Se’i Sapi, Kuliner Asal Kupang yang Mampu Menggoyang Lidah Nusantara

FOTO: Traveloka
Se’i sendiri merupakan kalimat yang kerap diucapkan oleh para pembeli yang bermakna permintaan untuk membuka satu ikatan daging.

Selama ini banyak orang yang lebih mengenal jenis makanan smoked beef dan ham sebagai daging asap yang banyak beredar. Namun nyatanya, Nusantara memiliki kuliner daging asap istimewa yang tak kalah menggugah selera dibandingkan buatan luar, yaitu se’i daging.

Beberapa waktu lalu, kota Bandung tengah booming dengan dua tempat makan bernama Se’i Sapi Lamalera dan Se’i Sapi Marase. Keduanya sama-sama menyuguhkan se’i sapi sebagai kuliner andalan dan selalu tampak ramai dikunjungi terutama jelang jam makan.

Karena kerap membludak, tak jarang keduanya memberlakukan waiting list agar para pelanggan bisa mendapat giliran makan di sana.

Se’i Sapi, Kuliner Asal Kupang

Meski menjadi hits di Bandung, nyatanya kuliner yang satu ini bukanlah berasal dari Kota Kembang tersebut. Se’i sendiri diketahui merupakan makanan asli Kupang, Nusa Tenggara Timur yang belakangan mulai dilirik karena kelezatannya.

Se’i Sapi Kupang

Menurut asal muasalnya seperti yang dikutip dari TRANS7 OFFICIAL yang dipublikasikan tanggal 29 Desember 2018, daging asap tradisional ini awalnya dijajakan ke Kupang oleh masyarakat Pulau Rote dengan nama Lalola (daging yang diiris memanjang).

Se’i sendiri merupakan kalimat yang kerap diucapkan oleh para pembeli yang bermakna permintaan untuk membuka satu ikatan daging. Oleh karenanya, sejak saat itu makanan ini mulai populer disebut dengan kata tersebut.

BACA JUGA: Menjajal Lezatnya Daging Moncong Sapi di Hidangan Rujak Cingur

Awal mulanya se’i terbuat dari daging rusa. Disebabkan kini rusa menjadi hewan yang dilindungi, maka penggunaan daging rusa pun diganti menjadi sapi atau babi. Dikarenakan mayoritas orang Indonesia banyak yang menganut agama Islam, maka jenis se’i sapi lebih banyak dijual di berbagai daerah.

Hidangan khas ini dibuat dengan proses pemasakan yang memakan waktu cukup lama. Pertama-tama daging sapi diiris secara memanjang seperti sebuah sabuk. Daging lalu dibalur dengan rempah rahasia dan garam, kemudian dimatangkan dengan teknik pengasapan.

Proses pengasapan bisa berlangsung selama berjam-jam hingga warna daging berubah menjadi merah pucat. Kayu yang dipergunakan biasanya adalah jenis kayu kosambi. Pemilihan jenis kayu pembakaran tak boleh dilakukan secara sembarangan karena dapat mempengaruhi cita rasa dan aroma dari se’i daging.

Saat disajikan daging se’i akan diiris-iris terlebih dahulu dan disandingkan dengan sambal luat super pedas yang terbuat dari cabai, jeruk nipis, dan daun luat. Menyantap se’i biasanya didampingi dengan tumisan daun pepaya yang mana juga dapat diganti dengan daun singkong.

Pada rumah makan Se’i Sapi Lamalera, sambal luat tak hanya menjadi satu-satunya pilihan menu sambal. Sahabat Silir bahkan bisa menikmati seporsi se’i sapi dengan sambal rica-rica, sambal ijo, dan sambal matah.

Di samping rasanya yang sangat lezat, faktanya santapan se’i sapi memiliki manfaat gizi yang cukup besar bagi tubuh. Dilansir dari idntimes.com (31/01/2019), 100 gram daging se’i mengandung protein sebesar 32 gram. Selain protein, makanan ini juga mengandung 6 gram lemak, 5 mg zat besi, 300 mg fosfor, dan 15 gram kalsium.

BACA JUGA: 5 Negara di Asia dengan Kuliner Pedas yang Wajib Dikunjungi

Kandungan tersebut cukup tinggi jika menilik dari kebutuhan gizi rata-rata per orang. Apabila se’i sapi disajikan bersama sepiring sayuran dan nasi putih, maka setiap sajinya terbilang mampu memberikan gizi yang lengkap.

Dengan semakin populernya se’i sapi, beberapa usaha yang menjual makanan ini mulai berdiri di berbagai daerah, seperti kota Jakarta dan Tangerang selatan. Beberapa diantaranya adalah Koka Sikka, Seimoo, Sei Sapi Narama, Sei Selera, dan Se.Ko.Tak.

Seiring dengan digemarinya kuliner se’i, secara tak langsung hal tersebut turut mengangkat pesona kuliner dari wilayah timur Indonesia. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Tips Aman Mendaki Gunung Fuji, Apa Saja Persiapannya?

Siapa yang tak pernah mendengar Gunung Fuji? Ya, Gunung Fuji ini adalah salah satu ikon legendaris Jepang. Setiap tahunnya, sekitar 200,000-300,000 pendaki dan wisatawan dari...

5 Destinasi Wisata di China ini Membuatmu Serasa di Negeri Lain

Jalan-jalan ke China memang paling asyik. Negara berpenduduk terbanyak di dunia tersebut memyimpan segundang destinasi wisata yang tak hentinya membuat siapapun berdecak kagum.

Mengintip Persiapan Ajang Balap Sepeda Internasional Tour de Bintan 2019

Ajang Balap Sepeda Bergengsi Tour de Bintan 2019 akan kembali hadir di Indonesia untuk yang ke-9 kalinya. Pertandingan bertaraf internasional ini akan diadakan selama tiga...

Tujuan Wisata Ramah Anak di Asia, Dimana Saja?

Waktunya berlibur bersama keluarga. Ya, berlibur bersama anak-anak itu repot namun seru!  Sekalipun banyak persiapannya, semua lelah terbayar saat anak-anak ikut menikmati.

Suka Traveling? Hati-hati ke Negara Destinasi Paling Berbahaya Tahun Ini

Sahabat Silir suka jalan-jalan ke luar negeri? Apabila iya, kabar ini sangat penting. Perusahaan konsultan resiko global, International SOS mengeliarkan studi terbaru...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...