayal membuat banyak flora hidup di negeri ini. Menariknya, Indonesia pun dianugrahi dengan kekayaan fauna yang unik dan tidak dijumpai di negara lain. Apa saja kira-kira satwa unik itu? Melalui artikel berikut, Sibuk Liburan akan mengajak Sahabat Silir melihat aneka satwa unik yang hanya ada di Indonesia.  

5 Satwa Unik yang Hanya Ada di Indonesia

1
Harimau Sumatra

sawta unik indonesia

Pertama, satwa endemik Indonesia adalah Harimau Sumatra dan Harimau Bali. Seperti namanya, binatang tersebut hanya dijumpai di daerah yang namanya melekat padanya. Berbeda dengan Harimau Sumatra yang keberadaanya masih bisa dijumpai, Harimau Bali saat ini tinggal nama saja. Satwa tersebut telah punah sejak 1973 silam. Meski masih bisa dijumpai, tetapi jumlah Harimau Sumatra juga tak banyak.

Diperkirakan saat ini hanya ada 500 ekor Harimau Sumatra yang tersisa. Berkurangnya lahan dipadu dengan perburuan liar tak pelak menjadi ancama serius bagi kedua satwa tersebut. Pemerintah pun terus melakukan upaya konservasi agar satwa tersebut tidak punah.

BACA JUGA: Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Tampat Tepat Rekreasi Keluarga

2
Orang Utan

Kedua, Indonesia memiliki satwa yang sangat langka bernama Orang Utan. Barangkali Sahabat Silir tidak terlalu aware dengan satwa satu ini karena kemiripannya dengan berbagai jenis primata lainnya di dunia. Namun, satu hal yang harus diketahui bahwa Orang Utan hanya ada di negeri ini dan memiliki bulu yang lebih panjang.

Dibandingkan dengan jenis primata lainnya, Orang Utan memiliki harapan hidup yang lebih panjang serta tingkat kecerdasan yang lebih tinggi. Ditinjau dari segi DNA, hewan ini mirip dengan manusia. Di Tanah Air, Sahabat Silir akan banyak menjumpai satwa ini di kawasan Kalimantan dan Sumatra. Mereka umumnya hidup dengan bergelantungan di atas pohon.

3
Tarsius

Masih dari kelompok primata, Indonesia juga memiliki spesies unik bernama kera tarsius. Acap kali disebut Mentilin, satwa ini berasal dari Bangka Belitung. Bentuknya cukup mungil, hanya sekitar 12-15 cm. Tak heran tarsius pun berjuluk kera terkecil di dunia. Selain di Bangka, hewan ini juga bisa dijumpai di Kalimantan.

Selain bentuknya yang mini, keunikan dari primata ini adalah matanya yang belok—besar seperti burung hantu. Oleh karena bentuk matanya itu, kera ini juga kerap dijuluki kera hantu.

4
Badak

Di urutan keempat, ada satwa unik bernama badak. Indonesia memiliki beberapa jenis badak, seperti badak Jawa dan badak Sumatra. Namun, badak yang paling terkenal adalah badak bercula satu yang ada di Ujung Kulon. Sayang, populasinya terus mengalami penurunan.

BACA JUGA: Jelajahi Fauna Unik di Kebun Binatang Terbaik Dunia

Kabarnya, jumlahnya hanya tinggal puluhan saja. Perburuan liar menjadi penyebab penting berkurangnya populasi badak secara umum. Perburuan itu sendiri dipicu oleh keyakinan bahwa cula badak mampu mengobati berbagai macam penyakit—sebagaimana disebutkan dalam pengobatan Tiongkok kuno.

5
Komodo

Satu lagi satwa unik dan tiada duanya di dunia yang adalah Komodo. Dibandingkan berbagai hewan langka yang disebutkan di atas, nama Komodo tampaknya yang paling terkenal. Hal ini tak terlepas dari keberadaan Pulau Komodo yang merupakan habitat asli dari satwa tersebut.

Untuk diketahui, Komodo adalah jenis kadal terbesar di dunia dan merupakan hewan purba yang masih lestari hingga kini. Panjang komodo bisa mencapai 3 meter dan beratnya bisa menembus 70 kilogram.

Nah, demikian tadi beberapa satwa unik yang hanya ada di Indonesia. Semoga menambah wawasan agar lebih peduli keberadaannya, sehingga tidak punah. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru