Segini Kekuatan Paspor Indonesia di Dunia

Daftar yang dirilis per 7 Januari 2020 tersebut menyebut Indonesia menjadi negara ke-72. Angka ini mengalami kenaikan dibandingkan daftar serupa pada tahun sebelumnya yang berada di undakan ke-73.

0
350
Paspor Indonesia

Paspor Indonesia – Kabar yang satu ini sangat penting bagi Sahabat Silir  yang suka melancong ke negeri orang maupun bagi yang tengah berencana memulai perjalanan ke luar negeri.

Ya, seperti diketahui paspor adalah ‘senjatanya’ para traveler ke luar negeri. Sibuk Liburan kali ini bakal berbagi informasi ihwal kekuatan paspor Indonesia di dunia.

Kekuatan Paspor Indonesia di Dunia

Sebagaimana dikutip dari detikTravel, (13/1/2019) pekan ini Henley Passport Index telah merilis daftar terbaru paspor terkuat di dunia. Penyusunan tersebut didasarkan pada banyaknya paspor masing-masing negara menawarkan akses bebas visa ke negara lainnya.

BACA JUGA: Alasan-alasan Unik Ganti Paspor

Daftar yang dirilis per 7 Januari 2020 tersebut menyebut Indonesia menjadi negara ke-72. Angka ini mengalami kenaikan dibandingkan daftar serupa pada tahun sebelumnya yang berada di undakan ke-73.

Paspor Indonesia

Merujuk pada data itu pula, pemegang paspor Indonesia bisa mengakses 71 negara di dunia yang bebas bisa, termasuk di antaranya Visa on arrival dan electronic travel authorisation. Dari negara-negara tersebut, termasuk pula negara di Eropa. Dua negara di Eropa yang bebas visa adalah Belarusia dan Serbia.

Meski Belarusia dan Serbia tak setenar Inggris, Perancis , Swiss atau juga Belanda, tetapi kenyataannya dua negara itu juga menarik. Negara-negara yang masuk kawasan Balkan tersebut memiliki keindahan alam, budaya sekaligus sejarah yang menakjubkan.

Belarusia sendiri memiliki banyak kastil bersejarah yang tidak saja sedap dipandang mata, tetapi juga penuh arti. Pecinta foto selfie dijamin enggan beranjak dari Belarusia jika mengetahui negeri itu memiliki banyak spot foto yang Instagramable.

Ciamiknya lagi, di negara tersebut pengunjung bahkan bisa menyewa abad ke-17 hingga ke-19 di salah satu kastilnya. Di Ibu Kotanya, Minsk juga memiliki casino bahkan kota ini sampai disebut-sebut sebagai ‘Las Vegas-nya Eropa’.

Tak kalah molek dari Belarusia, ada pula Serbia yang sarat akan peninggalan sejarah. Di negara ini terdapat berbagai bangunan mulai dari era Romawi, Byzantine, Ottoman hingga masa komunis. Tak hanya berlaku bagi para pecinta wisata seni, sejarah dan budaya, Serbia juga pantas menjadi salah satu destinasi wisata religi.

BACA JUGA: Menunggak BPJS Terancam Tak Bisa Perpanjang Surat Penting Termasuk Paspor

Negara-negara tersebut memiliki banyak tempat ibadah bersejarah dari gerja hingga masjid. Arsitektur bangunan menakjubkan berpadu dengan pemandangan alam Serbia yang juga tak kalah elok. Khusus bagi Muslim Traveler, Serbia pun terbilang ‘ramah’.

Ada kawasan bernama Sandzak yang masyarakatnya Muslim. Selain itu ada pula Kota Novi Pazar yang bisa menjadi tujuan melihat Islam di Serbia.

Di samping bebas visa, kunjungan ke kedua negara tersebut juga tak akan membuat kantong jebol. Hal ini mengingat kawasan-kawasan Balkan dikenal sebagai tempat wisata yang terjangkau, mulai dari tiket, akomodasi hingga biaya makan.

Oleh karena itu, Balkan sangat cocok menjadi alternatif wisata luar negeri ke Eropa yang hemat namun tetap memberi pengalaman memikat. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here